Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial

Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial 1

Saat ini, hampir setiap orang memiliki akun media sosial. Selain untuk menggunggah segala kegiatan kamu, media sosial memang memiliki manfaat untuk menjalin pertemanan dan ajang berkespresi. Saat ini media sosial juga banyak digunakan untuk memasarkan produk.

Nah, selain fungsi media sosial diatas, pernahkan kamu merasa cemas karena jauh dari media sosial? Dan kecemasan apa saja yang bisa dialami orang akibat terlalu sering bermain media sosial? Kecemasan tersebut merupakan efek negatif dari terlalu lama bermain media sosial.

Berikut ini, 5 kondisi kecemasan yang kerap dialami akibat terlalu sering bermain media sosial.

 

1. Cemas saat lepas dari ponsel

Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial 3

Ponsel memang memiliki banyak manfaat untuk menunjang aktifitas kita. Saat ini, mungkin juga banyak orang yang kecanduan terhadap ponsel. Namun, banyak pula orang yang bisa melepaskan ponsel dari genggaman, tanpa memeganggangnya terus sepanjang waktu. Misalnya saat sedang bersama orang lain.

Namun, jika kamu mengalami kecemasan yang tidak bisa lepas dari ponsel dan mengabaikan kondisi disekitar mu, mungkin kamu mengalami Fear Of Missing Out (FOMO) terhadap media sosial.

FOMO adalah kondisi dimana seseorang merasa khawatir dikatakan tidak gaul jika ketinggalan berita atau trend terkini.

 

2. Cemas saat ponsel tertinggal atau kehabisan daya

Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial 4

Apakah kamu pernah merasa gelisah saat ponsel kamu tertinggal atau saat ponsel kamu kehabisan daya ketika berada disuatu tempat?

Saat kamu mengalami kondisi tersebut, kecemasan merupakan efek negatif dari terlalu sering bermain media sosial. Selain tidak bisa mengabadikan moment, saat ponsel tertinggal atau ponsel mati juga tidak bisa upload di media sosial.

 

3. Cemas saat tidak ada sinyal

Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial 5

Meskipun teknologi saat ini semakin canggih, namun bisa saja mengalami masalah, seperti saat tidak ada sinyal. Bagi orang yang tidak bisa lepas dari ponsel dan media sosial, tidak ada sinyal diangap sebagai masalah besar.

Bagi orang lain akan melakukan hal lain sembari menunggu adanya sinyal. Namun bagi kamu yang cemas akan media sosial terus membuka ponsel kamu setiap saja berharap sinyal akan datang dengan cepat.

 

4. Kepercayaan diri menurun

Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial 6

Sebelum mengenal media sosial, kamu sangat percaya diri dengan penampilan apa adanya kamu. Namun kini kamu merasa kepercayaan diri kamu menurun saat melihat foto-foto influencer kamu di media sosial, yang menggunakan filter atau edit foto.

Kamu merasa cemas dan gelisah karena tidak mencapai pengikut yang banyak, ataupun merasa diri kamu gendut dan tidak cantik.

 

5. Cemas saat jauh dari media sosial

Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial 7

Saat kamu tidak membuka media sosial, kamu selalu memikirkan apa yang teman-temanmu uanggah di linimasa media sosial. Kamu juga merasa khawatir jik kamu melewatkan sesuatu, bahkan kekhawatiran tersebut terasa hingga beberapa jam setelahnya.

Nah, jika kamu merasakan kecemasan seperti yang kamu ulas di atas, mungkin kamu mengalami kecemasan terhadap media sosial? Itu tandanya kamu sudah terdampak efek negatif akibat terlalu sering menggunakan media sosial.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty