Isiannya Meledak Keluar! Resep Donat Bomboli yang Ngeboom Banget!

Isiannya Meledak Keluar! Resep Donat Bomboli yang Ngeboom Banget!

Pengen bikin yang beda? Eits, ini dia yang kamu cari. ini tidak bolong di tengah, melainkan di samping. Isiannya bisa kita isi sesuai selera dan sebanyak yang kita mau, puas banget deh! Bahan-bahan yang diperlukan bisa diperoleh dengan mudah dan cara membuatnya pun gampang. Langsung aja yuk kita buat.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 30 ml air hangat suam suam kuku (untuk mengaktifkan ragi)
  • 1 sdt gula (untuk mengaktifkan ragi)
  • 3 gram ragi instan
  • 125 gram terigu protein sedang
  • 125 gram terigu protein tinggi
  • 30 gram gula pasir (untuk adonan)
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 kuning telur
  • ½ sdt garam
  • 100 ml air dingin dari kulkas
  • 30 gram margarin
  • Minyak goreng, untuk menggoreng

Keterangan : jika ragi nya baru dibuka dari kemasan, tidak perlu diaktifkan dahulu. Bisa langsung dicampurkan ke terigu dan air dingin yang digunakan menjadi 130 ml.

Baca juga  Tanpa Oven! Resep Bolu Pisang Panggang, Kali Ini Berbentuk Pukis

Optional :

  • Isian sesuai selera, bisa selai strawberry, blueberry, dan lain-lain. Luar bisa diberi gula halus.

Cara membuat

1. Mengaktifkan ragi

Siapkan air hangat suam suam kuku di gelas, lalu tambahkan gula. Aduk hingga gula larut dan langsung tambahkan ragi. Aduk kembali hingga tercampur rata. Tutup gelas dan diamkan sekitar 10 menit hingga berbuih. Jika tidak berbuih, berarti raginya sudah tidak bagus dan harus beli yang baru.

2. Membuat adonan

Siapkan wadah, lalu masukkan terigu protein sedang, terigu protein tinggi, gula, susu bubuk, kuning telur, garam, air dingin, dan ragi yang sudah diaktifkan. Selanjutnya ulen menggunakan mixer (atau ulen pakai tangan) hingga setengah kalis. Setelah itu, masukkan margarin. Ulen kembali hingga kalis. Jika sudah kalis, adonan ditutup rapat menggunakan kain bersih sekitar 10 menit.

Baca juga  Tetap Enak Meskipun Gak Pakai Kentang! Resep Donat Rumahan, Udah Kayak Donat Restoran

3. Membulatkan adonan

Setelah didiamkan 10 menit, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Berat adonan per bisa sekitar 25-35 gram (ukurannya di sama kan semua ya agar bentuknya jadi seragam). Bulatkan semua adonan seperti bola hingga permukannya halus. Taruh adonan yang sudah dibulatkan di atas baking paper yang sudah dipotong persegi. Jika tidak ada, bisa menggunakan kertas nasi yang dipotong persegi. Setelah selesai, tutup kembali dan diamkan selama 15 menit.

4. Memipihkan adonan

Setelah 15 menit, pipihkan semua adonan , tapi jangan terlalu kuat menekannya agar adonan tidak bantan. Setelah selesai, tutup dan diamkan kembali selama 30-45 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Baca juga  Nostalgia Bolu Pasar Sewaktu Kecil! Resep Bolu Coklat Kukus Mekar Hanya 2 Telur

5. Menggoreng donat

Setelah mengembang dua kali lipat, panaskan minyak goreng. Donat digoreng menggunakan api sedang cenderung kecil, donat cukup dibalik 1 kali agar tidak menyerap banyak minyak. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

6. Memberi isian donat

Jika sudah tidak panas, donat bisa diberi isian sesuai selera. Agar lebih cantik, donat bisa dibaluri oleh gula halus terlebih dahulu. Jika sudah selesai, siapkan sumpit dan lubangi donat dari samping. Masukkan isian seperti selai strawberry, blueberry, dan lain-lain. Selai nya bisa disiapkan dalam plastik segitiga ya agar mudah untuk dimasukkan ke dalam donat.


Sekarang donatnya sudah berbaris rapi, siap untuk dimakan! Jangan lupa berbagi dengan orang sekitarmu, ya. Selamat menikmati!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Dede Firman