Kaum Muda Berjiwa Nasionalis


Kaum Muda Berjiwa Nasionalis 1

Sejarah kemerdekaan Indonesia tidak dapat terlepas dari semangat pahlawan-pahlawan yang berjiwa nasionalis. Semangat kepahlawanan yang timbul akibat rasa cinta yang luar biasa kepada bangsa Indonesia menjadikan mereka untuk tidak takut mati dan terus berjuang dalam upaya memerdekakan bangsa dari penjajah. Dengan semangat juang bahkan hingga gugur di medan pertempuran inilah yang membuat kita hidup di zaman ini menjadi bebas dengan bangsa dan negara yang berdiri kokoh di hadapan dunia sebagai bangsa dan negara Indonesia yang bebas untuk mengatur pemerintahannya sendiri.

Perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia yang berhasil memperoleh kemerdekaan bukan hanya sekedar untuk memperjuangkan hak-hak mereka sendiri untuk bebas dari penjajahan, namun disisi lain, perjuangan para pahlawan bangsa ini sebenarnya mau menunjukan bahwa kemerdekaan yang diperoleh berkat perjuangan atas dasar semangat cinta yang besar pada bangsa tercintanya akan berkelanjutan hingga generasi berikutnya dapat merasakan kemerdekaan itu juga. Hal ini jelas terbukti. Generasi sekarang turut merasakan kemerdekaan dari hasil perjuangan para pahlawan yang berlandaskan pada semangat nasionalis.

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Semangat nasionalis para pahlawan bangsa Indonesia sebenarnya harus menjadi cerminan generasi muda bangsa Indonesia untuk berjuang memajukan bangsa dan negara Indonesia ke arah yang lebih maju dengan kualitas dan potensi yang ada dalam diri kaum muda. Perlu ditananmkan dalam diri kaum muda bahwa hasil perjuangan untuk bangsa dan negara yang diberikan saat ini akan berkelanjutan dan dinikmati lagi oleh generasi-generasi berikutnya. Pertanyaannya, apa yang akan diberikan oleh kaum muda untuk bangsa dan negara tercintanya yang bisa dinikmati oleh generasi-generasi berikutnya? Pertanyaan ini sebenarnya ingin membuka wawasan kaum muda untuk melihat lebih jauh seberapa besar semangat nasionalis yang ada dalam diri kaum muda terhadap bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Generasi muda yang berjiwa nasionalis adalah generasi muda yang peduli terhadap bangsa dan negaranya dengan berjuang untuk memajukan bangsa melalui kualitas dan potensi yang ada dalam dirinya. Generasi muda yang berjiwa nasionalis adalah pahlawan untuk melindungi keutuhan bangsa dan negaranya dari perpecahan di dalam tubuh bangsa dan negaranya. Generasi muda harus bercermin pada pahlawan bangsa Indonesia yang memiliki semangat dalam memperjuangkan kebebasan dan keutuhan bangsa dan negara Indonesia tercintanya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

chelvin sosa

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap