Kenali 5 Penyakit Ini Yang Terjadi Saat Bulan Puasa


Kenali 5 Penyakit Ini Yang Terjadi Saat Bulan Puasa 1

Di bulan puasa ini tentunya kamu di beri cobaan yang begitu berat dan banyak untuk melewati puasa kamu tanpa bolong sekalipun. Terutama jika kondisi tubuh kamu kurang fit maka akan banyak penyakit yang menghampiri. Karena itu kamu membutuhkan kondisi tubuh yang fit untuk terhindar dari segala penyakit yang sering muncul di bulan puasa ini. Perubahan pola makan saat bulan puasa juga mempengaruhi kekebalan tubuh kita dan rutinitas yang kamu jalani. Karena itu kamu harus waspada terhadap 5 penyakit ini yang sering terjadi saat bulan puasa.

Kenali 5 Penyakit Ini Yang Terjadi Saat Bulan Puasa 3

1. Asam Lambung

Asam lambung atau yang sering kamu kenal sebagai maag ini adalah penyakit dimana perutmu yang kosong seharian dan mengakibatkan asam lambung menjadi naik. Karena itu jangan lewatkan waktu sahur agar perutmu tidak terlalu kosong untuk seharian saat menjalankan puasa, dan juga hindari makanan yang bisa membuat asam lambung menjadi naik seperti meminum kopi, memakan makanan yang berminyak, soda dan sebagainya.

2. Gangguan Pencernaan Atau Sembelit

Gangguan pencernaan di bulan puasa juga sering terjadi. Ini disebabkan oleh kurangnya asupan serat yang tinggi dan pola makan yang tidak teratur membuat pencernaan kamu menjadi terhambat. Hindari makanan yang mengandung kalori yang tinggi, berminyak dan perbanyaklah konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti sayur – sayuran dan buah – buahan untuk menjaga agar sistem pencernaan kamu tetap stabil dan lancar.

3. Radang Tenggorokan

Di bulan puasa apalagi saat mau berbuka puasa biasanya paling enak berbuka dengan yang manis – manis dan goreng – gorengan. Hal itulah yang membuat tenggorokan kamu menjadi lebih sensitif karena mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak dan manis yang berlebihan. Boleh saja kamu mengkonsumsi gorengan dan minuman manis yang segar cuman harus di imbangi dengan buah – buahan serta perbanyak minum air putih.

4. Dehidrasi

Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa saat berpuasa cairan di dalam tubuh kamu akan berkurang dengan skala yang besar. Itu akan mengakibatkan kamu akan dehidrasi dan gejalanya seperti bibir kering, pecah – pecah, urine yang berubah warna serta kulitmu yang mudah kering. Karena itu konsumsi air 8 liter sehari atau setara dengan delapan gelas serta kurangi aktifitas fisik di luar saat kamu sedang berpuasa.

5. Mudah Capek

Dengan berubahnya pola makan dan tidur saat bulan puasa membuat tubuh kamu menjadi kurang fit dan mudah lelah saat melakukan aktifitas. Hal ini juga membuat konsentrasi kamu berkurang saat berpikir dan rentan untuk melakukan apa – apa. Terlebih lagi saat tubuh mudah capek dan kurang fit akan lebih mudah untuk terserang penyakit seperti sakit kepala dan masuk angin. Untuk menghindari itu semua baiknya kamu mengkonsumsi banyak vitamin, sayur – sayuran dan buah – buahan yang kaya akan serat dan protein yang tinggi untuk menjaga sistem kekebalan tubuhmu.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap