Jangan Salah Sangka, Ini 6 Hal Menarik dari Sosok Pendiam

Jangan Salah Sangka, Ini 6 Hal Menarik dari Sosok Pendiam 1

Kamu punya saudara atau teman yang lebih banyak diam daripada berbicara? Bahkan seringkali kamu kesal sendiri karena mereka jarang menceritakan apapun padamu. Nyatanya, orang yang pendiam sering kali dicap sebagai sosok yang pemalu, tidak sopan, atau bahkan sombong. Namun, kebanyakan orang pendiam tidak seperti yang dikatakan orang-orang. 

Orang pendiam punya banyak alasan yang membuat mereka punya cara komunikasi yang berbeda. Jangan salah sangka dulu, ini 6 hal menarik tentang orang pendiam yang harus kamu tahu!

1. Menjadi sosok pendiam bukan berarti  pemalu

Dilansir elitedaily.com, sifat pendiam berbeda dari rasa malu. Orang pemalu memiliki rasa takut akan penilaian negatif, sedangkan orang pendiam hanya perlu dorongan untuk lebih aktif berbicara. Kebanyakan orang akan mengkategorikan sosok pendiam sebagai orang yang kurang percaya diri.

Namun, sebenarnya orang pendiam adalah sosok yang penuh dengan rasa keingintahuan dan keinginan untuk belajar sebanyak mungkin.  Meskipun begitu, ngga ada salahnya mengajak orang pendiam untuk mengobrol. Mereka bisa jadi teman berbagi pemikiran dan pengalaman, loh!

2. Mereka terlalu sibuk berpikir sebelum bicara

Sosok pendiam bisa dikatakan sebagai pemikir yang berlebihan. Ketika ingin memulai obrolan, mereka lebih memikirkan bagaimana percakapan itu akan berlangsung dan apa hasilnya. Alhasil, mereka membuat “skenario” dari satu topik ke topik lain dalam pikiran. Meskipun banyak hal yang ingin mereka katakan, pada kenyataannya mereka hanya berbicara sedikit. Kendala yang sering kali mereka hadapi adalah mereka kesulitan mengolah kata-kata yang akan diucapkan.

3. Ketika mereka berbicara, orang-orang akan memperhatikannya dengan serius

Orang yang pendiam sangat berhat-hati dalam mengatakan sesuatu agar mereka tidak menimbulkan kesahalah. Mereka tidak ingin mengeluarkan kata-kata yang tidak berguna yang berujung menyakiti perasaan orang lain.  Namun, ketika sosok pendiam mulai berbicara, orang-orang akan memperhatikan mereka dengan sangat serius. Kebanyakan orang beranggapan bahwa ada sesuatu yang penting saat seorang yang pendiam mulai bicara.

4.  Mereka seorang pengamat yang baik

Alih-alih mengobrol dengan orang lain, mereka lebih senang melakukan pengamatan. Orang pendiam akan punya lebih banyak waktu mengamati situasi dan orang di sekitar mereka. Mereka mampu memberikan penjelasan secara menyeluruh mengenai apa yang mereka amati. Kalau kamu ingin mengenal orang pendiam lebih dekat, habiskanlah waktu lebih banyak dengan mereka. 

5. Mereka benar-benar tahu caranya mendengarkan dengan baik

Di tengah percakapan biasanya kita akan mudah teralihkan oleh hal lain. Kemudian, kita akan merasa bosan atau tidak memperhatikan secara intens lawan bicara. Namun, berbeda dengan orang yang pendiam. Mereka tahu bagaimana cara mendengarkan seseorang dengan baik dan menunggu waktu yang tepat untuk berbicara. Bahkan mereka tidak akan bicara sebelum diminta oleh lawan bicaranya. 

6. Mereka lebih suka membaca dan menulis daripada berbicara

Tidak jarang kamu akan menemukan sosok pendiam duduk di perpustakaan untuk membaca, menulis, atau berkreasi dengan karya tulis. Mereka lebih suka menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal seperti itu daripada berbicara. Mereka memilih memfokuskan energi yang dimiliki untuk membuat suatu kreasi atau karya. Orang pendiam cenderung memiliki kepribadian introvert, tetapi sebenarnya mereka juga menyukai percakapan yang menarik dan bersemangat. 

Tidak salah menjadi sosok yang pendiam, tapi kamu juga harus memahami situasi dan kondisi yang tengah kamu hadapi. Ada kalanya, kamu perlu mengutarakan isi pikiran dan hatimu dengan bicara. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.