Kata-kata Template yang Sering Kita Jumpai di Webinar

Kata-kata Template yang Sering Kita Jumpai di Webinar

Dewasa ini kita sudah tidak akan asing lagi dengan kata webinar, terlebih untuk para mahasiswa. Zoom meeting, google meeting, google classroom, sudah menjadi makanan sehari-hari untuk mahasiswa angkatan corona. Semenjak memasuki tahun ketiga kuliah saya pun kecipratan untuk merasakan bagaimana rasanya kuliah online—bahkan sampai saat ini. Selain menguras kuota, juga bikin kepala pusing nggak karuan. Malah lebih sering bikin malas-malasan.

Bagi yang belum tahu, webinar alias web-seminar merujuk pada kegiatan seminar yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) alias online yang menggunakan situs web atau aplikasi tertentu berbasiskan internet. Dengan begitu para narasumber dapat menyampaikan materi-materinya kepada audiens dari jarak jauh melalui aplikasi tertentu, misalnya dengan Zoom Meeting yang sudah sering digunakan pada saat ini.

Ada beberapa jenis webinar yang kita kenal, mulai dari sales webinar, profit webinar, dan series webinar. Seperti yang kita ketahui webinar ada yang dilakukan secara gratis adapula yang berbayar. Anak-anak muda biasanya selalu mengikuti webinar dengan tema kewirausahaan, pengembaangan karir, dan beberapa tema pemanfaatan teknologi. Biasanya setelah mengikuti kegiatan webinar, para peserta akan diberikan sertifikat yang dikirim melalui e-mail masing-masing sebagai tanda pernah mengikuti kegiatan webinar tersebut. Saya pun sudah mempunyai beberapa sertifikat webinar (mau sombong dikit).

Meskipun lebih sering menjadi peserta webinar, beberapa kesempatan saya pernah menjadi moderator pada kegiatan webinar meskipun masih dalam lingkup kampus. Meskipun dilakukan secara jarak jauh dan lebih relax, namun tetap saja yang namanya tampil didepan umum walaupun online masih ada gugup-gugupnya. Apalagi kalau muka nggak kekontrol.

Dari sekian webinar yang saya ikuti, saya mendapatkan suatu pola kalimat atau kata-kata yang sama atau serupa yang akan diucapkan oleh para moderator maupun kebiasaan para audiens baik secara langsung on-mic atau di kolom chat karena terkendala jaringan. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan template kalimat webinar di bawah ini.

Pertama. Assalamualaikum, selamat siang teman-teman semua. Terima kasih telah meluangkan waktunya pada hari ini di kegiatan webinar kewirausahaan. Saya ingatkan teman-teman untuk membuka kameranya dan menggunakan virtual background yang sudah dikirimkan oleh panitia ke email masing-masing peserta.

Kedua. Diharapkan kepada teman-teman sekalian untuk mengganti usernamenya dengan format nama yang sudah kita bagikan di kolom chat. Bagi yang belum mengganti usernamenya, diharapkan untuk segera menggantinya agar memudahkan panitia untuk memasukkan teman-teman pada sesi breakout room nanti.

Ketiga. Apa kabar nih temen-temen semua. Kali ini kita udah kedatangan pembicara hebat nih. Kak Joko apakah sudah bergabung dengan kami? Wah, gimana nih kak Joko kabarnya? Oh iya teman-teman karena Kak Joko sudah hadir, jadi kita nggak usah nunggu lama-lama lagi nih buat buka acara pada hari ini. Maka dari itu tempat dan layar saya persilakan pada Kak Joko.

Keempat. Mohon maaf diharapkan teman-teman untuk tidak menyalakan mic nya saat narasumber sedang menyampaikan materinya ya. Maaf Mas Ardi suaranya masih terdengar, dimohon untuk dinonaktifkan terlebih dahulu ya mas.

Kelima. Oke karena sesi materinya sudah selesai, maka saatnya sesi tanya jawab, bagi peserta yang ingin bertanya dipersilakan. Diharapkan yang ingin bertanya untuk langsung raise hand, on-mic dan sebutkan nama serta asal instansinya atau bisa langsung chat saja di kolom chat dengan format yang sudah ditentukan ya.

Keenam. *Di kolom chat : saya izin bertanya kak, maaf belum bisa on-mic dan on-cam dikarenakan kendala jaringan di rumah saya. Sebelumnya perkenalkan saya Imroatus dari Jawa Tengah izin bertanya. Berdasarkan pemaparan kak Joko tadi…

Ketujuh. Bagaimana saudari Inah apakah jawabannya sudah cukup?

Kedelapan. Mohon maaf kak suaranya tidak terdengar. Bisa diulang lagi?

Kesembilan. Ini layarnya belum muncul cuma di saya aja atau yang lainnya juga ya?

Kesepuluh. Terima kasih untuk Kak Joko karena telah selesai menyampaikan materinya sehingga kita mendapatkan banyak insight yang super kece banget nih tentang kewirausahaan. Oh iya sebelum menutup webinar ini, akan ada sesi foto terlebih dahulu. Untuk tim dokumentasi apakah sudah siap? Karena slidenya lebih dari satu maka sesi fotonya diambil beberapa kali ya. Slide 1, satu dua tigaaa cisss. Slide 2, ganti gaya, satu dua tigaaa. Yuk, yang masih belum on-cam bisa banget nih buat on-cam.

Kesebelas. Oh iya temen-temen jangan lupa untuk mengisi presensi yang sudah panitia bagikan di kolom chat ya.

Ada yang mau nambahin, Slur?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Erfransdo