Kapan Sih Usia Ideal Anak Untuk Mengenal Gadget ?

Kapan Sih Usia Ideal Anak Untuk Mengenal Gadget ?

Penggunaan gadget untuk anak saat ini menjadi dilema bagi orang tua. Di zaman serbah canggih seperti sekarang, gadget telah menjadi kebutuhan. Dilema yang terjadi adalah anak-anak akan menjadi candu terhadap gadget, namun disatu sisi gadget merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat yang tidak bisa dipisahkan lagi. 

Dalam wawancara Bill Gates pernah menegaskan bahwa anak tiak seharusnya diberikan gadget sebelum usia 14 tahun. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa usia ideal anak untuk diberikan gdget adalah 12 tahun. Kemudian muncul pertanyaan “bagaimana jika mereka melihat teman nya menggunakan gadget?”. Tidak memberikan gadget kepada anak bukan berarti tidak memberi nya akses sama sekali terhadap internet dan berbagai perkembangan nya, sebab pada dasar nya tidak ada aturan baku mengenai penggunaan gadget untuk anak. Hanya saja pada usia tertentu orang tua perlu menyaring asupan internet yang didapatkan oleh anak. Lalu apa yang bisa orang tua lakukan?

Sebagai orang tua, kamu bisa menerapkan beberapa aturan kepada anak. Selain agar anak tidak kencanduan gadget, dengan memberi aturan orang tua akan lebih mudah untuk mengontrol apa yang anak-anak tonton dan mengajarkan mereka disiplin serta tangung jawab. Berikut adalah aturan yang bisa diterapkan untuk anak !

1. Tidak memberikan ponsel pribadi kepada anak sebelum menginjak usia 14 tahun.

2. Memberikan screen time untuk anak.

3. Tidak boleh membawa ponsen saat sedang makan dan saat akan tidur.

4. Wajib mengontrol apa yang anak tonton. Bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi seperti youtube kids, Lingokids, Kiddle dan masih banyak aplikasi lain nya yang aman dari konten negatif untuk anak.

5. Jadikan satu hari dari tujuh hari dalam seminggu sebagai hari bebas gadget.

Orang tua juga harus menerapkan batasan pada diri sendiri agar dicontoh oleh anak. seperti tidak bermain gadget terlalu sering didepan anak, apa lagi sampai membawa nya kemeja makan. Memberikan ponsel sebagai reward juga tidak disarankan. Memberikan ponsel sebagai reward akan membuat anak berpikir bahwa mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan bila berbuat baik, kemudian anak-anak akan berbuat baik dengan harapan mendapat imbalan.

Dalam praktek nya pasti akan sedikit sulit apa lagi pada anak yang sudah terlanjur terpapar gadget. Tapi ngak pernah ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik ..!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lingga Kaori