Jangan Biarkan Peralatan Dapur Berkarat


Jangan Biarkan Peralatan Dapur Berkarat 1

Pernahkah Anda sadari bahwa peralatan yang ada di dapur terbuat dari berbagai macam bahan? Jika Anda menyadari hal tersebut, tentu Anda juga sadar bahwa untuk membersihkan peralatan-peralatan tersebut tidak dapat dilakukan dengan cara yang sama.

Butuh perlakuan khusus untuk membersihkannya, dengan cara memperhatikan bahan yang dipakai untuk membuat peralatan dapur tersebut. Hal ini perlu diperhatikan, terutama untuk perlatan dapur yang terbuat dari besi dan krom.

Menjaga agar peralatan dapur terbebas dari karat perlu untuk dilakukan, karena perlatan dapur yang berkarat tidak hanya mempengaruhi hasil akhir dari masakan yang diolah, tapi juga karena karatdapat membahayakan kesehatan tubuh.

Jangan Biarkan Peralatan Dapur Berkarat 3

Untuk menjaga agar peralatan dapur terbebas dari karat, berirkut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Sisa-sisa makanan adalah penyebab utama dari pengaratan yang terjadi pada peralatan dapur, karena itu, setiap kali selesai memasak, cuci segera peralatan dapur sampai bersih, dan jangan ada sedikitpun sisa makanan yang tertinggal.
  2. Jangan biarkan peralatan dapur terbengkalai terlalu lama, karena jika terlalu lama tidak dipakai, otomatis peralatan dapur tersebut cukup lama pula tidak dibersihkan. Peralatan dapur yang lama tidak dibersihkan akan mudah berkarat, karena lokasi penyimpanannya ada di dapur yang notabene memudahkan peralatan tersebut bersentuhan dengan unsur garam, air, dan oksigen yang dapat memicu terjadinya reaksi redoks dan memicu terjadinya oksidasi besi sebagai proses awal dari pengaratan.
  3. Berhati-hatilah pada saat memasak, agar tidak sampai hangus. Peralatan masak yang hangus dapat mengurangi lapisan pelindungnya akibat kerak. Bagaimana jika terlanjur hangus? Jika peralatan dapur terlanjut hangus, Anda harus sesegera mungkin membersihkan peralatan dapur tersebut dengan cara merendamnya ke dalam air untuk beberapa saat lamanya, agar kerak dapat dibersihkan dengan mudah. Setelah itu keringkan, dan peralatan dapur pun akan aman dari karat.

Demikian sedikit tips tentang cara menghilangkan karat pada besi dan krompada peralatan dapur. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap