Jangan Panik Harga Naik! Lakukan 7 Cara Ini untuk Menghemat Minyak Goreng!

Jangan Panik Harga Naik! Lakukan 7 Cara Ini untuk Menghemat Minyak Goreng!

Belakangan, berita naiknya harga minyak goreng menjadi keresahan banyak pihak terutama ibu-ibu. Padahal minyak goreng menjadi salah satu kebutuhan pokok di dapur yang sudah melekat untuk berbagai menu makanan.

Lantas, bagaimana ya menyiasati penggunaan minyak goreng ini agar tidak boros?

Nah, buat kamu yang masih bingung berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah. Simak yuk!

1. Pilih Wajan yang Tepat

image: unsplash.com
image: unsplash.com

Penggunaan wajan yang tepat bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghemat penggunaan minyak goreng. Kamu bisa menggunakan wajan yang berbentuk datar atau wajan anti lengket.

Mengenakan wajan yang datar, membuat penggunaan minyak lebih sedikit dibandingkan dengan wajan berbentuk cekung karena bentuk cekung membutuhkan lebih banyak minyak.

Sementara, menggunakan wajan anti lengket tidak hanya membantu menghemat minyak, tetapi juga menghindari makananmu lengket pada wajan.

Baca juga  7 Item Alat Dapur Penting Yang Wajib Kamu Miliki

2. Gunakan Cooking Spray

image: eatthis.com
image: eatthis.com

Cooking spray bisa jadi pilihan selanjutnya dalam menghemat minyak goreng. Caranya, kamu cukup semprot minyak pada permukaan wajan sebelum memasak.

Selain irit minyak, penggunaan cooking spray ini juga mencegah makanan lengket dan tentu saja tubuh akan jauh lebih sehat. Tertarik mencoba?

3. Metode Shallow Fry

image: unsplash.com
image: unsplash.com

Shallow fry merupakan metode dengan menggunakan minyak yang tidak sampai merendam makanan. Biasanya, minyak yang digunakan kira-kira hanya sepertiga dari tinggi makanan yang digoreng.

Makanan yang digoreng dengan metode ini, cenderung cepat matang tanpa perlu dibolak-balik terlalu sering. Shallow fry cocok untuk menggoreng ikan, ayam, nugget, atau makanan lain dalam porsi kecil dan minyaknya lebih baik hanya digunakan satu kali saja.

Baca juga  Pemerintah Hentikan Subsidi Minyak Goreng, Apa Saja Dampaknya?

4. Metode Pan Fry

image: unsplash.com
image: unsplash.com

Sesuai dengan namanya, metode memasak ini menggunakan pan atau wajan. Teknik memasak metode ini menggunakan sedikit sekali minyak untuk melumasi wajan agar makanan tidak lengket.

Biasanya, bahan makanan yang digunakan adalah makanan yang berukuran besar dengan proses memasaknya yang dibalik sesekali agar matang merata. Contoh makanannya adalah steak, burger, atau fillet ikan.

5. Teknik Memanggang

image: pexels.com
image: pexels.com

Memanggang bisa jadi alternatif untuk menghemat minyak goreng. Kamu bisa memanggang beberapa jenis makanan, misalnya terong atau keripik pada oven untuk mendapat tekstur yang garing dan tidak lembek.

Selain hemat, teknik memanggang disinyalir lebih sehat dibandingkan digoreng menggunakan minyak.

Untuk kualitas rasanya, ngga perlu khawatir karena rasanya sama saja seperti makanan yang digoreng.

Baca juga  5 Kelebihan Memasak Makanan dengan Panci Presto

6. Dengan Margarin

image: pixabay.com
image: pixabay.com

Jika ingin menumis atau sekadar menggoreng telur, kamu bisa mengganti minyak dengan margarin. Menggunakan sedikit margarin, akan membuat makanan jadi lebih gurih dan lezat.

Selain menghemat minyak, menggunakan margarin juga lebih sehat lho sebab terbuat dari lemak nabati kelapa sawit.

Nggak cuma hemat, kamupun akan terhindar kalori berlebih. Tertarik memasak dengan margarin?

7. Menggunakan Air Fryer

image: static.republika.co.id
image: static.republika.co.id

Akhir-akhir ini, penggunaan air fryer mulai tren di masyarakat. Bagaimana tidak? Kamu nggak perlu repot-repot membolak-balikan makanan, cukup mengatur waktu saja makananmu akan matang dengan alarm yang berbunyi otomatis.

Air fryer ini cocok untuk masakan seperti daging atau sayuran yang ditumis. Nggak perlu pakai minyak, makananmu akan matang dengan sempurna.

Sayangnya, harganya masih cukup mahal dan tentunya sedikit boros listrik. So, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu ya!

Kira-kira, dari 7 metode di atas mana yang akan kamu gunakan untuk menghemat penggunaan minyak? Selamat mencoba ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arvi Resvita ES