Jangan Biarkan Skripsi Mengganggu Kesehatan Kalian!

Jangan Biarkan Skripsi Mengganggu Kesehatan Kalian!

KESEHATAN ITU MAHAL HARGANYA. Berapapun harga bisa berikan untuk mendapatkan kesehatan itu kembali. Tetapi lebih lagi yuk mencegah sebelum mengobati. 

Oke well, berdiskusi soal Kuliah memang gak jauh banget dengan yang namanya “”. Karena kita tau skripsi menjadi salah satu persyaratan lulus S1 dalam . Tidak dipungkiri, terkadang ketika kita mengerjakan Skripsi waktu, makan dan tidur jadi awut-awutan alias ngga teratur. Nah disini punya tips nih buat temen-temen disini. Gimana sih menjaga dan ketika mengerjakan Skripsi?? Untuk Kesehatanfisik

  1. Jaga pola makan. Plis Jangan sampek gak makan gais. Menurut pengalamanku, pas ngerjain apalagi pas hectic2nya banyak revisi berkali2, memang itu berasa kenyang banget padahal belum makan apa apa, tapi plis jangan keterusan ya. Apa kabar perut kalian. Minimal makanlah sesendok dua sendok 2/3kali sehari atau bisa diganti sama makanan karbo kayak roti.
  2. Selalu sedia air putih, jangan sampai kalian seharian ngga air putih wah awas ginjal kalian dilirik sama penyakit ginjal. Pengalamanku pas ngerjain sebisa mungkin selalu sedia 3 botol air putih di sebelah laptop, biar gampang pas buat minum. Pernah pas ngerjain, minum air cuma dikit banget alhasil punggungku sakit, dan takutnya kena ginjal juga.
  3. Kalo kalian capek duduk, coba buat berdiri, lari kecil dan klo aku capek ngerjain, biasanya aku ngerjain sambil berdiri wkwkw dan laptop kutaruh di meja makan. Ya namanya kan ngak mau waktu terbuang sia2 dan pengen cepat kelar tu skripsweet plus cepat ngembaliin revisian.
  4. Jaga . Kalo misal kalian weekdays kerja pulang sore, kalo bisa pas udah ngga capek segera kerjain tu skripsi maksimal sampek jam 10/12 malam karena pasti kan kalian harus mengistirahatkan badan dan pikiran kalian dalam jangka waktu yang cukup. Pokoknya jangan tidur dilewat jam itu, bisa bisa pusing paginya (ya meskipun gak semua org pusing) tapi yg menderita darah rendah kek saya harus menghindari tidur melebihi jam trsbut. Saran aja klo misal waktunya kurang coba aja kerjain pas / libur kerja, kan waktunya lebih banyak. Aku dulu juga gitu, tahan untuk main/dolen2 holiday dulu sebelum mencapai target fix revisi/target sidang. Semua ada pengorbanan gais. Klo pengen skripsi cepet kelar ya harus dikerjain sebisa mungkin. hindari diatraksi2 yang mengganggu. Semua butuh dan kesabaran. Besok dah klo udah sidang bisa ngasih self-reward (yang bermanfaat dan gak berlebihan) 🙌
Baca juga  Cara Agar Jurnal Skripsi di Acc Oleh Reviewer

Untuk Kesehatan Batin/

  1. yang sangat pertama adalah SABAR dalam artian sabar dalam hal apapun. Misal kalian harus sabar mengahadapi dospem (dosen pembimbing) yang super sibuk dan slowrespon tapi jangan lupa usaha buat reminder beliau klo udah masuk waktu bimbingan (TAPI YANG SOPAN). Ya namanya dosen kan juga manusia punya kehidupan dan kesibukan mereka masing2, yakin deh se slowrepon2nya dosen pasti akan bales dan bimbingan sama kalian. Yang dapet dosen yg fastrespon beruntunglah kalian, klo bisa dipake kesempatan buat rajin revisi dan bimbingan biar cepet kelar.
  2. SABAR menghadapi pertanyaan “KAPAN NIH SIDANG?” “KAPAN NIH WISUDA? ” “SIDIA UDAH WISUDA, KERJA, KMU KAPAN NIH?” hadeeh orang yg sering ngomong gini hmm plis ya temen2 disini bisa dikurangi. Klo saya sendiri ditanyain gitu bisa sesek ya ati (maaf emang saya agak sensitif klo ditanyain gitu). Wajar juga mereka nanya gitu soalnya kan mereka gak tau perjuangan buat acc skripsi gimana kan ya hehe. Klo ada yg ditanyain gitu jawab aja “MINTA DOANYA YA BIAR DI PERLANCAR SEMUANYA” gak usah ditanggapin banyak2 buang2 waktu aja. Udahlah doain yang terbaik jangan nanya2 mulu. Emang klo habis sidang wisuda, MEREKA MAU NGAPAIN KITA SIH WKWKW? NGASIH HADIAH KULKAS 😂. Klo misal mau diskusi, bener2 mau bantu dan emang lagi curcol ya gaslah cerita gpp.
  3. . ini banget ya biar ngga keteteran dan ada hubungannya dengan kesehatan fisik yang no 4.
  4. Klo kalian bener2 , coba kluar jalan2 pake spd motor kesawah buat ngilangin jenuh dan street (kasian badan kalian). Sekali2 gpp ya biar mental tetap waras. Klo aku biasanya nongkrong di lantai atas sambil liat pemandangan trus nyalain lagu favorit. Beh mantap betul. Atau ketemu nongki2 sama temen juga gpp gais asal jangan keseringan, INGATLAH revisian kalian (BALIK KE AWAL). pengalamanku ketika burnout, selain cara diatas aku biasanya suka nulis diary. Nulis semua apa yang aku rasain kesel bahagia meskipun dapat revisi yang super banyak. Lega aja klo pas udah nulis diary.
Baca juga  5 Buku Kuliah yang Bisa Dibaca Anak SMA!

Satu lagi, pas kalian ngerjain itu yang paling utama yaitu kalian harus SUKA sama TOPIK SKRIPSI YANG KALIAN AMBIL. biar semangat ngerjainnya.

Semangat TOGA WISUDA

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sayyidatul Maghfiroh