Jarang Dilirik! Bawang Putih Ternyata Mampu Mencegah Kanker Paru sampai Beberapa Penyakit Berikut

Jarang Dilirik! Bawang Putih Ternyata Mampu Mencegah Kanker Paru sampai Beberapa Penyakit Berikut 1

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bawang putih, salah satu rempah dapur yang memiliki aroma tidak kalah menyengatnya dengan bawang merah. Rasanya yang terkesan pedas saat dimakan mentah dan terasa sedap saat dicampur masakan, membuat bawang putih menjadi bumbu dasar dalam mengolah berbagai macam makanan apapun.

Selain warnanya yang putih, bawang putih ini memiliki tekstur permukaan yang halus setelah dikupas dari kulitnya.

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Mulai dari jenis sambal, tumisan, kuah-kuahan, hingga apapun, bawang putih adalah selera setiap orang. Meskipun tidak setajam bawang merah yang mampu membuat mata kita menangis, namun khasiat dari bawang putih tidak bisa diremehkan begitu saja.

Ya! Kita biasanya memang mengenal jenis bawang ini hanya di meja dapur dan di meja makan saja. Namun, jika tahu informasi berikut, kita akan lebih tahu bahwa bawang putih ini rupanya bisa berperan di meja kesehatan hehehe. Yuk simak manfaatnya di bawah ini.

1. Mencegah Risiko Kanker Paru

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Dilansir dari m.klikdokter.com, dari riset yang sudah dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research, konsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

Penelitian dan studi yang dilaksanakan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menyatakan penemuan hasil dari responden yang mengonsumsi bawang putih mentah 2x dalam satu minggu mengalami penurunan risiko kanker paru-paru hingga 44%.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Sumber gambar: pinterest
Sumber gambar: pinterest

Bawang putih mampu melindungi penderita diabetes dari kardiomiopati (penyakit kronis di otot jantung). Hal ini sudah berdasarkan riset yang berhasil dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Riset tersebut menyatakan bahwa diallyl trisulfide yakni unsur yang terdapat dalam minyak bawang putih bisa menyehatkan jantung.

3. Mencegah Sakit Flu

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh American Family Physician, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengurangi frekuensi penyakit influenza serta bisa mencegahnya sekaligus.

4. Mencegah Rusaknya Hati

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Beberapa minuman dan makanan bisa berdampak buruk pada hati hingga mengakibatkan kerusakan. Oleh sebab itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi maka bawang putih adalah solusinya.

Sebuah riset yang dikerjakan oleh Shandong University, Cina, menyatakan bahwa kandungan diallyl disulfide (DADS) dalam bawang putih mampu melindungi hati untuk melawan stres oksidatif dan yang diakibatkan oleh etanol.

5. Mampu Turunkan Tekanan Darah serta Kolesterol

Sumber gambar: pinterest
Sumber gambar: pinterest

Manfaat berikutnya dari bawang putih adalah mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh sampai menurunkan kolesterol. Ini sudah terbukti lewat penelitian yang dipublish di Journal of Nutritional Biochemistry.

Penelitian yang dikerjakan di Ankara University itu menemukan bila sesudah 4 bulan riset dilakukan kepada responden untuk mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih, mengalami perbaikan profil kolesterol serta penurunan tekanan darah signifikan.

Oleh sebab itu, bawang putih begitu penting bagi kehidupan kita. Tidak ada salahnya juga kan kalau kita mencoba obat alami dari alam? Sebab bagaimanapun juga, semua dari alam selalu membawa dampak baik tubuh kita.

Nah itu tadi beberapa manfaat dari bawang putih yang jarang kita ketahui, atau bahkan sering kita remehkan. Sampai jumpa lagi para pembaca yang baik 🙂

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore