Kejamnya Revolusi di Dunia Bisnis

Kejamnya Revolusi di Dunia Bisnis

Pada saat ini perusahaan menghadapi persaingan ketat di era digitalisasi. Digitalisasi menjadi suatu terobosan baru yang menjanjikan kemudahan, efektivitas, dan efisiensi kerja dalam suatu perusahaan.

Peran teknologi digital dalam bisnis dapat menghemat pengeluaran, mempercepat akses informasi dan komunikasi. Kecanggihan teknologi dapat membantu dalam pemasaran karena dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.

Hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi para pelaku usaha agar mampu bersaing dan bertahan menjalankan usahanya. Omzet penjualan yang tidak memenuhi target secara terus menerus dapat menyebabkan penurunan pendapatan yang tentunya mengakibatkan perusahaan mengalami kesulitan keuangan.

Perusahaan tidak mampu lagi untuk membayar kewajiban dan membiayai semua biaya operasionalnya. Perkembangan digital bisnis dapat menyebabkan kebangkrutan bagi perusahaan retail. Persaingan bisnis yang semakin ketat ini mengakibatkan adanya tuntutan bagi perusahaan untuk terus melakukan inovasi, memperbaiki kinerja karyawannya, dan melakukan perluasan usaha.

Tantangan pada industri retail yang terjadi secara terus menerus membuat para   pelaku bisnis harus bekerja dan berpikir lebih keras untuk mempertahankan eksistensi perusahaan yang dipimpinnya.

Perkembangan dunia digital dengan segala kemudahan yang disediakan akan secara perlahan-lahan menekan perkembangan perusahaan retail. Tantangan ini sangat berat , sehingga tidak sedikit perusahaan retail yang akhirnya menutup toko mereka.

Dengan adanya perubahan trend cara berbelanja konsumen yang semakin hari semakin canggih dalam memanfaatkan kemajuan teknologi menyebabkan perubahan trend belanja ke dunia online.

Transaksi digital yang terus berkembang semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan dan memenuhi kebutuhannya tanpa perlu keluar rumah.

Perubahan perilaku konsumen pada saat ini yang cenderung lebih senang menggunakan ponsel dalam melakukan aktivitas berbelanja tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan retail.

Oleh karena itu , maka perusahaan retail harus melakukan efisiensi fisik toko dan mulai merambah ke pemasaran secara online pula untuk mempertahankan usahanya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat. Hampir semua masyarakat , baik itu orang yang sudah dewasa maupun anak sekolah mayoritasnya mempunyai gawai serta terbiasa dengan menggunakan internet.

Hanya bermodalkan gawai dan kuota internet, masyarakat dapat berbelanja secara online. Tanpa perlu mendatangi toko, konsumen dapat menghemat waktu dan biaya transportasi. Hal ini tentunya menjadi ancaman serius bagi perusahaan retail karena penjualan toko tidak mencapai target yang tentunya akan berimbas pada perkembangan perusahaan secara keseluruhan.

Selain itu , pergerakan kurs nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing , khususnya US dollar juga berdampak pada harga jual barang , dimana harga jual barang menjadi lebih tinggi dan tentunya akan membuat konsumen berpikir ulang dan menahan diri untuk berbelanja.

Penurunan daya beli masyarakat pun ikut menjadi factor yang sangat mempengaruhi , dimana masyarakat akan lebih mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dahulu dibandingkan kebutuhan lainnya.

Dalam ketatnya persaingan di dunia bisnis, ada beberapa hal dalam pemasaran yang dapat menyebabkan perusahaan menjadi bangkrut, diantaranya :

  • Perusahaan yang tidak mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen agar produknya dapat diterima di pasaran.
  • Perusahaan tidak melakukan inovasi, sehingga produk yang dijual lama kelamaan akan membosankan dan ketinggalan jaman.
  • Tidak memperhatikan perkembangan kompetitor sehingga kalah bersaing dalam pemasarannya.
  • Kurang memperhatikan kualitas produk yang dijualnya.apat mempengaruhi pemasaran dan
  • Memberikan harga yang lebih mahal sehingga kaah bersaing dengan barang-barang sejenis dengan kualitas yang sama tetapi harganya lebih murah.

Perusahaan selain harus selalu memperhatikan kualitas barang yang dipasarkan , juga harus cerdas dalam melihat dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada, serta harus mempunyai sistem manajemen yang baik.

Sistem manajemen perusahaan yang baik tentunya sangat diperlukan untuk mendukung sistem pemasaran suatu perusahaan. Diperlukan pula seorang pemimpin yang mampu meningkatkan keterlibatan karyawan sesuai dengan kemampuan dan divisinya masing-masing.

Perusahaan harus terus meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan perusahaan dengan melakukan evaluasi mengenai strategi dan kebijakan manajemen perusahaan.Ada divisi yang secara berkala melakukan evaluasi terhadap produk yang dipasarkan, layanan yang disediakan,harganya, serta kualitas barang.

Apabila ditemukan ada suatu masalah, harus segera diperbaiki.Faktor keuangan dan Cash Flow perusahaan pun menjadi hal yang harus selalu diperhatikan. Perusahaan harus mengelola keuangan perusahaannya dengan baik, menganalisa pengeluaran-pengeluaran rutin, dan melakukan penghematan dengan mengurangi biaya-biaya operasional yang tidak terlalu penting bagi perusahaan.

Selain itu, diperlukan pula pencatatan yang baik atas semua penerimaan dan pengeluaran perusahaan, sehingga dapat membuat Cash Flow perusahaan untuk jangka waktu ke depannya. Apabila Perusahaan mempunyai system pemasaran dan system manajemen yang dikelola dengan baik, tentunya perusahaan dapat bersaing dan terhindar dari kebangkrutan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Tamara Christiane