Jenis Tanaman Dalam Ruang Paling Oke


Jenis Tanaman Dalam Ruang Paling Oke 1

Menanam tumbuhan didalam ruangan kini mulai menjadi trend. Banyak orang kini mulai mengerti manfaat menanam tumbuhan didalam ruangan. Selain bisa untuk membersihkan udara, juga menghilangkan tekanan batin manusia.

Sebenarnya ada banyak jenis tanaman dalam rumah yang mudah dipelihara. Tak menyita waktu banyak untuk kita yang sudah sibuk dengan berbagai urusan. Berharga murah pula dan tak banyak memakan ruang di rumah sempit khas perkotaan.

Tanaman Kecil

Salah satunya merupakan jenis sanseivera. Tanaman yang kerap disebut dengan nama lidah mertua ini, memang terkenal bandel. Dengan tubuh tegak seperti lidah kaku, sanseivera bisa hidup dengan air yang sangat minim. Tak sulit merawatnya, cukup tanam ditanah dalam pot, dan siram sesekali dalam tempo 2-3 hari.

Jenis lain adalah kaktus. Siapa saja pasti pernah mendengar tumbuhan khas padang pasir ini. Jadi jelas kaktus tak membutuhkan perawatan khusus untuk tetap bertahan hidup. Uniknya kaktus, malah akan membusuk bila disiram terlalu sering. Jadi siram kaktus dengan air hanya 2 kali seminggu, sudah cukup.

Sanseivera atau lidah mertua sangat cocok didalam ruangan karena bisa menyerap udara kotor yang ada. (dok. deskplant)
Sanseivera atau lidah mertua sangat cocok didalam ruangan karena bisa menyerap udara kotor yang ada. (dok. deskplant)

Berdaun Lebar

Tak ingin tumbuhan berbadan kecil? Bisa memilih jenis monstera, agleonema dan philodendron. Namanya terdengar aneh, tapi sebenarnya sangat bersahabat dengan manusia. Seperti jenis monstera. Disebut seperti itu karena tumbuhan ini memiliki daun lebar dan besar, seperti monster daun. Perawatan monstera tak ribet. Cukup taruh batang monstera yang sudah berdaun besar didalam wadah berair. Diamkan saja, ia tetap akan tumbuh segar. Sesekali perhatikan debit air didalam wadah, bila berkurang tinggal diisi ulang.

Jenis lain merupakan agleonema. Tumbuhan ini memiliki daun lumayan besar dengan warna putih dan hijau. Tanaman ini membutuhkan tanah sebagai media tumbuh. Namun tak perlu sering-sering disiram. Cukup memberi air 2-3 hari sekali, dan percikan air juga di daun. Agleonema tetap tumbuh meski didalam ruangan.

Philodenderon Brazil yang kini makin banyak diminati. (dok. shopterrain.com)
Philodenderon Brazil yang kini makin banyak diminati. (dok. shopterrain.com)

Bagaimana dengan philodenderon. Tumbuhan ini berkarakter merambat, namun tetap membutuhkan tanah sebagai media tumbuh. Taruh philodendron dalam pot yang bisa digantung. Isi pot dengan tanah dan tanaman philodendron didalamnya. Siram sesekali philodendron setiap minggu. Tumbuhan ini akan terlihat menarik bila daun-daun yang merambat sudah mulai rimbun. Menjuntai-juntai, mengisi ruang kosong disudut ruangan.

Nah, itu beberapa jenis tanaman didalam ruangan yang bisa dipelihara. Tak sulit mendapatkan dan mengurusnya. Tinggal kita saja menyempatkan sedikit waktu tiap minggunya. Sedikit waktu yang akan sangat menguntungkan secara lahir batin. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap