Joe Biden, Presiden Amerika Serikat ke-46 Mengalahkan Donald Trump

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat ke-46 Mengalahkan Donald Trump 1

Joe Biden, yang memiliki nama lengkap Joseph Robinette Biden, merupakan politisi asal Amerika Serikat yang tergabung dalam Partai Democratic. Ia lahir di Scranton, Pennsylvania, AS pada 20 November 1942.

Joe Biden baru-baru ini terpilih menjadi presiden AS ke-46 mengalahkan petahana saat ini, Donald Trump. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai wakil presiden Amerika Serikat. Sebagai wakil presiden, ia berpasangan dengan presiden Barack Hussein Obama selama dua periode, yakni dari tahun 2008 hingga 2016.

Sempat Menjadi Pengacara & Senator

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat ke-46 Mengalahkan Donald Trump 3

Sebelum menjadi presiden terpilih Amerika Serikat saat ini, Joe Biden pernah mengenyam pendidikan sarjana hukum di Syracuse University, New York, AS pada 1968 silam. Setelah lulus kuliah, Biden sempat bekerja sebagai pengacara di New Castle pada 1970 hingga 1972.

Setelah menjadi pengacara, ia mulai melirik jalan karir lain dalam ranah politik. Ia pun mencalonkan diri sebagai senator dari negara bagian Delaware pada 1972. Waktu itu, Joe Biden baru berumur 29 tahun dan terpilih sebagai senator. Pencapaian ini menjadikan Biden sebagai senator termuda kelima dalam sejarah.

 

Dua Periode Bersama Obama

Pada 2008 lalu, Joe Biden dan Barack Obama mencalonkan diri sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Amerika Serikat. Biden dan Obama pun berhasil memenangkan kontestasi pemilihan presiden mengalahkan pasangan John McCain dan Sarah Palin dari kubu Partai Republican. Biden resmi menjadi wakil presiden Amerika Serikat ke-47.

Setelah menjalankan periode pertamanya bersama Obama selama empat tahun, Biden dan Obama kembali mencalonkan diri untuk periode keduanya. Pada November 2012, pasangan Biden dan Obama kembali meraih kemenangan setelah mengalahkan pasangan Mitt Romney dan Paul Ryan dari Partai Republican.

 

Jadi Presiden Amerika Serikat di Usia 78 Tahun

Pada 2020, Joe Biden kembali mencalonkan diri dalam kontestasi pemilihan presiden Amerika Serikat. Namun, kali ini ia tidak mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Joe Biden kini bersaing untuk mendapatkan kursi presiden Amerika Serikat melawan Donald Trump.

Joe Biden berpasangan dengan Kamala Harris, politisi wanita kulit hitam keturunan Afrika-Amerika dari Partai Democratic. Dari penghitungan suara hingga saat ini, Biden dan Harris telah resmi terpilih sebagai presiden dan wakil presiden Amerika Serikat mengalahkan Donald Trump. Kemenangan tersebut dipastikan dengan jumlah electoral votes Biden-Harris yang mencapai lebih dari 270.

Jika Joe Biden nantinya telah resmi dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-46, maka Biden akan memecahkan rekor sebagai presiden AS tertua yang pernah dilantik. Ketika Biden dilantik nanti, ia akan menginjak umur 78 tahun, usia yang terbilang tua untuk seorang presiden.

Kebalikan dari Joe Biden, sejarah mencatat presiden termuda AS yang pernah dilantik adalah John F. Kennedy, yang saat itu berumur 43 tahun ketika dilantik. Barack Obama berumur 47 tahun ketika dilantik sebagai presiden Amerika Serikat. Presiden sebelumnya, Donald Trump dilantik sebagai presiden pada usia 70 tahun.

Sebagai presiden baru Amerika Serikat, menarik untuk melihat perjalanan Joe Biden dalam memimpin Amerika Serikat. Akan seperti apa negara adidaya tersebut nantinya selama empat tahun ke depan?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

fadhli