Jenis-jenis Pembukuan Untuk Pelaku UMKM

Jenis-jenis Pembukuan Untuk Pelaku UMKM

Sebagai pelaku usaha , sangat penting untuk mengerti masalah Akuntansi minimal yaitu dasar dasar Akutansi, dan yang sangat penting adalah jurnal umum, nah apasih jurnal umum itu? Jurnal umum adalah Jurnal yang dibentuk secara umum, catatan akuntansi yang paling pertama yaitu yang berisi tentang bukti transaksi yang, berguna untuk mencatat transaksi keuangan.

Adapun yang harus kita pahami sebelum membuat laporan keungan, yaitu:

1. Persamaan dasar akutansi.

Persamaan dasar akuntansi adalah, Aset = Hutang + Modal + ( Pendapatan – Beban )

Baca juga  Digital Memberikan Kemudahan Untuk UMKM Di Masa Pandemi

Pada umunya pengusaha akan mengatur keuangan dengan pembukuan yang sederhana, jadi anda harus mengetahui persamaan dasar akuntansi.  Bukan hanya tentang pengeluaran dan pemasukan saja, ada tahapan atau cara membuat jurnal dengan tepat dan benar, bila adanya kesalahan sedikit itu akan sangat berpengaruh pada laporan keuangan.

2. Bukti tranaksi.

Bukti transaksi adalah, bukti tertulis yang mencatat atau merekap segala kegiatan Transaksi pada suatu perusahaan ataupun bisnis. Jangan pernah anda menyepelekan sebuah bukti transaksi, seperti cntohnya yaitu Invoice, Nota, Kwitansi, dan lain sebagainya. Kumpulkan semua jenis transaksi meskipun dalam jumlah atau nominal yang kecil, catatan transaksi juga berguna untuk masalah dalam laporan keuangan anda maupun staf anda saat membuat jurnal, dengan adanya transaksi itu kita bisa membuat jurnal dengan mudah.

Baca juga  UMKM Digital Pengentasan Pandemi

3. Penjurnalan.

Cara membuat jurnal umum yakni dengan cara mencatat transaksi kedalam jurnal, penjurnalan melakukan system pencatatan double entry system. Setiap transaksi keuangan yang tercatat akan berdampak pada dua posisi yaitu Debit dan kredit yang harus dalam jumlah yang sama. Jika debit dan kredit tidak sama maka terdapat kesalah di dalam proses pencatatan, sehingga anda harus mengecek pembukuan dari awal lagi, untuk tau dimana letak kesalahannya tersebut. 

Baca juga  Cara Meningkatkan Literasi Digital Perpajakan UMKM

Kita juga harus sangat teliti saat membuat jurnal atau pembukuan, teliti dalam hal nama nama transaksi atau nominal pada transaksi tersebut, dan harus sangat di paastikan satu transaksi itu jumlahnya balance atau sama dalam Deit dan Kredit.

Dibawah ini adalah contoh dari jurnal umum:

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Putri Riski Yuliasari