Jenis-Jenis Mesin Absensi Yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Mesin Absensi Yang Harus Diketahui

Dengan teknologi saat ini, dapat membantu sebuah perkantoran untuk menilai kedisiplinan karyawan, selain itu juga dapat membantu dalam perhitungan gaji, bonus, dan penalty yang akan diterima oleh masing-masing karyawan dikantor tersebut.

Dahulu, untuk menghitung absensi diperlukan kertas dan pensil, setiap karyawan yang absen diharuskan untuk menulis nama dan tanda tangan dikertas tersebut. Namun sekarang seiring perkembangan teknologi, hal tersebut mulai ditinggalkan dan beralih ke yang lebih praktis lagi.

dapat membantu perkantoran untuk menilai kedisiplinan karyawannya, berikut jenis-jenis yang harus diketahui.

 

Kartu

Jenis-Jenis Mesin Absensi Yang Harus Diketahui

Kartu atau Analog merupakan jenis yang pernah digunakan oleh banyak perusahaan sejak dua abad silam. Cara kerja mesin ini adalah dengan memasukan kartu pada sebuah lubang yang terdapat diatas mesin tersebut, nantinya kartu yang dibagikan pada setiap karyawan harus dimasukan kedalam mesin tersebut setiap masuk ataupun pulang kerja.

Semua aktifitas absensi yang terjadi dikantor akan tercatat secara otomatis dikartu tersebut, pihak HRD pun bisa dengan mudah dapat mengetahui catatan absensi karyawan.

 

Pin

Jenis-Jenis Mesin Absensi Yang Harus Diketahui

Pin merupakan mesin yang sudah masuk ke ranah digital, mesin berbasis PIN tersebut digunakan sejak tahun 1970an. Dimana cara kerjanya yaitu karyawan diharuskan menekan tombol untuk memasukan nomor PIN sebagai tanda absensi.

Dibanding harus melihatnya secara manual, mesin ini terbilang efektif dari mesin sebelumnya. Dimana atasan dapat melihat absensi secara Real Time melalui program yang terdapat dikomputer, namun sayangnya mesin ini memiliki kelemahan yaitu karyawan dapat menitip absen lewat karyawan lainnya dengan menggunakan PIN yang sudah diberitahukan.

 

Biometrik

Jenis-Jenis Mesin Absensi Yang Harus Diketahui

Berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya yang cenderung harus dilakukan dengan cara manual, Mesin Absensi Biometrik ini merupakan hal baru dimana semuanya serba otomatis. Mesin absensi biometrik dapat membaca karateristik pribadi seseorang, misalnya sidik jari, retina mata, ukuran tangan, dan lain sebagainya.

Dalam menggunakan Mesin Absensi Biometrik, terdapat tiga sensor yang bisa digunakan, yaitu Wajah (Face ID), Sidik Jari (Fingerprint), dan Retina Mata. Jika mesin sebelumnya memiliki kelemahan dimana setiap karyawan dapat melakukan kecurangan absensi, pada ini karyawan tidak dapat melakukan kecurangan, karena sensornya dapat membedakan setiap detail karyawan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

R Setiawan