Kapal Selam Alugoro Tercanggih di Indonesia, Seharga 1,5 Triliun

Kapal Selam Alugoro Tercanggih di Indonesia, Seharga 1,5 Triliun 1

Kapal selam merupakan kapal yang bergerak dan beroperasi di bawah permukaaan air. Kapal ini biasanya punya tujuan untuk kepentingan militer serta untuk kepentingan penelitian ilmu pengetahuan di dalam zona air laut, dengan mendeteksi ilmu tentang tentang kelautan. Di Indonesia sendiri Jenis Kapal selam lebih difungsikan untuk kepentingan militer, utamanya difungsikan untuk kepentingan TNI Angkatan Laut Indonesia.

Alugoro-405
Alugoro-405

Kapal selam yang baru-baru ini diperkenalkan bernama Alugoro-405 daan merupakan kapal selam termasuk alutsista milik TNI Angkatan Laut. Alugoro merupakan kapal selam jenis ketiga yang dipesan Indonesia, sebelumnya ada nama Kapal Selam KRI Nagapasa 403 dan KRI Ardadeli 404.

Kapal selam alugoro
Kapal selam alugoro

Kapal selam Alugoro tentunya lebih canggih dari kapal selam sebelumnya. Nama Alugoro 405 sendiri diambil dari tokoh pewayangan yakni Prabu Baladewa yang terkenal jujur, adil, dan tegas yang memiliki senjata atau dalam bahasa jawa Godo bernama Alugoro.
Alugoro sendiri dikenal mempunyai kekuatan untuk memusnahkan yang berbentuk Godo dengan kedua ujungnya berbentuk lancip. Dari situlah muncul nama Kapal selam ketiga bernama Kapal Selam Alugoro. Alugoro mampu menyelam dibawah permukaan air laut di kedalaman 300 meter.

Diesel Electric Submarine
Diesel Electric Submarine

Kapal selam ini memiliki spesifikasi mesin “Diesel Electric Submarine U209/1400” ( KSDE U209 Chang Bogo Class). Alugoro sendiiri mempunyai dimensi dengan panjang 61 meter dengan beban beeat 1.460 ton saat di permukaan laut, sementara dengan berat 1.595 ton saat berada di dalam laut.

Alugoro-405
Alugoro-405

Kapal Selam ini merupakan hasil kerjasama antara PT PAL dengan Perusahaan Korea, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan. Alugoro mampu melaju dengan kecepatan yakni 21 knot atau saat berada di bawah permukaan air, kemudian 12 knot pada saat di permukaan air, dan mampu memuat 40 anggota.

Kapal selam ini memiliki kecepatan jelajah selama lima puluh hari dan memiliki waktu hidup selama 30 tahunan. Kapal selama ini sejak Desember 2020 masih berada di galangan Kapal PT PAL Surabaya, Jawa Timur untuk segera diserahkan ke Kementrian Pertahanan Indonesia. Kapal selam Alugoro ditaksir seharga 1.5 triliun, namun dengan teknologi lebih canggih dari sebelumnya.

Alugoro dirakit oleh PT PAL
Alugoro dirakit oleh PT PAL

Pencapaian ini merupakan pencapaian luar biasa Indonesia sebagai satu-satunya negara di wilayah Asia Tenggara yang sanggup merakit kapal selam. Proses merakit Kapal Selam Alugoro itu sendiri oleh PT PAL Surabaya melalui proses lumayan lama atau setidaknya dirakit dalam kurun waktu sejak 2019 sampai dengan tahun 2020 atau selama kurun waktu satu tahun.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS