Kegiatan Ekonomi dan Prinsip Ekonomi

Kegiatan Ekonomi dan Prinsip Ekonomi

Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya manusia manusia selalu melakukan kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan pendapatan ataukah untuk menggunakan pendapatan (memenuhi kebutuhan). Kegiatan – kegiatan tersebut di disebut dengan . juga bisa dimaknai dengan suatu tindakan yang dilakukan manusia untuk mengatasi ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Dengan kata lain adalah tindakan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, kegiatan – kegiatan manusia juga dilakukan beragama – ragam jenisnya, jenis – jenis tersebut bisa dikelompok kan menjadi beberapa kelompok antara lain:

Produksi : sesuai dengan namanya Kegiatan Produksi adalah kegiatan membuat atau memperbanyak barang dan jasa. Produksi juga dapat diartikan sebagai segala bentuk kegiatan untuk menambah nilai guna barang dan jasa. Orang atau lembaga yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Kegiatan produksi memiliki tujuan membuat, menghasilkan atau memperbanyak barang dan jasa, untuk memperoleh kelebihan dari usaha atau kegiatan atau dengan kata lain meraih keuntungan atau laba atas setiap kegiatan produksi.

Baca juga  Model Ekonomi Islam & Perbandingan Ekonomi Makro Konvensinal & Syariah

Kegiatan Distribusi, adalah kegiatan atau usaha untuk menyalurkan atau menyampaikan barang dan jasa dari pihak produsen pada pihak yang memerlukan atau membutuhkan barang atau jasa (Konsumen). Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan produsen sebab saat tidak ada distribusi atau penyalur atas barang atau jasa yang diproduksi pada konsumen, maka pihak produsen akan mengalami kerugian. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut dengan distributor. Posisi distribusi berada dapat ditengah antara posisi produksi dengan konsumsi, dengan kata lain distribusi adalah pihak yang mempersempit jarak antar produksi ke konsumsi.

Baca juga  Tata Aturan Mengelola Rumah Tangga

Dalam hal melakukan kegiatan distribusi, hal yang terpenting adalah ketepatan waktu, ketepatan sasaran dan keutuhan barang dan jasa yang didistribusikan.

Kegiatan Konsumsi, selain kegiatan produksi dan distribusi juga mencakup kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi adalah kegiatan yang menggunakan dan menikmati barang atau jasa. Konsumsi dapat diartikan pula sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa, orang atau lembaga yang menggunakan kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen. Setiap manusia yang melakukan tindakan konsumsi karena ada nya pihak distributor dan produsen. Tujuan kegiatan konsumsi adalah meraih tingkat kepuasan dalam mengisi kehidupan.

Tiga kelompok (Produksi, Distribusi dan Konsumsi) saling membutuhkan antar satu dengan yang lainnya,  tidak ada distribusi bila tidak ada produksi dan konsumsi, tidak konsumsi bila tak ada distribusi dan produksi.

Baca juga  Tata Aturan Mengelola Rumah Tangga

Setiap orang yang melakukan sesuatu pasti memiliki motif melaksanakan kegiatannya,  begitu juga dengan juga ada istilah motif yang memiliki arti faktor yang mendorong seseorang lembaga untuk melakukan , ada beberapa motif yang selalu mendorong seseorang untuk melaksanakan antara lain ; Motif untuk memenuhi kebutuhan fisik, psikis, sosial, keuntungan, kekuasaan, penghargaan, kemakmuran dan kesejahteraan. Setelah ada , maka ada juga .

ini memiliki arti suatu asas kebenaran yang di pegang teguh setiap orang yang melakukan tindakan . berbunyi sebagai berikut :

  1. Berusaha dengan pengorbanan sekecil – kecilnya untuk memperoleh hasil sebesar – besarnya.
  2. Berusaha dengan kemampuan yang ada untuk meraih hasil yang oftimal
  3. Berusaha dengan pengorbanan sekecil – kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sahabat Ahmad Sofwan