Karir

Wajib Tahu! Ini 4 Syarat Daftar Bidikmisi Untuk Kamu Para Pelajar Yang Bisa Dijadikan Referensi

bidikmisi

Pada saat memasuki semester kedua biasanya di berbagai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas seperti SMA, SMK dan yang setingkat di seluruh Indonesia sudah mulai diumumkan program bea siswa bidikmisi. Program bidikmisi ini khusus ditujukan untuk siswa yang berasal keluarga yang tidak mampu dalam hal keuangan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi namun tidak memiliki biaya.

Segala sesuatu tentang bidikmisi ini termasuk syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh seorang pelajar tingkat SLTA supaya bisa lolos dalam bidikmisi akan diuraikan secara panjang lebar pada pembahasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Bidikmisi

Bidikmisi adalah sebuah program bea siswa yang diberikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemenristekdikti (Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi) dalam bentuk bantuan biaya pendidikan untuk siswa yang duduk di kelas akhir di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Bantuan dari pemerintah berupa bea siswa bidikmisi ini khusus ditujukan untuk siswa akhir di SLTA yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikannya dengan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Bea siswa yang ditawarkan kepada semua lulusan SMA atau SMK atau yang sederajat di setiap tahunnya.

Siswa yang bersangkutan secara ekonomi tidak mampu untuk membayar pendidikannya di perguruan tinggi nantinya padahal secara akademis siswa tersebut mempunyai kemampuan yang baik sehingga sangatlah disayangkan jika keinginannya untuk kuliah tidak kesampaian karena tidak ada biayanya.

Siswa yang dinyatakan lolos menerima bea siswa dari pemerintah berupa bidikmisi nantinya akan menerima bantuan berupa biaya pendidikan, dalam arti tidak akan dikenakan kewajiban untuk membayar biaya kuliahnya dari mulai masuk kuliah sampai dengan kuliahnya selesai tepat waktu.

 

Baca juga  YG Entertainment Telah Memutuskan Kontrak Dengan B.I Dan Mengkonfirmasi Bahwa Dia Akan Meninggalkan iKON

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Di Tahun 2019

Berikut ini disampaikan informasi yang sangat penting mengenai jadwal pendaftaran bidikmisi di tahun 2019 :

∙ Pendaftaran bidikmisi untuk sekolah sudah bisa dimulai dari tanggal 31 Januari 2019 hingga 30 September 2019

∙ Untuk siswanya bisa mulai mendaftar program bidikmisi di sekolahnya masing-masing dari mulai tanggal 1 Februari 2019 hingga 31 Oktober 2019

4 Syarat Pendaftaran Bidikmisi

Siswa yang pada akhirnya dinyatakan lolos dan bisa menerima bea siswa bidikmisi diharuskan memenuhi beberapa persyaratan. Wajib tahu ! Inilah 4 syarat daftar bidikmisi untuk kamu para pelajar yang saat ini tengah duduk di bangku akhir SLTA di tahun 2019 yang bisa dijadikan referensi :

  1. Siswa yang bersangkutan terdaftar sebagai siswa akhir di SMA atau SMK atau yang sederajat yang nantinya akan lulus di tahun 2019. Siswa yang lulus dari SLTA di tahun 2018 masih diperbolehkan mendaftar    
  2. Meskipun berlatar belakang keluarga yang tidak mampu secara ekonomi siswa yang bersangkutan memiliki kemampuan akademis yang baik. Keterbatasan ekonomi orang tuanya harus didukung oleh bukti-bukti yang sah dan otentik. Bukti-bukti yang dimaksud berupa kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIS), penghasilan yang didapatkan kedua orang tuanya atau wali jika digabungkan mencapai 4.000.000 rupiah atau kalau pendapatan kedua orang tuanya atau wali digabungkan dan dibagi jumlah anggota keluarga yang ada maka maksimalnya mencapai nilai 750.000 rupiah.
  3. Dinyatakan lolos dari seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi yang sudah didafta   
  4. Siswa yang mengajukan permohonan untuk memperoleh bea siswa bidikmisi sebelumnya sudah mendaftarkan dirinya terlebih dahulu di sistem bidikmisi dengan cara memasukkan NISN daan NPSNnya yang masih berlaku.

 

 

Related posts
K-PopMusik

10 Member Grup Idol Kpop Yang Paling Sering Dicari di Google Tahun 2019

BeritaK-PopMusik

I.O.I Dikonfirmasi Akan Menunda Comeback Mereka pada Bulan Desember

Film

5 Artis JAV Tercantik 2019

BisnisHewan

Pria Ini Ubah Ban Bekas Menjadi Tempat Tidur Lucu Buat Peliharaanmu