Jajanan Bakpao Menggugah Selera

Jajanan Bakpao Menggugah Selera 1

Kuliner jajanan bernama Bakpao tentunya bukan merupakan jajanan kuliner yang kedengarannya asing bagi sebagian orang, khususnya anak-anak.

Makanan ringan ini merupakan jajanan favorit dengan bahan baku roti yang disajikan dengan mengembang berbentuk bulat seperti bantal.

Biasanya jajanan bakpao ini dijual keliling atau disekitar jalanan. Namun sebenarnya bakpao ini bukan merupakan jajanan asli Indonesia, namun merupakan kuliner yang berasal dari Tiongkok.

Definisi Bakpao

Bakpao sendiri merupakan definisi dari serapan kata Hokkian, yang sering digunakan dalam bahasa sehari-hari orang China.

Pao sendiri berarti bungkusan sedangkan bak berarti daging. Dengan demikian bakpao dapat diartikan sebagai daging yang dibungkus atau bungkusan isi daging.

Jajanan Bakpao Menggugah Selera 3

Sedangkan bakpao sendiri diklasifikasikan sebagai jajanan berupa roti yang lembut dan empuk. Makanan ini cukup populer di Indonesia, berikut beberapa cara membuat bakpao sendiri yang bisa kita lakukan sendiri dirumah.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

1. Terigu Cakra harus kalian siapkan terlebih dahulu sebagai bahan baku pembuatan bakpao

2. Kemudian siapkan juga mentega, kemudian gula pasir, fermipan dan air hangat tentunya.

Langkah membuatnya

Langkah pertama membuat bakpao isi daging kalian siapkan wadah terlebih dahulu, kemudian beri air hangat, dan campur dengan gula, fermipan, hingga merata, lalu kasih terigu dan juga mentega agar tidak lengket.

Campur hingga merata dan sampai dengan pulen atau padat. Jika sudah lalu bentuk bulat terigu tadi yang sudah dicampur dengan bahan lain. Lalu diamkan terlebih dahulu selama beberapa saat, hingga agak mengembang.

Setelah mengembang atau kelihatan mengenbang, baru kita berikan isian daging atau apa saja sesuai selera kalian, bisa dengan isian cokelat, kumbu, dan lain lain. Setelah itu baru kukus didalam air panas atau sudah didihkan. Kukus selama kurang lebih 10 menitan sampai bisa mengembang dan pulen.

Lalu setelah itu kalian siapkan bahan untuk isiannya.

Pertama kalian siapkan beberapa bahan seperti daging sapi atau pun daging ayam, salah satu sesuai selera. Kemudian potong dan lembutkan, kemudian berikutnya tiris bawang merah, bawang putih, bawang Bombay kemudian tumbuk hingga terlihat halus.

Jangan lupa juga siapkan gula pasir, lada, kecap manis, maupun beberapa saus favorit kalian, begitu juga siapkan garam secukupnya, barulah langkah berikutnya adalah finishing untuk pengolahannya.

Lalu selanjutnya bagaimana cara membuatnya : 

Langkah pertama dalam tumis terlebih dahulu bawang bombai dan bawang merah serta bawang putih sampai benar-benar sedap dan harum.

Setelah itu barulah kalian masukkan daging olahan dan atau daging ayam tadi kemudian tambahkan bumbu dan juga tambahkan kecap, kemudian tambahkan juga saus tiram, garam secukupnya, kemudian lada bubuk, gula pasir yang kemudian kalian  aduk semuanya tadi hingga merata.

Lalu tambahkan juga air sedikit, kemudian masak tadi hingga daging benar benar berasa matang dan sudah  merata, terus tambahkan sedikit air, masak hingga daging matang.

Kemudian angkat daging jangan terlalu mengering, coba rasakan cicipi dulu, setelah pas baru kita angkat dan siap sajika bakpao buatan sendiri yang rasanya tak kalah lezat dengan bakpao yg dijual keliling atau dipinggir jalan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.