Jangan Dibuang, Ampas Kopi Memiliki Beragam Manfaat, Loh!

Jangan Dibuang, Ampas Kopi Memiliki Beragam Manfaat, Loh! 1

Saat kamu menyeduh maupun meminum kopi, ampasnya sering kali akan langsung kamu buang, bukan? Padahal, sama seperti kopi yang kamu minum, ampas kopi pun memiliki beragam manfaat. Mulai dari manfaat untuk kecantikan, memasak, membersihkan, hingga dapat dijadikan sebagai pupuk.

Setelah membaca beragam manfaat ampas kopi berikut, kamu pasti akan menyayangkan apabila ampas dari kopi yang kamu seduh atau minum kamu buang begitu saja.

1. Membersihkan alat memasak

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Meski sudah diseduh, ampas kopi tetap memiliki tekstur yang kasar. Tekstur ampas kopi yang kasar ini dapat kamu manfaatkan untuk membantu membersihkan minyak ataupun lemak membandel yang menempel di peralatan memasak kamu. Ampas kopi juga bisa kamu gunakan untuk membantu membersihkan bekas-bekas gosong pada peralatan masak kamu.

Cara menggunakannya, kamu dapat melapisi bagian peralatan memasak yang kotor yang akan kamu bersihkan dengan menggunakan ampas kopi kemudian gosok menggunakan kain usang atau sikat yang biasa kamu gunakan untuk mencuci peralatan memasak kamu.

2. Menetralisir bau

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Ampas kopi juga dapat kamu gunakan untuk menetralisir bau tidak sedap yang biasa muncul di kulkas, rumah, ataupun mobil kamu. Ketika lemari pendingin kamu di rumah muncul bau tidak sedap akibat dari adanya makanan basi atau sayuran busuk, kamu dapat meletakkan semangkuk ampas kopi di dalam kulkas untuk menyerap dan menghilangkan bau tidak sedap akibat dari makanan basi atau sayuran busuk di kulkas tersebut. Ampas kopi ini juga dapat digunkan untuk mentralisir bau tidak sedap pada kaus kaki, sepatu olahraga, kamar, hingga mobil kamu, loh.

3. Digunakan untuk masker wajah

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Ampas kopi memiliki beberapa kandungan yang dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah peradangan pada kulit hingga mencegah timbulnya jerawat. Maka tidak heran, ada beragam jenis masker kopi yang beredar di pasaran. Daripada membeli di pasaran, kamu juga bisa memanfaatkan ampas dari kopi yang kamu seduh atau kamu minum, loh.

Untuk memanfaatkan ampas kopi sebagai masker wajah ini, kamu hanya perlu mengoleskan ampas kopi dengan menggunakan kuas masker pada wajah kamu. Sebelum memakai masker kopi ini, jangan lupa untuk membersihkan wajah kamu terlebih dahulu, ya.

4. Digunakan untuk scrub

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Tekstur kopi yang sedikit kasar, dapat kamu gunakan untuk mengangkat sel kulit mati, baik pada wajah maupun pada bagian lain pada tubuh kamu. Ampas kopi ini dapat membantu mengeksfoliasi kulit kamu bahkan hingga ke pori-pori kulit kamu.

Agar tidak terlalu kasar dan terasa perih saat digunakan untuk mengeksfoliasi, kamu dapat mencampurkan ampas kopi dengan madu atau minyak zaitun. Kemudian gosokkan pada kulit kamu hingga kotoran-kotoran yang ada di kulit kamu terangkat.

5. Sebagai pupuk tanaman

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Ampas kopi juga memiliki beberapa kandungan yang dapat bermanfaat untuk kesuburan tanaman kamu. Untuk memanfaatkannya, kamu jangan langsung menyiram ampas kopi yang baru kamu seduh langsung pada tanaman kamu, ya. Kamu perlu membilasnya dengan air terlebih dahulu untuk menetralisir kadar keasaman dari ampas kopi yang baru kamu seduh. Setelah dibilas, kamu dapat mencampurkan ampas kopi ini pada kompos atau pada tanah tempat tanaman kamu tumbuh.

Setelah membaca beberapa manfaat ampas kopi di tas, kamu masih mau langsung membuang ampas dari kopi yang kamu minum atau seduh? Sangat disayangkan, bukan?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh