Kamu Punya Kucing? Ketahui 5 Manfaat Sterilisasi Kucing Ini!

Kamu Punya Kucing? Ketahui 5 Manfaat Sterilisasi Kucing Ini!

Kucing adalah hewan yang umum dijadikan peliharaan. Perawakan dan tingkahnya yang menggemaskan membuat hewan yang satu ini dapat memikat siapapun yang melihatnya. Jika kamu salah satu pemelihara kucing, pernahkah mendengar istilah sterilisasi?

Sterilisasi atau yang awam disebut dengan kebiri, adalah suatu proses pengangkatan organ reproduksi hewan sehingga tidak lagi dapat menghasilkan keturunan. Dari pengertian tersebut, memang terdengar agak kejam. Namun, sterilisasi hewan, khususnya kucing, mendatangkan banyak sekali manfaat, baik bagi kucing itu sendiri maupun pemilik.

Baca juga  Waspadai 7 Gejala Gangguan Kesehatan Ini Pada Kucing Peliharaan Kamu

Jika kamu masih ragu untuk mensterilisasi kucingmu, yuk simak 5 manfaat sterilisasi kucing berikut!

1. Cegah Over Populasi Kucing

Pasti kamu seringkali menemui kucing liar di jalanan, bukan? Dalam sekali melahirkan, seekor kucing betina dapat melahirkan dua hingga enam ekor kucing. Coba bayangkan jika kucing liar yang tidak memiliki tempat tinggal tadi melahirkan, pasti anak-anaknya akan ikut terlantar. 

Baca juga  Mengapa Kucing Selalu Mendarat Dengan Kakinya?

Bayangkan pula jika yang melahirkan adalah kucingmu. Apakah kamu akan sanggup merawat anak-anak kucing tersebut? Belum lagi, seiring berjalannya waktu, anak dari kucingmu akan melahirkan juga. Maka kemungkinan besar, akan banyak kucing yang tidak terurus. Dan pastinya hal tersebut berakibat pada bertambahnya populasi kucing.

Baca juga  5 Fakta Pulau Aoshima, Pulau Dengan Kucing Terbanyak di Jepang

Manfaat sterilisasi kucing yang paling utama adalah mencegah terjadinya over populasi kucing. Dengan sterilisasi kucing, maka jumlah kucing dapat ditekan dan jumlah kucing yang terlantar pun akan ikut berkurang.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Diva