Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Mencuci Piring


Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Mencuci Piring 1

Kegiatan yang satu ini memang tidak asing di telinga kita. Bahkan ada diantara kita yang menjadikan mencuci piring sebagai hobinya. Katanya dengan mencuci piring kita diajarkan sabar, diajarkan bersyukur, dan lainnya.  Akan tetapi, masih banyak kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pada saat mencuci piring yang mengakibatkan bau tidak sedap menempel pada gelas yang dicuci, spons yang jadi sarang bakteri, dan masih banyak lagi.

Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pada saat mencuci piring:

1. Mencuci gelas pada urutan terakhir

Saat cucian piring menumpuk dan tidak ada space untuk meletakkan gelas kotor, sebagian besar kita akan mencuci piring atau panci terlebih dahulu ketimbang gelas. Alasannya supaya tempat cucian piring tidak penuh dan bisa meletakkan gelas kotor disana. Padahal yang harus didahulukan adalah mencuci gelas terlebih dahulu agar gelas tidak bau amis atau bau tidak sedap lainnya.

2. Merendam spons cuci piring

Siapa disini yang masih sering merendam spons cuci piring setelah selesai mencuci? Kalau masih melakukan hal tersebut segera dikurangi ya. Karena spons yang direndam akan menjadi sarang bakteri, spons cepat rusak dan menimbulkan bau yang tidak sedap saat digunakan kembali. Untuk menghindari hal tersebut, selepas mencuci piring cuci spons sampai bersih kemudian di peras dan letakkan di tempat yang kering.

3. Mencuci sendok sekaligus

Di beberapa kesempatan, saya sering melihat orang yang mencuci sendok banyak sekaligus. Alasannya supaya tidak membuang-buang waktu. Padahal mencuci sendok yang baik adalah dengan mencuci satu persatu supaya kotoran atau kerak yang menempel pada sendok dapat dicuci dengan bersih dan tidak meninggalkan bau yang tidak sedap. 

4. Meninggalkan wastafel cuci piring dalam keadaan kotor

Setelah menyelesaikan tugas mencuci piring, biasanya wastafel cuci piring ditinggalkan begitu saja tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Alasannya lagi-lagi karena ingin mengerjakan pekerjaan yang lain atau tidak suka membersihkan wastafelnya tapi suka mencuci piringnya. Padahal mencuci piring dan membersihkan wastafel adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Saat kamu meninggalkan wastafel cuci piring dalam keadaan kotor, maka akan semakin banyak bau-bau yang tidak sedap tertinggal disana dan memberikan kesan kotor pada pemilik wastafel. Supaya wastafel tetap bersih dan aman dari bakteri dan bau-bau lainnya, segera bersihkan wastafel setelah tugas mencuci piringmu selesai. 

Itu dia 4 kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci piring. Jika kamu masih melakukan kesalahan-kesalahan tersebut, kamu masih bisa memperbaikinya loh. Selamat mempraktekkan!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap