Kebermanfaatan Ilmu Akuntansi dalam Kehidupan Sehari-hari

Kebermanfaatan Ilmu Akuntansi dalam Kehidupan Sehari-hari

Sadar ataupun tidak setiap hari kita selalu melakukan aktivitas dimana sebagian besar seseorang selalu berkaitan dengan masalah ekonomi, dalam kehidupan sehari-hari kegiatan ekonomi sangat memerlukan perhitungan akuntansi.

Sebelum kita mengetahui mengenai manfaat akuntansi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu akuntansi?

Secara umum akuntansi sendiri merupakan suatu aktivitas yang berfungsi menyediakan sistem informasi kuantatif, terutama terkait informasi laporan keuangan yang digunakan dalam pengambilan keputusan dan tujuan.

Akutansi dapat juga diartikan merupakan proses penyusun laporan keuangan dengan mencatat dan menyajikan data yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi yang memiliki manfaat bagi berbagai pihak (Betty & Riane, 2006).

Taukah kalian pada proses akuntansi ada tahapan-tahapan yang perlu kita ketahui dalam melakukan laporan keuangan.

Tahapan tersebut biasa disebut sebagai siklus akuntansi, dimana siklus akuntansi ini digunakan sebagai dasar melakukan akuntansi serta mendapatkan hasil laporan yang baik dan valid.

Dalam siklus akuntansi ini di antaranya yaitu dengan adanya analisis transaksi, kemudian melakukan pencatatan transaksi, dimana pencatatan ini harus kita catat sesuai waktu terjadinya transaksi.

Baca juga  Pentingnya Akuntansi Perpajakan dalam Dunia Bisnis

Setelah itu menulis ke buku besar, menyusun neraca saldo yang belum disesuaikan, membuat jurnal penyesuian, meyusun laporan keuangan dan jurnal penutup, selanjutnya yang terkahir kita menyusun kembali neraca akhir dan jurnal pembalik.

Pada dasarnya dalam kegiatan sehari-hari tidak dapat dipungkiri bahwa kita selalu berhubungan dengan akuntansi.

Akuntansi sangat memegang peran penting salah satunya dalam kehidupan sehari-hari.

Akuntansi ternyata tidak jauh dari kegiatan kita selama ini, banyak kita temukan dari kegiatan kita selama ini yang menujukan akuntansi secara langsung maupun tidak langsung, tetapi hal tersebut terkadang kita tidak menyadarinya dan bahkan belum menerapkan akuntansi secara keseluruhan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya apabila kegiatan akuntansi kita terapkan benar pada diri kita akan sangat membantu sekaligus mempermudahkan kita dalam melakukan kegiatan.

Dalam kehidupan seseorang, dapat dikatakan akuntansi memberikan tujuan gaya hidup ke arah yang lebih baik.

Baca juga  Strategi Manajemen Sangat Diperlukan Untuk Keberlangsungan Ekonomi di Indonesia

Dimana pengelolaan dan pengendalian keuangan adalah peran utama yang peting bagi kehidupan kita secara pribadi.

Banyak kita temukan dari kehidupan seseorang yang terjebak dalam kesulitan ekonomi dan tidak jauh dari masalah hutang, masalah ini perlu kita sadari bahwa kita selalu memerlukan penerapan akuntansi bagi kehidupan, dengan adanya pencatatan akuntansi guna memperlancarkan proses kegiatan kita khususnya pada bidang ekonomi.

Dengan demikian, manfaat ilmu akuntansi umumnya bagi kehidupan kita sehari-hari adalah memberikan informasi mengenai keuangan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran keuangan kita, lebih tepat nya kita bisa mengetahui kondisi keuangan kita berada dalam tahap aman atau tidak.

Selain itu ada pula beberapa manfaat akuntansi lainnya bagi kehidupan kita sehari-hari yaitu:

1. Maanfaat akuntansi bagi rumah tangga

Secara tidak langsung disini peran akuntansi bekerja, minimal pada pengelolaan keuangan.

seperti tugas seorang ibu dirumah yang mendapat nafkah dari suami nya, dalam mengelola keuangan pada rumah tangganya seorang ibu rumah tangga wajib mengetahui agar keuangannya tetap stabil dan terkontrol.

Baca juga  Belajar Akuntansi Memengaruhi Kecerdasan Emosional & Tanggung Jawab

2. Manfaat akuntansi bagi pengusaha

Dalam mengelola usahanya mereka disini membutuhkan prinsip akuntansi mengenai laba dan rugi.

Dimana konsep laba dan rugi ini memberikan informasi terkait kegiatan usaha yang sedang mereka jalankan, di dalam pengelolaan keuangan masuk dan keluarnya mereka perlu sekali penerapan akuntansi secara teliti pada perhitungan modal usaha, keuntungan dan pengeluarannya.

3. Manfaat akuntansi bagi negara

Disebuah negara dalam kesejateraan warga negara dibutuhkan sekali suatu pengelolaan keuangan yang baik dan tangguh, akuntansi sangat berperan penting disini salah satunya dalam mengelola kebijakan yang berhubungan dengan keuangan negara, agar tidak terjadi kesalahan dalam menetapkan kebijakan maka dari itu diperlukan para ahli akuntan dibidang tersebut. 

4. Manfaat akuntansi sebagai bukti yang dapat dipertanggung jawabkan

Apabila kita punya masalah terkait keuangan dengan beberapa pihak tertentu seperti hutang dan jenis transaksi lainya.

Dengan adanya bukti dan pencatatan akuntansi, jadi kita dapat dengan mudah memberi dan mempertanggung jawabkan keuangan.

Dari berbagai penjelasan di atas, itulah beberapa manfaat akuntansi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita ketahui.

Oleh karena itu, akuntansi ini sangat membantu sekali serta memberikan manfaat besar, baik bagi kehidupan kita secara individu maupun kelompok. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Shella