Jangan Salah Lagi, Ini Perbedaan Esai, Opini dan Feature!


Jangan Salah Lagi, Ini Perbedaan Esai, Opini dan Feature! 1

Menjadi penulis lepas saat ini merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Banyak sekali media, baik online maupun cetak yang setiap hari menerima tulisan dari penulis lepas. Masing-masing media mempunyai kriteria jenis tulisan yang dapat dimuat. Jika kamu bermaksud mengirim tulisan, kamu harus memahami dulu jenis tulisan apa yang dibutuhkan media tersebut.

Beberapa jenis tulisan yang dibutuhkan oleh media adalah esai, opini dan feature? Meski hampir sama, ketiga jenis tulisan ini mempunyai perbedaan berdasar isinya. Apa perbedaan dari ketiga jenis tulisan ini? Jangan salah! Ini perbedaan esai, opini dan feature:

1. Esai

Dari ketiga jenis tulisan tersebut, esai merupakan tulisan yang paling berat. Bukan hanya berisi pandangan atau pendapat dari penulis, tetapi penulis esai juga harus menyajikan data atau informasi yang akurat berdasarkan sumber yang dapat dipertanggung jawabkan. Esai biasa ditulis oleh orang yang sudah pengalaman atau expert dengan materi yang ditulis tersebut.

Esai dapat dikategorikan sebagai tulisan ilmiah yang dapat digunakan untuk referensi. Jika mengambil data atau informasi dari pihak lain, si penulis harus menyertakan sumbernya. Tulisan berbentuk esai biasanya ditutup dengan kesimpulan dari penulis berdasarkan argumen yang disampaikan.

2. Opini

Opini adalah tulisan yang berisi pemikiran atau ide dari penulis. Dalam penulisan opini tidak memerlukan kajian mendalam, cukup hasil pemikiran dari penulis saja. Tulisan dalam bentuk opini kurang akurat jika digunakan untuk acuan karena sifatnya yang berupa pemikiran seseorang saja. Untuk tema yang sama, isi opini antara satu orang dengan orang lain sangat mungkin berbeda karena gagasan atau sudut pandang yang berbeda.

Tema opini biasanya berupa isu-isu ringan yang sedang hangat dibicarakan saat itu. Opini bisa juga ditulis oleh seseorang yang kompeten dalam bidang tertentu, namun informasi yang disampaikan murni berdasarkan pemikiran atau gagasannya, bukan berdasarkan pada teori atau hasil penelitian orang lain. Opini yang ditulis untuk mewakili pandangan media terhadap suatu isu disebut dengan tajuk rencana.

3. Feature

Feature merupakan artikel yang paling ringan kualitasnya. Feature adalah artikel yang berisi informasi mengenai sesuatu yang bersifat tulisan santai. Isi feature dapat berupa gosip tentang artis, hobi, peristiwa, isu atau jenis tulisan hiburan yang lain. Karena tidak memerlukan penelitian atau referensi, tulisan dalam bentuk feature paling mudah dibuat.

Seperti opini, feature tidak dapat dijadikan acuan dalam penelitian ilmiah. Jika kamu ingin belajar, menulis feature adalah pilihan yang tepat. Kamu cukup mengumpulkan informasi sebanyaknya tentang tema yang ingin kamu tulis, kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan. Jenis tulisan feature juga merupakan tulisan yang paling banyak dibutuhkan media online. Peluang untuk mendapatkan uang dari menulis feature cukup besar. 

Kamu berminat menjadi penulis lepas? Semua orang bisa menjadi penulis lepas asal mau banyak belajar. Jika pada awalnya tulisanmu kurang bagus, jangan menyerah! Semakin sering kamu menulis, kemampuanmu akan semakin terasah. Kamu bisa mencoba membuat esai, opini atau feature. Jangan salah lagi ya untuk membedakan ketiga jenis tulisan ini!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap