Jangan Pulang Jika Kamu Perempuan

Jangan Pulang Jika Kamu Perempuan

Buku Jangan Pulang Jika Kamu Perempuan merupakan buku debut dari Riyana Rizki.

Buku yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2021 oleh penerbit buku mojok berisi kumpulan dari 12 cerita pendek tentang perempuan.

Perempuan kelahiran Lombok ini pada bagian awal buku menceritakan tentang perempuan sasak yang terperangkap dalam patriarki.

Baca juga  Mengenal Sosok Si Alpha Female

Buku ini memuat ragam dongeng, legenda, ataupun cerita rakyat yang ditambahkan fantasi.

Mengisahkan tentang Sulin, seorang perempuan Sasak yang sudah dinikahi oleh seorang pria dan memilih Kembali ke rumahnya karena mengetahui bahwa pria tersebut sudah memiliki istri dan anak.

Menurut suku Sasak, perempuan yang kembali ke rumah orangtuanya setelah diperlakukan demikian bagaikan aib dalam sebuah keluarga.

Baca juga  Ladies! Ini 5 Perempuan Terkaya Di Dunia yang Wajib Kalian Tahu!

Namun bagi Sulin pulang menjadi bentuk perlawanan dirinya atas konstruksi sosial yang sudah melekat secara turun temurun.

Cerita yang dimuat dalam buku ini sebagian menyimpan amarah, luka, dan perlawanan.

Kita dapat menemukan perempuan yang lebih memilih tersiksa daripada harus melawan adat.

Baca juga  4 Hal yang Harus Perempuan Pertimbangkan Sebelum Berinvestasi

Selain itu kita juga bertemu dengan karakter perempuan berdaya seperti Sulin.

Cerita pendek yang disuguhkan oleh buku ini jauh dari akhir bahagia dengan fantasi yang masih bersinggungan dengan beragam dongeng.

Buku ini mengajak para pembaca untuk merenungi dan memikirkan betapa pemaknaan folklor yang sebenarnya tidak pernah sesempit dongeng yang dibacakan sebelum tertidur dan mengingatkan para perempuan untuk tidak mudah didikte orang lain tanpa mengkritisi perihal eksistensinya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Setiyowati