Kawasan Gunung Bunder, Destinasi wisata andalan Kabupaten Bogor

Kawasan Gunung Bunder, Destinasi wisata andalan Kabupaten Bogor

Siapa yang tak kenal Bogor? Kota ataupun Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat ini memiliki julukan sebagai Kota Hujan. Iya Kota Hujan yang ditandai dengan turunnya hujan hampir setiap harinya. 

Apa yang muncul di pikiran mengenai kota Bogor? Makanan,  alamnya, atau orang – orangnya yang berada di dalamnya? Apa yang kalian ketahui mengenai keindahan alam Bogor? Selain puncak bogor yang sering dipadati pengunjung pada weekend dan libur panjang, ada juga loh kawasan wisata yang lumayan jauh dari Jakarta, dan menjadi destinasi wisata masyarakat di sekitarnya.

Kawasan ini yaitu Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Ada apa aja sih di kawasan ini, berikut informasinya. 

Kawah Ratu 

Kawah Ratu TNGHS
Kawah Ratu TNGHS

Jika Anda ingin mencoba untuk hiking dan menikmati keindahan alam dengan berusaha terlebih dahulu, kawah ratu jadi pilihannya. Untuk mencapai kawah ratu, pengunjung diwajibkan untuk berjalan kaki pada jalan setapak sekitar 2 – 4 jam tergantung dari kecepatan berjalan.

Selama di perjalanan, pengunjung akan menemukan beberapa sungai kecil yang mengalir. Adapun akan menemukan sungai yang cukup deras dengan pemberitahuan sebagai sungai  terakhir sebelum mencapai kawah ratu. 

Baca juga  5 Fakta Pulau Ular di Bima Nusa Tenggara Barat

Kawah ratu memiliki ketinggian yaitu 1.437 mdpl. Tidak terlalu tinggi dengan jarak antara basecamp dan lokasi kawah ratu sekitar 3,6 km saja. Kawah ratu menyuguhkan keindahan alam yang eksotis dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Sebelum mencapai kawah ratu, pengunjung akan bertemu dengan kawah mati terlebih dahulu barulah kawah ratu. Mulai dari kawah mati bau belerang sudah tercium dan cukup menyengat. Para pengunjung disarankan untuk membawa masker dan tidak mendekat ke area kawah ratu. 

Berbagai Wisata Curug diantaranya Curug Seribu dan Curug Balong Endah

Curug Balong Endah
Curug Balong Endah

Jika pengunjung tidak ingin mengunjungi kawah ratu, curug menjadi pilihannya. Namun, jika pengunjung ingin jalan kaki terlebih dahulu dari parkir kendaraan menuju curug, Curug Seribu dan Curug Balong Endah patut dicoba.

Kedua curug ini termasuk hidden games yang terletak di tengah – tengah hutan taman nasional gunung halimun salak. 

Baca juga  Mengejar Matahari Terbenam Di Gumuk Pasir, Yogyakarta

Curug Balong Endah terletak di kawasan Curug Kondang. Jadi, jika pengunjung ingin ke Curug Balong Endah, maka pengunjung melewati Curug Kondang terlebih dahulu.

Waktu tempuh menuju Curug Balong Endah dari Curug Kondang sekitar 15-20 menit untuk jalan santai.  Curug Balong Endah memiliki air yang tenang dan jernih sehingga cocok untuk berendam. 

Curug Seribu merupakan curug terbesar yang ada di Kawasan Gunung Bunder loh. Dengan ketinggian hampir 100 meter, adanya larangan untuk mendekati curug terpasang dengan jelas.

Pengunjung yang ingin berendam di curug ini dari jarak jauh namun tetap dapat menikmati aliran air yang dingin dan menyegarkan. Jarak antara tempat parkir dengan lokasi curug sekitar 1 km.

Selain itu, jalan setapak yang sempit dan cukup licin membuat pengunjung harus berhati – hati. Suara derasnya aliran air yang terdengar dari kejauhan sebanding usaha yang dikeluarkan untuk mencapai curug ini.

Baca juga  Pantai Pandawa, Tempat Yang Menarik

Camping Ground di Kawasan Gunung Bunder

Pengunjung dapat menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman dengan camping di kawasan ini. Pihak Pengelola sudah menyediakan berbagai macam camping ground untuk memenuhi permintaan pengunjung.

Camping ground mulai penuh dengan tenda warna warni dan berbagai ukuran ketika weekend tiba. 

Ada berbagai titik lokasi camping ground yang sudah disediakan pihak pengelola. Setiap tempat juga sudah dilengkapi dengan kamar mandi umum hingga musholla.

Pengunjung pun tak usah risau jika persediaan makanan untuk camping dirasakan kurang. Berbagai warung lokal tersedia disini. Asalkan ada uang, semuanya bisa terpenuhi. 

Villa di Kawasan Gunung Bunder

Villa di kawasan ingin sering digunakan untuk kegiatan kampus, kantor, bahkan untuk gathering keluarga. Walaupun demikian, banyak juga keluarga yang menghabiskan waktu weekendnya bersama – sama anggota keluarganya.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola. 

Jadi, jangan ragu untuk menghabiskan akhir pekanmu di kawasan Gunung Bunder!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Alicha Nurlaili