Kapan Indonesia Bisa Bebas dari Corona?

Kapan Indonesia Bisa Bebas dari Corona? 1

Pastinya, banyak dari kita yang mengharapkan bahwa kita semua terbebas dari Corona dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Banyak orang yang sangat merindukan teman, keluarga dan orang terdekatnya tetapi tidak bisa bertemu karena adanya pandemi. Jawaban dari pertanyaan ini tergantung dari sikap dan perilaku kita semua sebagai masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, jadilah masyarakat yang pintar dan patuh terhadap aturan yang berlaku. Saat ini, beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah sedang mengalami peningkatan kasus. Itu bukan sepenuhnya kesalahan pemerintah, melainkan kita sebagai masyarakat yang terlalu abai dan tidak mematuhi peraturan.

Kapan Indonesia Bisa Bebas dari Corona? 3

Padahal, negara kita belum 100% pulih dan perlu proses untuk bisa terbebas dari situasi pandemi ini. Beberapa masyarakat yang sudah divaksin merasa bahwa dirinya sudah aman dan tidak perlu menaati peraturan dan beberapa lagi ada yang menganggap sepele dan mengatakan bahwa mereka kebal dari pandemi.

Sangat disayangkan bahwa pemikiran seperti itu masih ada di benak masyarakat Indonesia. Pemerintah sudah memberikan peraturan yang sangat jelas dan banyak pihak yang selalu mengingatkan kita untuk tetap mengikuti protokol kesehatan. Sebenarnya, jika kita ingin terbebas dari pandemi ini adalah taat dan konsisten.

Protokol kesehatan yang dilakukan juga bukanlah hal yang sulit dilakukan. Seperti misalnya menggunakan masker dengan baik dan benar, menjaga jarak dan sering mencuci tangan setiap kali berkunjung atau berpindah tempat. Sehabis berpergian juga tidak ada salahnya untuk segera mandi dengan bersih dan mengganti pakaian yang kotor.

Kapan Indonesia Bisa Bebas dari Corona? 4

Herannya, masyarakat Indonesia mulai merasa hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi karena menganggap pandemi itu sudah biasa. Kalau sudah begini, sampai kapan negara kita akan sembuh? Banyak sekali masyarakat ketika diperingatkan malah marah padahal hal tersebut dilakukan untuk kebaikan bersama.

Jika kita semua taat dan sadar akan pentingnya menjaga diri dan kesehatan, maka percayalah Indonesia akan cepat pulih dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Bayangkan jika kita patuh dengan menggunakan masker, tidak berkerumun selalu menajaga kebersihan tubuh dan menjaga jarak maka ketika Indonesia dinyatakan pulih kita semua akan bisa kembali bertemu muka dengan muka dan bekerja maupun sekolah seperti sedia kala. 

Kapan Indonesia Bisa Bebas dari Corona? 5

Saling ingatkan satu sama lain untuk menahan diri dari melanggar protokol kesehatan. Dan sebisa mungkin untuk meminimalisir kegiatan keluar rumah. Jika ada hal yang sangat penting sehingga perlu keluar rumah seperti misalnya karena pekerjaan atau ingin ke rumah sakit maka jangan lupa untuk mengikuti aturan.

Bagi yang bekerja dan perlu ke luar rumah maka harus membawa surat kerja dari perusahaan. Tidak lupa untuk selalu menggunakan masker dan sebisa mungkin membawa hand sanitizer. Selain itu, ketika kita bekerja di luar rumah dan berbincang dengan atasan maupun rekan kerja jangan sekali-kali untuk melepaskan masker (kecuali hendak makan dan minum) karena ketika sedang berbincang kebanyakan orang malah melepaskan masker dan lupa untuk memakai kembali.

Sehabis pulang kerja, langsung mandi dan bawa pakaian kotor ke dalam mesin cuci dan kemudian pakailah pakaian yang bersih. Ketika di rumah ingatkan diri anda sendiri dan anggota keluarga untuk hidup sehat seperti minum air putih yang banyak, mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat dan olahraga yang cukup. Sebaiknya konsumsilah air putih hangat untuk mendetoks racun yang ada di tubuh kita. 

Kapan Indonesia Bisa Bebas dari Corona? 6

Selain menjaga kesehatan fisik, di saat pandemi seperti ini penting juga untuk menjaga kesehatan mental. Untuk mengobati rasa bosan dan penat saat di rumah saja, maka kita bisa berkumpul dengan keluarga dan teman melalui aplikasi online seperti Zoom, Ms. Teams atau Google Meets.

Selain berkomunikasi dengan orang terdekat, kita bisa lakukan hobi bersama keluarga di rumah. Banyak hobi yang bisa dilakukan seperti misalnya bernyanyi bersama, memasak bersama atau bahkan menanam tumbuhan bersama. Saat pandemi, ada banyak sekali kegiatan yang bermanfaat untuk menghilangkan penat.

Kapan Indonesia Bisa Bebas dari Corona? 7

Beberapa orang menggunakan waktu di rumahnya untuk berjualan secara online dan beberapa lagi ada yang mengakrabkan diri dengan keluarga dengan cara bercerita satu sama lain. Jika di rumah bersama keluarga, jangan lupa untuk saling mendoakan satu sama lain dan juga doakan negara kita agar segera pulih. Percayalah bahwa Yang Maha Esa akan merestui kita untuk kembali bersama di waktu yang tepat. Stay safe dan stay healthy. 


Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.