Jangan Salah Lagi! Ini Beda Vegetarian & Vegan

Jangan Salah Lagi! Ini Beda Vegetarian & Vegan 1

Pola hidup sehat saat ini sedang menjadi trend. Banyak orang yang beranggapan bahwa makan daging dan produk turunannya tidak menyehatkan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kolesterol dan asam urat. Vegetarian dan vegan memenuhi kebutuhan gizinya dari sayur dan buah. Oleh karena itu jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan benar sehingga tidak terjadi malnutrisi.

Selain karena alasan kesehatan, orang yang melakukan pola hidup vegetarian dan vegan juga berdasarkan pada rasa simpati dan tidak mau menyakiti hewan dalam proses penyembelihan. Meski sama-sama tidak memakan daging, antara vegetarian dan vegan berbeda.  Jangan salah lagi! Ini beda antara vegetarian dan vegan

1. Vegetarian

Vegetarian adalah pola hidup dengan tidak mengkonsumsi daging hewan tetapi masih toleransi dengan olahan dari hewan seperti telur, susu, keju dan yogurt. Jadi vegetarian masih mengkonsumsi telur, susu, keju dan yogurt.

Vegetarian terbagi menjadi 4

a. Lacto ovo vegetarian

Lacto ovo vegetarian adalah istilah untuk orang yang tidak mengonsumsi daging namun masih mengonsumsi telur dan susu serta produk olahan susu. Vegetarian di Indonesia kebanyakan adalah jenis lacto ovo vegetarian. Mereka tidak mengonsumsi daging hewan, unggas, ikan tetapi mengonsumsi telur, susu dan olahannya.

Lacto ovo vegetarian harus memperhatikan benar asupan gizinya. Gizi yang seharusnya dipenuhi dari daging harus diganti oleh sumber nabati seperti sayuran dan buah.

b. Ovo vegetarian

Ovo vegetarian adalah orang yang tidak mengonsumsi daging, ikan dan telur tetapi masih mengonsumsi susu dan olahannya. Mereka beranggapan dalam mengonsumsi susu tidak ada proses yang menyakiti hewan dan tetap memberikan hewan hak untuk berkembang biak.

c. Pesco vegetarian

Pesco vegetarian adalah istilah untuk orang yang tidak mengonsumsi daging, unggas, telur, susu tetapi masih mengonsumsi ikan.

d. Semi vegetarian

Semi vegetarian adalah orang yang tidak mengkonsumsi daging, unggas dan ikan pada jangka waktu tertentu, namun pada waktu lain mereka mengkonsumsinya. Tujuan dari semi vegetarian adalah mengurangi konsumsi daging, unggas dan ikan.

Ada juga semi vegetarian yang hanya menghindari daging merah tetapi masih mengonsumsi unggas, telur, ikan dan susu.  Semi vegetarian biasa juga disebut fleksi vegetarian.

2. Vegan

Vegan adalah orang yang sama sekali tidak memakan daging, unggas, ikan, telur, susu dan olahannya. Mereka harus benar-benar mengontrol asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. Vegan menjalani pola hidup yang sangat ketat karena tidak mengonsumsi semua jenis makanan hewani. Ada vegan yang tidak mengonsumsi madu karena termasuk makanan yang dihasilkan oleh binatang.

Vegan harus benar-benar memperhatikan makanan yang masuk ke tubuhnya. Semua gizi harus dipenuhi dari buah dan sayur. Mereka perlu mengonsumsi sereal, lemak sehat, sayur dan buah setiap hari.

Vegan menghindari semua hal yang berhubungan dengan binatang. Mereka tidak menggunakan pakaian dan peralatan yang berasal dari binatang. Tas dan sepatu kulit, pakaian dari woll, kain sutra, kosmetik berbahan hewani benar-benar mereka hindari.

Vegetarian dan vegan memang pola hidup yang sehat, namun harus dijalankan dengan tepat. Mereka harus sering mengecek kondisi tubuh sehingga tidak ada nutrisi yang kurang. Sebaiknya vegetarian dan vegan juga memperhatikan alternatif makanan yang dapat menggantikan nutrisi hewani yang tidak dikonsumsi.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.