Jenis Ikan Gurameh Yang Sering Dikenal

Jenis Ikan Gurameh Yang Sering Dikenal 1

Ikan Gurame merupakan salah satu ikan paling diminati dan paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Selain rasanya yang lezat serta bentuknya yang besar membuat pangsa pasar ikan gurame selalu meningkat.

Permintaan terus terjadi mengingat gurame ini merupakan salah satu ikan konsumsi selain Ikan nila dan ikan lele.

Ikan gurame dapat hidup di habitat hampir seluruh Indonesia. Salah satunya di air tawar. Memang budidaya gurame ini terbilang lama dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Namun jika melihat hasilnya tentunya akan sangat memuaskan.

Namun tahukah anda jika ikan gurame itu ada beberapa jenis, bukan hanya satu macam saja. Berikut jenis ikan gurame yang ada saat ini :

Gurame Soang

Jenis Ikan Gurameh Yang Sering Dikenal 3

Jenis Gurame yang pertama adalah Gurame Soang. Gurame Soang ini sering dinamakan Gurame Angsa karena bentuknya yang besar.

Gurame yang satu ini banyak terdapat di Jawa barat tepatnya di Kota Cianjur. Makanya orang menyebut gurame soang merupakan ikan Gurame Jawa barat karena banyak ditemukan dan dibudidayakan di Jawa barat khususnya di Cianjur.

Sedangkan karateristik gurame soang ini adalah pada bentuk dahinya yang nonong atau menonjol seperti bentuk kepala angsa. Tubuhnya berbentuk pipih panjang dan warna tubuhnya hitam dengan putih dengan ekornya yang berwarna kemerah-merahan.

Gurame jenis ini bisa besar dengan bobot ukuran maksimy bisa mencapai 8 kilogram per ekornya.

Sementara ikan gurame jenis ini dapat dibudidaya selama 9 bulan dan dapat langsung di panen.

Gurame Batu

Jenis Ikan Gurameh Yang Sering Dikenal 4

Gurame yang satu ini namanya gurame batu. Gurame batu merupakan jenis ikan gurame yang jarang ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia.

Sehingga keberadaan ikan gurame jenis ini langka dan sangat sedikit. Ciri khas gurame ini adalah dari sisiknya yang keras dan warna tubuhnya yang hitam rata.

Gurame jenis ini terbilang sangat sulit untuk besar, dan ketika sudah mencapai panen, beratnya saja hanya berkisar setengah kilogram per ekornya.

Gurame Porselin

Gurame yang satu ini terbilang unik dengan bentuk kepalanya yang kecil. 

Gurame porselin ini mempunyai ciri khas warna tubuhnya yang berwarna merah muda dengan kombinasi warna putih dibagian sebelah sisi bawah tubuhnya.

Sementara dari hal budidayanya gurame jenis ini terbilang lebih cepat dibandingkan gurame jenis lainnya.

Namun berat maksimal ketika sudah menginjak masa panen hanya berkisar hingga 2 kilogram saja. 

Gurame Jepang

Jenis Ikan Gurameh Yang Sering Dikenal 5

Gurame Jepang atau lebih dikenal dengan Gurame Jepun merupakan jenis ikan gurame dengan karateristik bentuk tubuhnya yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis ikan Gurame lainnya.

Gurame Jepang biasanya memiliki berat tubuh hingga mencapai 4 kilogram. Sementara untuk panjangnya bisa mencapai 45 cm.

Ikan Gurame Jepang banyak ditemukan dan dibudidayakan di Jawa Tengah. Dan banyak yang mengatakan jika gurame jenis ini merupakan gurame asli Jawa tengah.

Gurame ini banyak dibudidayakan di Jawa tengah dan yang paling sering ditemukan di Jawa tengah.

Untuk karakteristik gurame jenis ini, adalah sisik nya yang berwarna putih dengan motif garis berwarna gelap yang membuatnya terkesan memiliki warna abu-abu.

Sementara untuk warna utama ikan gurame ini adalah hitam pekat dibagian sisi atas ikan. Sementara jika masih anakan atau usianya masih beberapa bulan, ikan ini akan terlihat berwarna kebiruan.

Dari jenis ikan gurame Indonesia tersebut menang setiap daerah memiliki jenis sendiri-sendiri. Hak tersebut mungkin karena faktor habitat dan juga kondisi air yang ada di setiap daerah beda-beda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

boban