Jaga Kesehatan Mata & Hindari Gangguan Penglihatan dengan 10 Cara Berikut Ini

kesehatan mata

Mata adalah salah satu indera terpenting yang dimiliki , karena hanya dengan mata bisa menikmati indahnya dunia serta memandang wajah dari orang-orang yang kita cintai. Sayangnya, meski tahu betapa pentingnya fiungsi dari mata, namun masih banyak diantara kita yang  belum sadar bahkan belum tahu tentang bagaimana cara merawat kesehatan mata.

Berikut 10 cara efektf dalam dan merawat kesehatan mata.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A dan beta karoten perlu dilakukan. Salah satu contoh dengan memperbanyak mengkonsumsi wortel yang memiliki kandungan beta karoten tinggi. Beta karoten ini merupakan antioksidan untuk meminimalisir risiko degenerasi makula.

2. Lindungi Mata dari (Ultraviolet)

Paparan sinar secara langsung apalagi dalam yang cukup lama dapat mengganggu kesehatan mata. Karena itu, jika Anda sering beraktifitas luar ruangan, kenakan dengan lensa yang terpolarisasi berwarna gelap atau kacamata hitam yang dapat mata dari sinar UV.

Baca juga  5 Lingkaran Mata Hitam Yang Perlu Kamu Ketahui, Penyebabnya Tidak Hanya Kurang Tidur Loh

3. Jangan Terlalu Lama Bekerja di Depan

Bekerja terlalu lama di depan komputer dapat risiko terkena gangguan penglihatan. Sebab, mata yang dipaksa bekerja terlalu lama akan mengalami kelelahan. Pada saat mengalami kelelahan, penglihatan akan berisiko mengalami gangguan karena terpapar secara langsung oleh cahaya kuat dari monitor atau layart komputer.

4. Hindari Mengucek Mata

yang kerap kita lakukan pada saat mata terasa gatal adalah mengucek mata. Cobalah untuk menghindari kebiasaan ini karena tidak menutup kemungkinan tangan yang digunakan untuk mengucek dalam keadaan kotor atau mengandung sesuatu yang dapat menginfeksi organ mata dan dapat mengganggu kesehatan mata.

5. Tambah Intensitas Berkedip

Berkedip dapat mengurangi rasa pada mata. Karena itu, jika Anda bekerrja di depan komputer atau terlalu lama, atau menonton televisi selama berjam-, usahakan untuk menambah intensitas berkedip guna mengurangi rasa lelah pada mata yang dipaksa untuk bekerja keras.

Baca juga  Cara Menghilangkan Kantung Mata

6. Hentikan Kebiasaan

Bagi para perokok usahakan untuk menghentikan atau setidaknya mengurangi kebiasaan merokok, karena menurut sejumlah penelitian, aktifitas merokok dapat menjadi penyebab gangguan penglihatan seperti katarak dan gangguan syaraf optik mata.

7. Jaga Jarak Pandang

Miopi atau rabun dekat seringkali disebabkan karena memaksanakan mata untuk membaca atau melihat pada jarak yang tidak ideal. Karena itu, perlu untuk diperhatikan bahwa jarak mata dengan buku pada saat dipakai untuk membaca adalah sekitar 30 cm, sedang jarak mata dengan atau komputer yang memancarkan sinar secara langsung adalah 50 – 100 meter.

8. Penerangan yang Cukup

Cahaya redup atau penerangan minim yang dipakai saat belajar atau membaca sersuatu tidak hanya membuat mata terasa tersiksa tapi juga dapat menjadi penyebab terjadinya gangguan penglihatan, karena pada saat itu mata dipaksa untuk bekerja melebihi kemampuannya.

Baca juga  Obati Iritasi Mata dengan Daun Sirih? Stop! Dapat Menyebabkan Kebutaan!

9. Kurangi Penggunaan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata seringkali dipakai untuk mengobati iritasi mata atau mata merah dan gatal. Pengobatan dengan obat tetes mata ini memang tidak dilarang, namun jangan terlalu sering dilakukan karena dapat menjadi penyebab terganggunya penglihatan.

10. Lakukan Senam Mata

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melatih mata alias senam mata. Salah satu diantaranya dengan melihat secara terfokus pada objek yang jaraknya dengan mata dilanjutkan melihat objek yang jaraknya cukup jauh. Lakukan berulang-ulang dan terus menerus selama 3 – 5 menit.

Cara lain dengan menggerakkan bola mata dari kiri ke kanan dilanjutkan dari kanan ke kiri secara perlahan sebanyak 8 kali. Kemudian menggerakkan bola mata memutar dari atas ke bawah searah jarum jam dan dari bawah ke atas sebanyak 8 kali. Selain itu masih ada beberapa gerakan senam mata yang tujuannya adalah untuk membuat syaraf-syaraf mata bersantai. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan