Jahatkah Eren Yang Melakukan Rumbling? Lihatlah Alasannya!


Jahatkah Eren Yang Melakukan Rumbling? Lihatlah Alasannya! 1

Di season terakhir attack on titan ini, Eren Yeaguer dikatakan berubah menjadi jahat. Padahal di tiga season sebelumnya ia merupakan tokoh utama yang bercita-cita untuk menghabisi seluruh titan di muka bumi. Meski tak dapat dipungkiri jika pernyataan Eren tersebut karena ia belum mengetahui kenyataan yang sebenarnya.

Di akhir season ke tiga, Eren beserta survey corps mampu menghabisi seluruh titan murni yang ada di pulau Paradis. Selain itu mereka kemudian mengetahui pada kenyataanya mereka merupakan bangsa yang di benci oleh dunia. Mereka dianggap sebagai bangsa keturunan iblis. Kemudian di season empat ini, Eren mengaktifkan teknik rumbling untuk memusnahkan umat manusia. Ia pun kemudian dianggap sebagai seorang penjahat. Namun benarkah semua itu? Mari kita lihat mengapa Eren melakukannya!

1. Rasisme kepada bangsa eldia telah begitu parah ke seluruh lapisan usia.

Jahatkah Eren Yang Melakukan Rumbling? Lihatlah Alasannya! 3

Melihat dari tingkah laku Gabi Broun di awal-awal episode di season empat ini, ada kenyataan yang sangat mengerikan. Seorang yang usianya masih belia pun dicuci otaknya serta menganggap bahwa bangsa eldia merupakan bangsa iblis terutama yang tinggal di pulau Paradis. 

Hal tersebut tentu membuat Eren sangat terpukul dan bersedih. Ia merasa bahwa bangsa di luar pulau Paradis sudah keterlaluan dalam membenci bangsa Eldia. Meskipun pada masa lalu eldia pernah berperilaku tidak baik, namun dengan sumpah Raja Fritz yang kemudian mengurung diri seharusnya sudah cukup menjadi hukuman bagi eldia.

2. Bangsa Marley tetap bertindak licik meskipun Raja Fritz telah bersumpah untuk tidak mengganggu dunia.

Jahatkah Eren Yang Melakukan Rumbling? Lihatlah Alasannya! 4

Raja Fritz telah memilih mengasingkan diri di pulau Paradis dan tak ingin ikut campur dalam peperangan di dunia. Ia pun kemudian semacam membuat surga di pulau tersebut. Seluruh penduduknya ia cuci otak dengan menggunakan kekuatan Founding titan. Namun ia sendiri dan keturunannya tak menginkan untuk berperang keluar tembok.

Namun meski telah melakukan hal tersebut rupanya bangsa Marleyan tetap tak dapat menerima. Ia tetap ingin untuk memusnahkan bangsa eldia. Oleh karena itu pula mereka menghukum bangsa eldia yang berada di Marley dengan mengubah mereka menjadi titan dan mengirimnya ke tembok eldia. Maka dari itu banyak titan di pulau paradise yang sebenarnya merupakan bangsa eldia yang dirubah menjadi titan.

3. Ide yang diinginkan Zeke hanya untuk memusnahkan bangsa Eldia secara perlahan.

Jahatkah Eren Yang Melakukan Rumbling? Lihatlah Alasannya! 5

Zeke semenjak awal telah memiliki rencana rahasia untuk menyelamatkan bangsa eldia. Ia ingin menggunakan kekuatan founding titan untuk melaksanakan rencana tersebut. Kemudian selain ia menyiapkan pasukan yang berasal dari tentara Marley ia juga berusaha untuk bekerjasama denga Eren Yeaguer, adiknya yang menjadi pemilik Founding Titan.

Rencana Zeke disebut dengan euthanasia. Ia ingin dengan menggunakan kekuatan founding titan untuk mengambil kekuatan reproduksi dari bangsa eldia. Dengan cara itu maka bangsa eldia takkan mampu untuk memiliki keturunan. Dan bangsa tersebut akan punah dengan sendirinya.

4. Eren mengetahui masa depan dan mungkin mengetahui satu hal yang masih dirahasiakan.

Jahatkah Eren Yang Melakukan Rumbling? Lihatlah Alasannya! 6

Salah satu kekuatan yang dimiliki oleh titan shifter attack titan adalah kemampuanya untuk melihat masa depan. Hal tersebut pernah ditunjukan oleh Eren Kruger dengan mengetahui nama Eren Yeaguer dan Mikasa meskipun mereka belum lahir. Hal tersebut sangat mungkin dimiliki oleh Eren Yeaguer meskipun belum pernah diutarakan dalam alur cerita manganya.

Eren mungkin saja mengetahui dampak yang terjadi ketika ia melakukan rumbling tersebut melalui kemampuannya melihat masa depan. Karena pada awalnya ia sendiri kurang setuju ketika teknik rumbling tersebut dilakukan. Ia menganggap jika teknik tersebut merupakan sebuah kekejaman. Meski pada akhirnya ia melakukan teknik tersebut sebagai jalan terakhirnya.

5. Bangsa Eldia harus bebas sepenuhnya, tanpa mendapat gangguan dari bangsa lain.

Jahatkah Eren Yang Melakukan Rumbling? Lihatlah Alasannya! 7

Seperti bangsa-bangsa lainnya, bangsa eldia pun memiliki hak untuk hidup dan dihormati di dunia. Meskipun sejarah mereka mengerikan dengan kemampuannya untuk berubah menjadi titan, namun tidak semua berubah menjadi titan. Dan kebencian yang dilakukan oleh bangsa lain kepada eldia memang sedemikian besar hingga menganggap mereka sebagai iblis.

Menjadi masuk akal ketika Eren kemudian melakukan teknik rumbling untuk menyelamatkan bangsa eldia. Ia menginginkan bangsa eldia yang bebas dan berhak menentukan nasib mereka sendiri. Bahkan mereka berhak untuk tetap hidup tanpa harus menjadi bahan hinaan bangsa lain.

Nah itulah yang mungkin menjadi alasan Eren melakukan teknik rumbling. Mungkin saja ia memang tidak bermaksud jahat namun karena sebuah keterpaksaan. Nah apa yang sebenarnya dipikirkan oleh Eren? Tentu saja hanya akan kita ketahui setelah serial ini selesai dalam beberapa chapter selanjutnya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Elang

   

Semenjak lama suka menulis, kemudian mencoba untuk menuangkannya melalui media sosial atau blog. Sekarang sedang merawat blog di http://tanimillenial.com

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap