iPad Pro 2021 dengan Chip M1, Worth It atau Tidak?

iPad Pro 2021 dengan Chip M1, Worth It atau Tidak? 1

Apple baru saja melaksanakan event yang bertajuk “Sping Loaded” di pada bulan April lalu. Beberapa produk unggulan yang mereka keluarkan pada event ini adalah iPhone 12 dengan warna ungu, AirTag, New Apple TV, New iMac 2021, dan New iPad Pro 2021. 

iPad Pro 2021 dengan Chip M1, Worth It atau Tidak? 3

Seperti seri-seri sebelumnya, New iPad Pro 2021 kali ini juga hadir dalam 2 ukuran, layar 11 inci dan 12,9 inci. Keduanya juga masih memiliki kamera belakang yang sama seperti seri sebelumnya, 2 kamera pada bagian belakang serta memiliki kompatibilitas dengan Apple Pencil generasi kedua dan Magic Keyboard.

Teknologi LiDAR Scanner pada kamera belakang juga tetap ada pada seri ini. LiDAR adalah akronim dari Light Detection and Ranging. Scanner ini menggunakan sinar laser untuk mengenali objek-objek di lingkungan sekitar, sehingga sangat membantu pengguna ketika sedang menggunakan aplikasi berbasis AR (Augmented Reality). LiDAR Scanner pada bagian belakang iPad Pro ini juga sangat membantu pengguna ketika mengambil foto atau video di kondisi minim cahaya.

Secara fisik, tidak terlihat ada perubahan apapun jika disandingkan dengan iPad Pro 2020. Tapi yang berbeda adalah dalamnya. New iPad Pro 2021 telah mendapatkan upgrade yang luar biasa pada bagian internalnya.

New iPad Pro 2021 sesuai dengan judul di atas, memiliki chip M1 yang sama dengan chip yang ditempatkan pada Macbook Pro dan Macbook Air 2020 keluaran tahun lalu. Dengan melihat kinerja chipset M1 pada seluruh lineup Macbook keluaran tahun 2020 lalu, sudah dipastikan ketika tahun ini chipset itu dipasangkan dengan iPad Pro, keduanya akan menjadi pasangan yang overkill!! Apple mengklaim bahwa New iPad Pro 2021 jauh lebih cepat 50% ketimbang generasi sebelumnya.

iPad Pro 2021 dengan Chip M1, Worth It atau Tidak? 4

New iPad Pro 2021 juga telah mengusung konektivitas 5G untuk versi Wi-Fi -selulernya.  Konektivitas 5G ini belum tersedia di Indonesia, sehingga sebenarnya fitur ini tidak begitu bermanfaat bagi para penggunanya di Indonesia. Tapi jangan khawatir, untuk versi Wi-Fi only juga telah mendapatkan upgrade lho.  Konektivitas dengan WiFi 6 yang jauh lebih cepat telah hadir!

Salah satu fitur terbaru milik New iPad Pro 2021 adalah kamera depan yang ultra-wide. Lensa ultra-wide ini berfungsi sebagai pelengkap fitur center stage. Center stage adalah semacam kecerdasan khusus yang ditempatkan pada iPad untuk mengenali wajah ketika sedang mengadakan video call. 

Fitur ini dapat memastikan wajah pengguna tetap berada di bagian tengah frame ketika sedang melakukan panggilan. Bahkan ketika pengguna sedang bergerak-gerak sekalipun! Fitur baru ini akan secara otomatis melakukan zoom sehingga wajah pengguna tetap berada di tengah layar. Fitur ini juga berlaku untuk lebih dari 1 orang lho!

iPad Pro 2021 dengan Chip M1, Worth It atau Tidak? 5

Untuk pertama kalinya dalam seri iPad Pro, Apple membawa produk ini ke tingkatan yang lebih tinggi sesuai dengan harapan para penggunanya di seluruh dunia. iPad Pro kini hadir dengan RAM 16GB dan penyimpanan hingga 2TB. Para pengguna yang sedang berada dalam ranah desain kini tidak perlu takut iPad mereka kehabisan memori ataupun lag.

Bagi para pengguna iPad Pro 12,9 inci sebelumnya yang sering kali panas hati karena hanya mendapatkan kelebihan layar yang lebih besar kini bisa lega. Apple mengupgradenya pada tahun 2021 dengan menggunakan layar mini-LED dengan nama Liquid Retina XDR. Apple mengklaim layar baru ini memiliki performa yang menyerupai Pro Display XDR dengan resolusi 6K seharga puluhan juta. Tingkat kecerahan layar ini juga mencapai 1.600 nits, sehingga tetap akan jelas terlihat walaupun digunakan tepat di bawah terik matahari. 

iPad Pro 2021 dibanderol mulai dari $799 atau sekitar Rp 11,6 juta untuk model 11 inci dan $1.099 dollar AS atau sekitar Rp 15,9 juta untuk varian 12,9 inci. Harga ini hanyalah perhitungan kasar sesuai kurs saat ini. Harga bisa saja naik ketika produk masuk ke Indonesia dan dijual di marketplace seperti iBox.

iPad Pro 2021 dengan Chip M1, Worth It atau Tidak? 6

Worth It atau Tidak?

Bagi para pengguna yang berada dalam ranah industri desain yang memerlukan device yang super ngebut dan anti nge-lag. New iPad Pro 2021 ini sangat worth it. Dengan adanya chipset M1, sudah tidak diragukan lagi bahwa penggunaan aplikasi berat seperti Adobe Photoshop, LumaFusion, Procreate, dan lain-lain pasti akan terasa sangat ringan. 

Bagi para pengguna iPad lainnya yang saat ini sedang menggunakan iPad Pro generasi ketiga(2018) dan keempat(2020) di ranah industri desain, device yang anda miliki saat ini masih sangat layak pakai. Apakah perlu untuk mengupgrade ke seri terbaru? Itu semua tergantung kebutuhan dan kondisi kantong anda. 

Bagi para calon pengguna iPad yang hanya menggunakan iPad mereka untuk bermain game atau browsing internet serta berswafoto. Anda bisa memilih opsi iPad Air atau iPad generasi 8 mengingkat harga New iPad Pro 2021 yang sangat mahal. Balik lagi itu semua tergantung kepada kebutuhan, kondisi kantong, dan keputusan anda.

***

Bagaimana, apakah anda siap meminang New iPad Pro 2021?

https://www.youtube.com/watch?v=aOq49euWnIo

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.