Jus dan Smoothies, Dua Minuman Menyehatkan yang Sering Dianggap Sama

Jus dan Smoothies, Dua Minuman Menyehatkan yang Sering Dianggap Sama

Tidak sedikit dari kita yang masih sering keliru membedakan jus dengan smoothies. Jus dan smoothies memang terlihat mirip, sehingga banyak yang mengira bahwa kedua minuman menyehatkan ini sama saja. Padahal, jus dan smoothies adalah dua minuman yang berbeda, mulai dari cara pengolahan hingga kandungan manfaatnya.

Perbedaan yang paling mencolok antara jus dan smoothies adalah teksturnya. Jus memiliki tekstur yang lebih cair karena buah atau sayur yang sudah diblender kemudian disaring untuk mendapatkan sari-sarinya, sedangkan smoothies memiliki tekstur yang lebih kental karena buah atau sayur yang sudah diblender, ampasnya tidak dibuang (tidak melewati proses penyaringan), sehingga akan terasa padat saat diminum.

Selain dari segi tekstur, jus dan smoothies memiliki banyak perbedaan lain, diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga  5 Resep Jus Sayur dan Buah Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Cara Pengolahan

Jus dibuat dengan cara memblender buah atau sayur, kemudian buah atau sayur yang sudah diblender tersebut disaring untuk diambil sari-sarinya. Smoothies dibuat dengan cara memblender buah atau sayur tanpa membuang ampasnya. Biasanya, untuk membuat smoothies, bisa ditambah bahan-bahan lain seperti susu, yoghurt, coklat, dan sebagainya yang dapat membuat tekstur smoothies semakin padat.

2. Kandungan

Meski sama-sama terbuat dari buah atau sayuran, jus dan smoothies ternyata memiliki kandungan yang berbeda, lho. Jus memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih banyak daripada smoothies karena jus hanya mengambil sari-sari dari buah atau sayuran yang diblender, sehingga untuk mendapatkan satu gelas jus membutuhkan lebih banyak buah atau sayuran. Jus dan smoothies juga memiliki kandungan serat yang berbeda. Smoothies memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada jus karena buah atau sayuran yang diblender tidak dibuang ampasnya. Ampas dari buah atau sayur tersebutlah yang membuat smoothies memiliki kandungan serat yang tinggi.

Baca juga  9 Minuman Ala Starbucks yang Dapat Anda Buat Sendiri di Rumah

Selain itu, jus dan smoothies juga memiliki kandungan kalori yang berbeda. Pada umumnya, jus memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada smoothies karena jus biasanya hanya diberi tambahan sedikit gula, sedangkan smoothies biasanya ditambah banyak bahan, seperti susu, yoghurt, atau coklat, agar teksturnya semakin kental. Bahan-bahan tersebutlah yang membuat kadar kalori pada smoothies bertambah.

3. Manfaat

Perbedaan tekstur dan kandungan yang dimiliki jus dan smoothies membuat jus dan smoothies juga memiliki manfaat yang berbeda. Tekstur jus yang lebih cair dan memiliki kandungan vitamin serta mineral yang lebih tinggi daripada smoothies membuat jus dapat memberikan suntikan energi yang lebih cepat untuk tubuh. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi jus, dapat membuat peredaran darah menjadi lancar dan dapat membuat kulit tampak awet muda.

Baca juga  5 Minuman di Pagi Hari yang Sehat Buat Tubuh Kamu

Smoothies memiliki tekstur yang kental dan padat serta memiliki kandungan serat dan kalori yang lebih banyak daripada jus, membuat smoothies lebih dapat diandalkan untuk dikonsumsi ketika perut lapar. Tekstur dan kandungan smoothies tersebut juga dapat  membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kandungan yang dimiliki smoothies juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif menu sarapan dan menu diet dengan catatan buah atau sayuran dan bahan-bahan pelengkap smoothies harus diperhatikan kadar kalorinya.

Meski ternyata jus dan smoothies merupakan dua minuman yang berbeda, akan tetapi kedua minuman tersebut tetap baik dikonsumsi oleh tubuh asalkan masih dalam batas wajar. Agar tidak cepat bosan mengonsumsi minuman menyehatkan ini, kamu dapat membuat olahan jus dan smoothies secara bergantian.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh