Kegiatan Produktif saya Di Masa Pandemi, Boleh Dicoba

Kegiatan Produktif saya Di Masa Pandemi, Boleh Dicoba 1

Waktu luang semakin banyak mengingat keadaan belum juga normal. Apapun yang kita lakukan, semua dikerjakan dalam jarak jauh. Sebelumnya, kita bekerja di kantor dalam suasana kantor, kini semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah dalam suasana berbeda. Suasana rumah sudah melekat layaknya darah dan daging.

Banyak orang bilang bahwa mereka merasa stress karena bosan berada di tempat yang sama dalam jangka waktu yang panjang. Namun, itu tidak berlaku untuk saya.

“Kok bisa! Memangnya kamu gak stress terus menerus di rumah?”

Awalnya sih, saya juga merasakan hal yang sama. Hanya mengerjakan tugas sekolah dan tugas rumah, lalu terbaring di lantai sambil membuka-buka layar smartphone tidak jelas.

Karena saya merasa hidup saya terasa sia-sia karena telah menyiakan waktu, akhirnya saya putuskan untuk memulai produktif. Dan ini dia kegiatan saya sehari-hari.

1. Menulis Blog

(sumber gambar : Unsplash.com photo by estee janssens)
(sumber gambar : Unsplash.com photo by estee janssens)

Saya suka sekali menulis. Menulis apa saja yang ada di pikiran saya. Akhirnya dengan itu, saya membuka akun blog di sini. Mulai menulis apa saja yang sekiranya bermanfaat kepada pembaca.

Sulit menentukan topik. Tapi lama-kelamaan saya mengumpulkan beberapa topik untuk dijadikan artikel yang bermanfaat tentunya.

Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari berkegiatan nge-blog. Salah satunya, otak saya terasa lancar jaya untuk menyelesaikan suatu masalah. Saya ambil contoh kecil.

Soal matematika mau itu mudah atau susah, saya selalu berpikir lama. Bahkan seperti 105-56 saja saya harus berpikir selama beberapa saat. Itupun tanpa kalkulator.

Akan tetapi setelah saya aktif menulis, saya merasa otak saya menangkap pelajaran dengan mudah. Selain itu, saya bisa bertukar pikiran dengan penulis lainnya dan menambah wawasan tanpa sengaja.

Menurut saya, aktif menulis itu juga meningkatkan ingatan otak.

2. Menggambar dan Membuat karya

(sumber gambar: foto pribadi)
(sumber gambar: foto pribadi)

Selain suka menulis, saya juga suka menggambar. Jujur, saya tidak pernah punya minat dan bakat menggambar sedari kecil. Entah darimana minat ini muncul begitu saja di masa pandemi.

Minat menggambar saya muncul karena terdapat motivasi dalam diri ini ingin meneruskan ke jurusan Desain produk dimana menggambar adalah hal yang paling wajib.

Akhirnya saya beranikan diri untuk mengambil alat gambar milik adik saya dan mulai menyoret-nyoret kertas kosong. Susah? Iya, susah.

Kalau ada niat pasti bisa lha. Karena saya tidak mau karya saya dinikmati sendiri. Saya putuskan untuk merekam dan membuat konten di Youtube. Lumayan mendapat apresiasi.

3. Belajar

(sumber gambar : Unsplash.com photo by Dayne Topkin)
(sumber gambar : Unsplash.com photo by Dayne Topkin)

Saya sadar saya sudah kelas 12 SMA yang dimana sebentar lagi saya akan melepas status pelajar dan terjun ke dunia yang sebenarnya.

Dunia bagi sebagian orang adalah dunia yang sulit, dunia bagi sebagian orang adalah dunia yang indah.

Setelah melepas status pelajar, saatnya para individu berjuang keras mencapai cita-cita mereka.

Belajar semakin asyik karena saya belajar lewat youtube. Saat ini saya fokus belajar soal-soal ujian masuk perguruan tinggi negeri.

Tidak hanya belajar mata pelajaran di sekolah. Tampaknya kita semua juga harus belajar beretika dan cara bermasyarakat yang baik. Bagaimana cara menambah skill yang berguna untuk dunia kerja, bagaimana cara survive setiap hari hingga titil darah penghabisan.

4. Mengikuti Seminar Online

(sumber gambar : Unsplash.com photo by Sergey Zolkin)
(sumber gambar : Unsplash.com photo by Sergey Zolkin)

Sejak dimulainya kata ‘dirumahkan’ semua kegiatan langsung dialihfungsikan dengan online. Mau itu belajar hingga belajar, apapun kegiatan yang bisa dilakukan dengan online. Pandemi ini juga mendorong paksa teknologi agar lebih gencar lagi.

Awalnya saya tidak tertarik mengikuti kegiatan seminar terlebih lagi online. Karena saya orangnya cepat bosan. Namun, suatu hari guru saya memaksa semua kelas untuk mengikut salah satu seminar.

Mau tak mau saya bergabung dengan seminar tersebut. Dari situ, saya baru tersadar. Betapa serunya seminar online. Terlebih lagi yang bertema beasiswa atau kiat-kiat diterima PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Saya mendapat banyak sekali info menarik dan tips yang berguna nantinya.

Sejak saat itu, saya malah menjadi pemburu seminar online.


Kira-kira kegiatan produktif apa lagi yang bisa dicoba?

Jangan sampai waktu mu terbuang sia-sia. Nanti bisa rugi lho. Mulai sekarang, mari kita berkarya dan memulai kegiatan produktif lainnya untuk mengisi waktu luangmu. Hidupmu akan jauh lebih berwarna.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rakes samansor