Kegiatan Outdoor Bukan Untuk Gagah-Gagahan, Apalagi Hanya Kebutuhan Instastory


Kegiatan Outdoor Bukan Untuk Gagah-Gagahan, Apalagi Hanya Kebutuhan Instastory 1

Aktivitas outdoor sepatutnya bukan kegiatan sekedar untuk gagah-gagahan, apalagi hanya sebatas memenuhi kebutuhan foto untuk instastory di Media Sosial.

Namun kegiatan yang identik dengan olahraga ekstrem yang kini menjadi aktivitas wisata popular tersebut, seharusnya memberi ruang kepada kita yang melakukannya untuk menjadi sebuah momen berharga dalam menjalani realitas kehidupan.

Salah satunya dengan cara menjadikan momen kegiatan outdoor seperti mendaki gunung sebagai sebuah refleksi kehidupan, dimana dalam mencapai sesuatu yang kita ingin harus melalui sebuah proses, dan di banyak hal proses tersebut tidak mudah melainkan perlu perjuangan yang keras dan komitmen tak berbatas hingga akhirnya semua yang diingin itu tercapai.

Arung Jeram
Salah satu kegiatan outdoor

Bukan hanya sebatas refleksi, kegiatan di alam bebas juga acapkali menjadinya sebuah wadah untuk saling berinteraksi antar sesama pegiat kegiatan diluar rumah itu. Tentu hal ini, bisa menjadikan kita pelakunya mempunyai kesempatan menambah jaringan pertemanan secara alamiah dengan cara saling tegur sapa bahkan berbagi cerita di waktu dan momen yang sama.

Soal interaksi pertemanan di kegiatan alam bebas ini, tentu jauh berbeda dengan jaringan pertemanan yang kita jalani secara daring yang mengandalkan kekuatan konektivitas jaringan internet yang kualitasnya berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Bagi kita yang lahir di tengah teknologi canggih, akses internet wara-wiri. Hobi selfie dan enggan aktivitas outdoor, sehingga bisa lupa tentang kepedulian sosial tidak salahnya sekali-kali ikut kegiatan di alam bebas ini sebagai wahana pembelajaran, jika kehidupan sosial sebenarnya ada di luar rumah.

Apalagi menurut hasil penelitian yang pernah saya baca, ternyata menghabiskan waktu di luar rumah meningkatkan tingkat kepekaan dan kreativitas sebanyak 50 persen dalam memecahkan masalah.

Para penulis penelitian juga menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam bisa menjauhkan seseorang dari manfaat buruk teknologi.

Kegiatan Outdoor Bukan Untuk Gagah-Gagahan, Apalagi Hanya Kebutuhan Instastory 3
Pemandangan Indah, jadi bonus tersendiri

bahkan kata salah satu penulis penelitian, David Strayer, menghabiskan waktu di alam adalah cara untuk menunjukkan bahwa berinteraksi dengan alam memiliki keuntungan untuk meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah.

Tidak kalah pentingnya adalah soal rasa syukur dan bangga kita, dimana dengan kegiatan di alam bebas membuka sudut pandang kita terhadap betapa indah, kaya dan beragamnya alam kita, yang kesemuanya itu tentu wajib kita syukuri dan banggakan karena kita bagian dari pemilik dan pewaris kekayaan alam tersebut.

Kegiatan Outdoor Bukan Untuk Gagah-Gagahan, Apalagi Hanya Kebutuhan Instastory 4

Sudah saatnya bagi kita yang suka beraktivitas di alam bebas lebih bisa memaknai kegiatan tersebut, dan bagi kita yang masih belum tertarik melakukannya cobalah sekali-kali melakukannya walau hanya sekadar mengurangi interaksi dengan teknologi yang selama ini menjadi rutinitas kita sehari-hari, atau hanya sekedar pengganti kegiatan olahraga yang acap kali kita lakukan jika ada waktu luang.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sugianoor

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap