Kalau Stress Ikut Terapi Air Dingin Saja


Kalau Stress Ikut Terapi Air Dingin Saja 1

Bagi orang-orang yang sering bepergian ke daerah pegunungan, pasti sering menjumpai air dingin. Air sedingin es yang bikin badan malas bergerak. Boro-boro berenang didalamnya, menyentuh sedikit saja malasnya luar biasa. Tapi siapa sangka, ternyata berenang di air dingin kini menjadi terapi untuk orang-orang menghadapi kemungkinan stress.

Dr Zoe Williams dalam siaran BBC internasional menyarankan kemungkinan tersebut. Dalam paparannya ia menjelaskan beberapa teori mengenai terapi air dingin, yang mana sangat dimungkinkan membuat tubuh makin kuat menghadapi stress.

“Air dingin membuat tubuh menjadi kaget, atau secara sains air dingin memunculkan respon stress kecil. Respon itu bisa terjadi dimana saja, tak hanya di air dingin, tapi bisa saja saat kita telat naik pesawat atau sedang berargumentasi, atau masuk menjadi murid baru di sekolah baru”, papar Williams.

Banyak atlet yang kini juga menggunakan terapi air dingin untuk melemaskan otot tubuh yang tegang karena berolahraga. (dok. bolatory)
Banyak atlet yang kini juga menggunakan terapi air dingin untuk melemaskan otot tubuh yang tegang karena berolahraga. (dok. bolatory)

Stress kecil yang muncul itu yang kemudian bisa digunakan untuk mempersiapkan tubuh menghadapi stress yang lebih besar. “Sebagai manusia kita didesain untuk menghadapi berbagai kondisi tak menentu. Mungkin itu kita hadapi setiap hari. Namun kalau itu terjadi tiap hari bisa saja malah menjadi jenis penyakit berat seperti diabetes, serangan jantung atau masalah kesehatan mental.

Disinilah terapi air dingin bisa membantu. “Mungkin kita berpikir sangat menyesal saat mulai masuk dan berenang di air dingin. Membuat tubuh menjadi aneh, menimbulkan perasaan tak menentu. Takut ini atau itu terjadi pada tubuh”.

Terapi air dingin lebih ekstrem bisa dilakukan di daerah danau es. (dok. Ohio State University)
Terapi air dingin lebih ekstrem bisa dilakukan di daerah danau es. (dok. Ohio State University)

Namun itulah saat penting yang dibutuhkan tubuh. Ketika segala hal ternyata berjalan normal, maka tubuh akan mengingatnya secara baik. Sebagai catatan bahwa apapun perubahan yang terjadi tak selamanya menimbulkan dampak merugikan. Sebab bisa saja, goncangan kecil yang ada ternyata tubuh bisa beradaptasi, atau justru membuat tubuh lebih kuat dari sebelumnya.

“Ingatan tentang hal tersebut yang akan membentengi diri kita dalam menghadapi serangan stress yang lebih besar. Dimana otak kita akan terus teringat memori bahwa kita akan bisa kuat menghadapi sebuah goncangan kecil.”

Jadi bisa dibayangkan kalau kita sering melakukan hal itu. Sering-sering menjalani terapi air dingin. Makin lama tubuh kita akan terbiasa. Makin lama tubuh dan otak akan makin kuat dalam menghadapi goncangan hidup. Terutama goncangan secara mental, yang kadang membuat hidup terasa seperti neraka.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap