Kehadiran Adaptasi Tiga Novel Danmei Mo Xiang Tong Xiu dalam Bahasa Inggris

Kehadiran Adaptasi Tiga Novel Danmei Mo Xiang Tong Xiu dalam Bahasa Inggris

Bagi kalian penggemar bacaan sastra Cina atau Danmei, pasti nama Mo Xiang Tong Xiu (MXTX) sudah tidak asing. Berawal dari menerbitkan tulisannya sendiri di webnovel JJWXC, kini tiga novel milik penulis wanita ini sudah berhasil mendapatkan banyak adaptasi mulai dari manhua, donghua, sampai live action.

Kata Danmei (耽美) sendiri dalam bahasa Cina diartikan sebagai mengejar keindahan. Danmei adalah sebuah genre sastra fiksi dari Cina yang ditujukan untuk pembaca wanita dengan cerita yang berpusat pada hubungan romantis sesama pria.

Saking banyaknya peminat sementara yang bisa mengerti bahasa Cina tidak banyak, banyak fans translator bermunculan untuk membantu menerjemahkan novel Mo Xiang Tong Xiu (MXTX) dalam berbagai bahasa. Versi tidak resmi terkadang menimbulkan kebingungan karena setiap translator punya gaya berbeda dalam menerjemahkannya.

Harapan semua orang terkabul setelah Seven Seas Entertainment resmi membeli lisensinya. Tidak tanggung-tanggung, Percetakan Seven Seas menerbitkan semua Novel MXTX yaitu The Scum Villain’s Self Saving System, Grandmaster of Demonic Cultivation, dan Heaven official’s Blessing. Versi digital dan cetak semua volume pertama dalam bahasa inggris rilis serentak tanggal 14 Desember 2021.

Sampul Novel Mo Dao Zu Shi inggris beserta bonus ilustrasi
Sampul Novel Mo Dao Zu Shi inggris beserta bonus ilustrasi

Berdasarkan informasi langsung dari sumbernya https://sevenseasdanmei.com/ milik Penerbit Seven Seas Entertainment, berikut adalah daftar bonus yang diberikan untuk setiap pembelian novel;

  1. Halaman berwarna 4 halaman
  2. Ilustrasi gambar lebih dari 11 halaman
  3. Panduan Glossaries beserta terminologi lengkap semua tokoh
  4. Spesial Inside Cover
  5. Sampul Buku Deluxe Paperback yang dikemas dengan French flaps & spot gloss
  6. Termasuk Short Story
  7. Dipastikan tidak ada sensor sesuai versi aslinya sehingga novel ini memiliki rating 17+

Seven Seas Entertainment menyatakan semua buku ini bisa didapatkan di seluruh penjuru Amerika dan banyak toko buku di seluruh dunia. Mereka bekerja sama dengan para retailer besar seperti book depository untuk menyebarkannya. Harap diperhatikan buku ini sudah resmi dan setiap pembeliannya akan memberikan keuntungan ke pengarang aslinya, Mo Xiang Tong Xiu (MXTX).

Jangan lewatkan kesempatan ini jika kalian ingin mendukungnya secara resmi dan sah!

Bagi kalian dari Indonesia yang ingin mendapatkannya bisa dengan 2 cara, membeli versi digital e-book dari daftar toko yang tercantum di https://sevenseasdanmei.com/  atau membeli versi cetaknya melalui agen perantara resmi seperti Periplus (twitter @Periplus_Store)

Sedikit rahasia, menurut data resmi dari para agen, harga bukunya setelah dirupiahkan adalah Rp 298.000 (termasuk pajak). Dijamin kalian tidak akan menyesal membelinya. Novel yang manapun pasti akan membuat kalian puas. Jangan sebut kalian penggemar BL sejati jika belum membacanya. Supaya lebih jelas, berikut sedikit sinopsisnya.

The Scum Villain’s Self Saving System (Ren Zha Fanpai Zijiu Xitong)

Sampul Novel Resmi Ren Zha Fanpai Zijiu Xitong edisi bahasa inggris
Sampul Novel Resmi Ren Zha Fanpai Zijiu Xitong edisi bahasa inggris

Shen Yuan mengutuk nasibnya yang terlahir kembali menjadi tokoh antagonis dalam sebuah novel yang baru selesai dibacanya. Sialnya, dia menjadi Shen Qingqiu, seorang kepala Klan yang  akan disiksa dengan mengerikan oleh protagonis Luo Binghe sebagai balasan atas kejahatannya. Demi mengubah takdirnya, Shen Qingqiu baru melakukan semua cara untuk menjaga hubungan baik dengan Luo Binghe. Sayangnya perbuatannya malah diartikan lain oleh Luo Binghe sehingga takdirnya yang harusnya punya banyak istri jadi berubah.

Grandmaster of Demonic Cultivation (Mo Dao Zu Shi)

Sampul Novel Resmi Mo Dao Zu Shi edisi bahasa inggris
Sampul Novel Resmi Mo Dao Zu Shi edisi bahasa inggris

Wei Wuxian mempelajari teknik terlarang yaitu demonic cultivation hingga dibenci oleh seluruh dunia sampai dia meninggal di usia muda. 13 tahun setelahnya dia terbangun di tubuh Mo Xuanyu yang sudah memanggilnya kembali dari dunia arwah dengan imbalan jiwanya sendiri. Setelah membalaskan dendamnya, dia mengembara bersama Lan Wangji untuk memecahkan berbagai misteri yang terus bermunculan dan menuntunnya untuk mengingat masa lalunya dulu. Wei Wuxian tidak mengetahui bahwa Lan Wangji, temannya dulu yang kini sudah menjadi cultivator paling disegani memiliki rahasia besar padanya.

Heaven Official’s Blessing (Tian Guan Ci Fu)

Sampul Novel Tian Guan Ci Fu inggris beserta bonus ilustrasi
Sampul Novel Tian Guan Ci Fu inggris beserta bonus ilustrasi

Xie Lian yang terberkati sejak lahir sebagai pangeran yang tampan, kuat dan penuh kasih berhasil diangkat menjadi dewa. Sayangnya beberapa tahun setelah dia menjadi dewa, terjadi malapetaka besar yang membuatnya kehilangan segalanya. Kerajaan, harta, pengikut, orang tua, teman, semua pergi meninggalkannya sendirian. Xie Lian dihukum menjalani hidup abadi di tubuh manusia dan bernasib sial.

800 tahun kemudian, Xie Lian dipanggil kembali menjadi dewa. Dia yang sudah terbiasa bekerja sebagai pemungut sampah terpaksa mengerjakan semua tugas yang diberikan Kaisar Dewa. Entah bagaimana, kejadian masa lalu terus bermunculan kembali menghantuinya. Berbagai malapetaka terus mengganggunya. Tapi kali ini Xie Lian tidak sendirian karena pengikut setianya Hua Cheng akan mendampinginya selalu.

Demikian review The Scum Villain’s Self Saving System, Grandmaster of Demonic Cultivation, dan Heaven official’s Blessing. Tunggu apalagi segera pesan sebelum kehabisan. Sudah dikonfirmasi bahwa Ren Zha Fanpai Zijiu Xitong memiliki total 4 volume, Mo Dao Zu Shi 5 volume, dan Tian Guan Ci Fu 8 volume. Masing-masing novel akan diterbitkan secara bertahap dalam periode 2021 – 2023.

Harap diingat, jika penjualannya bagus, maka akan lebih banyak novel danmei yang diterjemahkan dalam bahasa inggris. Setiap dukungan kalian akan sangat berarti. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Elysia