Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA

Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA

Bagi yang baru saja lulus SMA, pasti lega rasanya karena akhirnya sudah melepaskan seragam putih abu-abu, dan bisa sedikit rileks sebelum ingin kembali melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi.

Buat kamu yang belum berencana melanjutkan kuliah, atau buat kamu yang lagi menunggu masuk perkuliahan di tahun akademik baru, berikut ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang mu.

Selain menambah pengalaman mu, kamu juga bisa mendapat cuan loh ! Yuk, langsung saja kita simak ! 

1. Magang di sebuah perusahaan 

ilustrasi magang (pexels.com/Tirachard Kumtanom)
ilustrasi magang (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Meskipun biasanya magang hanya dilaksanakan untuk mahasiswa atau anak SMK, namun tidak jarang loh perusahaan-perusahaan besar yang memberikan kesempatan bagi fresh graduate untuk magang di perusahaan mereka.

Kadang selain memberikan pengalaman kerja di perusahaan mereka, para fresh graduate juga diberikan gaji yang lumayan tinggi.

Baca juga  Pelajar Nggak Harus Pintar di Semua Bidang, 'kan?

Kamu bisa cari perusahaan-perusahaan yang menawarkan magang dengan gaji yang lumayan, kalaupun tidak mendapat gaji, paling tidak kamu mendapat pengalaman di dunia kerja.

2. Menulis di platform online 

ilustrasi menulis di laptop (pexels.com/Andrew Neel)
ilustrasi menulis di laptop (pexels.com/Andrew Neel)

Di era saat ini, banyak sekali bermunculan platform online yang menyediakan wadah bagi orang yang suka menulis dan ingin mendapat uang dari menulis.

Buat kamu yang hobi menulis, dan ingin mendapatkan cuan dari menulis, kamu bisa banget nih menulis di beberapa platform online ini.

Selain mendapat cuan dari sana, nama mu pun bisa dikenal banyak orang sebagai penulis.

Kamu tinggal tentukan, mau menulis apa ? Entah itu puisi, cerpen, artikel atau pun novel, pastikan kamu tetap konsisten dalam menulis ya, supaya ide-ide menulis mu jalan terus, apalagi kalau sampai tulisan mu terbit, kamu bisa mendapat cuan dari sana loh ! Jadi, tetap semangat berkarya ya !  

Baca juga  8 Alasan yang Membuat Saya Nggak Kangen Sama Masa SMA

3. Mencoba untuk kerja part time 

ilustrasi kerja part time (pexels.com/Ketut Subiyanto)
ilustrasi kerja part time (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Buat kamu yang ingin berkuliah sambil bekerja, kamu bisa banget loh bekerja secara part time, cari lah pekerjaan part time yang tidak menganggu waktu atau jadwal kuliahmu.

Selain mendapatkan uang dari kerja part time, kamu pun sudah tidak kaget lagi dengan dunia kerja, karena sudah terbiasa kerja part time, tapi pastikan kamu dapat membagi waktu antara kuliah dan bekerja secara part time ya ! 

4. Menjadi tutor atau guru les 

ilustrasi guru les (pexels.com/ThisIsEngineering
ilustrasi guru les (pexels.com/ThisIsEngineering

Kamu jago bahasa asing, atau kamu pintar dalam pelajaran matematika ? Sambil menunggu perkuliahan dimulai, kamu bisa loh memanfaatkan keterampilan kamu dalam berbahasa asing, atau kecerdasaan mu di bidang matematika, untuk menjadi guru les atau tutor untuk anak sekolah.

Baca juga  Problematika Pembelajaran Sastra di Sekolah

Kamu bisa menawarkan jasa private les mu lewat media online, atau menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah, jika ada orang tua murid yang tertarik dengan jasa les mu, sudah pasti kamu bisa mendapat cuan dari sana.

Tapi pastikan ya, kalau kamu bisa mengajar dengan baik, dan mempunyai cara yang menarik dalam mengajar murid les mu, supaya murid les mu pun bisa betah les dengan kamu. 

Jadi, itu lah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah lulus SMA, tertarik untuk mencoba kegiatan yang mana nih ? ^_^

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Myra Laoshi