Kaledeiskop Jesse Ellis Lingard 1992-2021


Kaledeiskop Jesse Ellis Lingard 1992-2021 1

Dunia mendadak diramaikan aksi pemain sepakbola klub westham united asal inggris, Jesse Ellis Lingard. Pemain 28 tahun itu menjadi terkenal saat dirinya meraih debut fantastisnya bersama The Hammer.

Pemain ini yang dipinjam dari Manchester United menunjukkan kualitas terbaiknya saat menciptakan dua gol kemenangan bagi westham united dengan debut perdananya. Namun pemain ini punya kisah tahun demi tahun. Berikut kaledeiskop pemain berjuluk Lord Lingard.

1992

Lingard kecil
Lingard kecil

Kota Warrington Chesire, Inggris menjadi saksi dilahirkannya anak bernama Jesse Allis Lingard. Lord lahir pada tanggal 15 Desember 1992. 

1992-1998

Dia disekolahkan orangtuanya di Sekolah Menengah William Beamont, yang terletak antara Kota Liverpool dan Manchester. Dari situlah bakat sepakbolanya mulai kelihatan saat balita. Ia unggul dalam hal sepakbola, lalu orangtuanya membawanya ke Penketh United Akademi. Dia memiliki kaki kidal dan terkenal anak yang pemberani.

1999-2010

Lingard muda
Lingard muda

Dia masuk ke Akademi Sepak Bola Manchester United usia 7 tahun. Dan masuk kelompok umur sampai akhirnya masuk skuad muda Manchester United. 

2011

Lingard bersama paul pogba
Lingard bersama paul pogba

Tahun 2011 awal karir profesional Lingard di sepak bolanya. Dia sukses mencetak gol pertama di tim senior Manchester United, setelah satu golnya membawa kemenangan setan merah atas Crystal Palace di Final Piala FA Muda musim 2010/2011.

Lingard bersama Paul Pogba yang juga skuad muda MU kala itu, sukses menjalankan tugas dengan apik. Selain itu Lingard juga terpilih masuk dalam skuad Britannia u 17 bersama timnas inggris kala itu.

Lingard pertama kali dimasukkan ke tim utama pada 20 November 2011. Pada Musim Liga Inggris 2011/2012, Lingard hanya dipanggil dua kali masuk ke tim utama.

2012-2013

Lingard saat berkostum Leicester
Lingard saat berkostum Leicester

Pada 6 November 2012, Lingard dan skuad muda MU lainnya Michael Keane dipinjamkan ke klub Leicester City dengan durasi satu bulan. Kemudian masa peminjamannya ditambah sampai 2 Januari 2013 dengan mengoleksi lima tampilannya di Leicester.

2013

Lingard di skuad MU
Lingard di skuad MU

Pada musim 2013/2014, Lingard dimasukkan ke dalam tur pramusim Manchester United. Lingard ikut dalam 19 pemain yang diusung David Moyes kala itu. Dia sukses membukukan gol pertama sekaligus gol keduanya di pertandingan ujicoba melawan A-League All Stars di Sydney, Australia, pada 20 Juli 2013.

Pada laga persahabatan pramusim tersebut, Lingard sukses menjadi pencetak gol terbanyak dengan raihan empat gol, dua gol yang lain saat menghadapi klub Jepang Yokohama Marinos dan klub Hongkong Kitchee SC.

Lingard saat berkostum Birmingham City
Lingard saat berkostum Birmingham City

Alih-alih tetap bertahan di MU, Lingrad justru dipinjamkan kembali ke klub inggris lainnya, Birmingham City dengan durasi satu bulan. Lingard bernasib baik, saat dirinya masuk sebagai starter saat lawan Sheffield Wednesday dua hari kemudian. Dia bahkan membuat empat gol fantastis saat Birmingham menang 4-1, kontraknya diperpanjang sampai 14 Desember 2013. 

2014

Lingard saat berkostum Brighton and Hove Albion
Lingard saat berkostum Brighton and Hove Albion

Namun Moyes kembali menarik Lingard ke skuad utama MU, dan bersiap menghadapi Swansea City pada 11 Januari 2014. Lingard kembali harus pusing, pasalnya pada 27 Februari 2014, Lingard kembali dipinjamkan ke klub kasta dua , Brighton and Hove Albion dengan masa pinjaman 93 hari. Lalu ia menorehkan gol pertamanya pada 8 April 2014, saat dirinya melawan mantan klubnya, yakni Leicester City. Selama di Brighton, Lingard menjalani 17 kali penampilan, dan menorehkan empat gol.

Kemudian MU diambil alih oleh pelatih kawakan Louis van Gaal, nama Lingard pun kembali diikutkan di tur pramusim MU. Ia pun sukses tampil apik di tur tersebut, dengan mencetak gol di final International Champions Cup kontra Liverpool pada 4 Agustus 2014. 

2015

Lingard saat berkostum Derby County
Lingard saat berkostum Derby County

Awal tahun 2015, lagi-lagi Lingard harus terombang-ambing, saat tanggal 2 Februari 2015, dirinya kembali dipinjamkan ke klub Derby County dengan masa pinjaman sampai akhir musim.

Lingard cetak gol ke gawang West Bromwich Albion
Lingard cetak gol ke gawang West Bromwich Albion

7 November 2015, Lingard mencetak gol pertama untuk tim senior Man United dalam kemenangan 2-0 atas West Bromwich Albion di Old Trafford. Pada 16 November 2015, untuk pertama kalinya Lingard dipanggil memperkuat timnas senior Inggris dan masuk dalam pertandingan uji coba saat melawan Prancis, meskipun ia tak dimainkan.

2016

Lingard saat merayakan juara Piala FA 2016
Lingard saat merayakan juara Piala FA 2016

Kemudian pada 21 Mei 2016, Lingard kembali menorehkan gol penting MU di final Piala FA saat lawan Crystal Palace, ketika dirinya masuk di paruh kedua menggantikan pencetak gol MU lainnya, yakni Juan Mata. Ia juga membuat gol saat FA Community Shield tahun 2016.

Lingard berkostum timnas inggris saat lawan Malta
Lingard berkostum timnas inggris saat lawan Malta

Sementara di timnas inggris, Lingard sukses menjalani debut pertamanya di skuad britannia senior saat melawan Malta pada Oktober 2016.

2017

Lingard saat menandatangani kontrak baru dengan MU
Lingard saat menandatangani kontrak baru dengan MU

Pada 6 April 2017, Lingard kembali meneken kontrak baru dengan MU dengan masa kontrak empat tahun. saat musimnya di MU berjalan kembali, di musim itu ia sukses menorehkan tujuh gol yakni musim 2017-2018. Ia juga sempat membukukan gol penting pada final Piala Liga pada tahun 2017 saat melawan Southampton dengan kemenangan 3-2. 

2018

Lingard vs Belanda
Lingard vs Belanda

 Lingard masuk ke skuad utama inggris pada piala dunia 2018 dibawah asuhan Gareth Southgate. Gol pertamanya di timnas senior inggris tercipta pada 23 Maret 2018 dengan hasil Inggris menang atas Belanda dalam pertandingan uji coba tersebut.

Gol Lingard ke gawang Panama Piala Dunia 2018
Gol Lingard ke gawang Panama Piala Dunia 2018

Lingard sukses mencetak gol pertamanya di kompetisi bergengsi dunia pada 24 Juni 2018 atas kemenangan besarnya 6-1 atas timnas Panama.

2019

Selebrasi Lingard usai cetak gol
Selebrasi Lingard usai cetak gol

Di tahun 2019 ia mencatatkan 36 penampilannya di semua kompetisi untuk MU, dan menorehkan empat gol di Liga, 1 gol di piala FA. 1 gol di Piala Liga. 

2020

Ekspresi kesedihan Lingard
Ekspresi kesedihan Lingard

Musim 2019-2020 merupakan catatan buruk bagi MU. Dari 11 pertandingan MU hanya mampu meraih 13 poin dan terpaksa duduk di posisi kesepuluh Klasemen Premier League. Pemain mudanya Jesse Lingard juga harus menaggung kesalahan. Ia belum berkontribusi banyak untuk tim.

Nasib Lingard kian menyedihkan, kala sang Pelatih Ola Gunnar Solkjaer berencana akan menjual Lingard ke klub lain pada bursa transfer musim panas 2020/2021, karena dianggap tidak memberikan kontribusi berati bagi tim.

Masa kontrak Lingard berakhir pada Juni 2021. Sementara sang Pelatih juga tak memberikan lagi membutuhkan Lingard di skuad utamanya. Bahkan pada musim 2020/21 ini, Lingard tak sekalipun diturunkan oleh Solkjaer. Ia hanya diturunkan dua kali saat ajang Carabao Cup, dan satu kali di ajang Piala FA.

2021

Lingard usai cetak dua gol debutnya bersama Westham United
Lingard usai cetak dua gol debutnya bersama Westham United

Tahun ini nama Jesse Allis Lingard mendadak terkenal kala dirinya keluar dari MU dan dipinjamkan ke Westham United. Dengan durasi sampai akhir musim ini, ia melakoni debutnya dengan manis bersama The Hammer, tak tanggung-tanggung, mencetak dua gol kemenangannya atas Aston Villa di Villa Park. Gol debutnya bersama Westham kian banyak diperbincangkan, berkat aksi dua gol bracenya ke gawang Aston Villa.

Lingard saat bertemu David Moyes
Lingard saat bertemu David Moyes

Hal ini juga menjadi momen terbaik Lingard, saat dirinya bisa bertemu kembali dengan sang Pelatih. Selain melakoni debutnya yang manis, ia sangat senang bisa kembali bertemu dengan eks pelatihnya di MU, David Moyes. Dia tahu bagaimana Moyes mengetahui kualitas dirinya, dan berjanji akan bekerja keras membawa Westham ke papan atas.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap