Jangan Sedih, 5 Cara ini Bisa Mengatasi Rasa Malu yang Parah


Jangan Sedih, 5 Cara ini Bisa Mengatasi Rasa Malu yang Parah 1

Terkadang dalam hidup mungkin di masa lalu kita pernah mengalami kejadian-kejadian yang membuat diri kita malu setengah mati, karena kejadian itu dulu orang lain sering mencemooh, mengejek dan menghina kita. Hal itu tentunya membuat kepercayaan diri kita merasa rendah bahkan yang lebih parah merasa diri tidak berharga. Hal itu jika dibiarkan akan membuat kita menarik diri dari orang lain dan menjadi anti sosial, padahal kita juga berhak merasakan kebahagiaan dalam hidup ini, berhak untuk hidup bersosialisasi tanpa perasaan was-was. Untuk itu kita harus berusaha dan berjuang untuk melawan rasa malu yang berlebihan itu. Nah, di bawah ini ada lima cara mengatasi rasa malu yang parah, apa saja? Langsung kita simak!

1. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuat kita merasa malu

genpi.co
genpi.co

Pertama-tama tanyakanlah pada diri kita sendiri apa yang membuat kita merasa malu? Apakah karena penampilan? atau karena kejadian di masa lalu? Lalu apa alasannya kita harus merasa malu atas hal-hal itu? Apapun motifnya, tetaplah berusaha untuk percaya diri, jangan pernah karena hal-hal sepele mantas mematikan kreatifitas kita, impian kita dan semangat kita. Kita berharga, berhak untuk mendapatkan kebahagiaan yang sama. Fokuslah pada impian kita, jangan pernah biarkan rasa malu yang parah itu menang atas diri kita.

2. Sering-seringlah berkomunikasi dengan diri sendiri

pexels.com
pexels.com

Terkadang berkomunikasi dengan diri sendiri ada baiknya juga lho, asal kita melakukannya saat tengah sendirian. Berkomunikasi dengan diri sendiri bisa melatih kita untuk mengatasi rasa malu. Biasanya saat kita tengah sendirian, kita jujur terhadap perasaan kita sendiri, entah itu perasaan bahagia, sedih, kecewa, kesepian dan perasaan-perasaan lainnya. Di saat-saat seperti itu kita membutuhkan teman mengobrol yang benar-benar paham kondisi kita. Di saat itulah moment yang pas untuk mencurahkan perasaan kita pada diri kita sendiri.

3. Buatlah kalimat-kalimat motivasi untuk diri sendiri

pexels.com
pexels.com

Agar rasa malu yang parah itu hempas dari dalam diri kita, buatlah kalimat-kalimat motivasi sederhana yang sesuai dengan kondisi kita dan kita pahami kalimat itu dengan benar. Tempelkan kalimat motivasi itu di tempat-tempat yang kita sering melihatnya, misalnya di cermin, lemari atau pintu kamar. Hal itu akan membuat rasa percaya diri kita sedikit demi sedikit tumbuh dan penyebab  rasa malu yang parah itu akan menghilang dengan sendirinya.

4. Rubahlah sedikit demi sedikit mindset kita ke arah yang lebih positif

pexels.com
pexels.com

Rubahlah mindset kita ke arah yang positif, mungkin itu akan memakan waktu yang agak lama, karena mungkin mindset kita yang kebanyakan negatif itu telah berakar di dialam diri, namun jika kita konsisten dan terus berusaha sedikit demi sedikit dengan cara-cara yang kita sukai, hal itu tidaklah mustahil. Mindset yang positif akan menghantarkan kita pada sesuatu hal yang luar biasa indah di kehidupan kita. Jadi, pupuklah terus mindset positif kita.

5. Jangan takut pada sesuatu yang belum terjadi

pexels.com
pexels.com

Rasa malu yang parah akan mengakibatkan kita takut pada masa depan, kita mendadak bisa meramalkan kejadian buruk yang akan terjadi nanti pada diri kita sendiri. Padahal sejatinya masa depan kita masih abu-abu, masih murni dan tidak ada yang tahu kecuali Tuhan. Berhentilah mengira-ngira akan begini atau begitu jika kita begini atau begitu. Hal itu justru akan membuat kita stress bahkan yang lebih parah depresi. Biarkanlah kehidupan kita mengalir bagai air, fokus saja pada setiap impian yang akan kita raih, dan teruslah berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Nah, itulah kelima cara atasi rasa malu yang parah, intinya adalah jangan pernah menyerah untuk melakukan yang terbaik bagi diri kita sendiri, karena kita sangat berharga. Semoga bermanfaat ya!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Purwanti

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap