Jenis Puisi Lama Yang Masih Eksis DI Tahun 2022


Jenis Puisi Lama Yang Masih Eksis DI Tahun 2022

Ada beberapa puisi lama yang sampai saat ini masih mempertahankan eksistensisnya di kalangan masyarakat terutama seperti bentuk karmina, iya karmina ini merupakan jenis puisi lama yang masih saja kerap disebut di kalangan masyarakat. 

Karmina merupakan jenis puisi lama yang berasal dari negara indonesia , yang biasanya disebut pantun kilat, mengapa disebut pantun kilat ? karena karmina ini hanya memiliki dua bait atau dua baris larik, dan juga dari segi isi hanya dijelaskan secara singkat, hampir sama dengan sejenis pantun, parikan kalau dalam kesusastraan jawa. Karmina ini biasanya berisi curahan hati, berikut contoh karmina ( parikan ).

Sudah gaharu, cendana pula.

Sudah tahu , bertanya pula.

Piring tak retak , nasi tak dingin.

Tuhan tak hendak, kami tak ingin.

Dilihat dari bentuknya karmina ini hampir mirip dengan pantun, namun bedanya karmina di larik pertama sampiran dan kedua isi. di pantun larik pertama dan kedua sampiran dan larik ke tiga dan ke empat adalah isi.

adapun ciri ciri karmina antaralain : 

1. Terdiri atas dua larik

2. larik pertama merupakan sampiran

3. larik kedua merupakan isi

4. bersajak aa

5. jika dijadikan empat larik maka bersajak abab.

Demikian jenis puisi lama yang masih eksis di tahun 2022 ini yang dapat penulis paparkan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagai para pembaca sekalian.