Kenali Persahabatan dan Cinta : Platonic (Hubungan tanpa niatan Sexualitas)

Kenali Persahabatan dan Cinta : Platonic (Hubungan tanpa niatan Sexualitas)

Kita pasti telah banyak mendengar tentang , baik dari berbagai media sosial, seperti facebook, Instagram, Tiktok, youtube, bisa juga melalui Cinema atau anime bahkan sinertron yang sering ditonton di dunia pertelevisian, tidak jarang juga terlihat di dalam sastra, baik melalui pantun maupun puisi dan juga paling umumnya banyak terlihat di dalam dunia perfilman drama korea ataupun india.

selain yang sesungguhnya, ternyata terdapat beberapa lainnya, dan salah satunya adalah Platonik.

Merupakan terikat antara dua atau beberapa insan yang berawal dari (Ikatan persabatan atau pertemuan) yang merasa memiliki keterikatan mapun ingin berbagi perasaan dan saling melindungi satu sama lain.

Platonik sendiri berasal dari ide yang terlahir dari filsuf kuno yaitu plato, yang mempercayai dengan adanya ini lebih tertuju kepada saling melindungi satu sama lain tanpa menodai satau sama lain dan cendrung spritulitas (tanpa adanya niat seksualitas).

Ikhsan Persada, M.Psi, Psikologi menggambarkan platonik adalah dari dua orang yang bersahabat saling memiliki ketertarikan (baper) serta merasa sayang.

Baca juga  Antara Dua Pilihan

berbeda dari yang lainnya, selain tanpa niatan sexualitas ada hal  lain yang memperkenalkan karakteristiknya :

1. Kedekatan

kedekatan yang berawal dari pertemuan dengan adanya darah (keluarga) atau tanpa adanya kekeluargaan dan merasa memiliki kesamaan dalam berbagai hal, cerita, sejarah, masa kecil atau semacamnya.

2. Kejujuran

Kejujuran yang memberikan keyakinan penuh mengenai kehidupan seutuhnya terhadap masing-masing peribadi yang merasakannya.

3. Penerimaan

Penerimaan tentang apa dan bagaimana karakteristik dan pribadi satu sama lain hingga melahirkan kenyamanan, merasa bebas untuk jati diri yang dimiliki tanpa adanya apa adanya atau ada apanya.

4. Pemahaman

Pemahaman yang saling terhubung akan pengalaman, penderitaan, kesukaran yang dialami sehingga dapat disebut juga sebagai suka duka yang akan dirasakan dengan saling mendukung dan memberikan semangat  dengan apa yang dialami.


Cinta dapat membantu kesehatan bagi yang merasakannya dan mengalaminya, dapat dilihat :

1. Adanya Cinta dan Dukungan

Adanya cinta akan melahirkan semangat melakukan apapun dengan menyadari atau pun tidak akan kehadirannya, dengan cinta kita merasa adanya dukungan hingga mengurangi Sedikit banyaknya rasa takut yang dimiliki.

Baca juga  5 Gaya Persahabatan Lucu Antara Gong Yoo dan Lee Dong Wook, Bikin Gemes !

2. Mengurangi Stres

stress dapat memakan korban karena ditekan beban pikiran begitu banyak, namun dengan Cinta kecemasan ataupun stres yang menguras tenaga fisik maupun mental akan berkurang bahkan menghilang.

3. Meningkatkan Ketahanan Fisik

Kuat bukan lah tentang bagaimana menjadikan diri sebagai yang terkuat dimana saja, akan tetapi bagaimana kita mampu bertahan hidup dari berbagai masalah dan beban yang selalu melanda diri, dengan kepercayaan dan kebersamaan yang mengalami Cinta mampu menambaha daya tahan fisik secara utuh dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang terus menerus memberikan tekanan dan kesusahan dalam kehidupan.


Cinta dapat dirasakan berbagai pihak, bahkan dapat ditemukan dan dirasakan  oleh :

1. Keluarga

Keluarga merupakan ikatan yang sangat kuat meski tanpa menemui cinta itu sendiri, namun tetap saja keluarga adakalanya akan merasakan dalam situasi atau kenyataan tertentu yang dihadapi, khusunya antara suami dan istri dan Ibu dan Anaknya.

2. Kerabat

Kebiasan berkumpul dengan kerabat dapat memberikan kenyaman dan kebahagian yang berkemungkinan muncul cinta denan mereka.

Baca juga  5 Destinasi Wisata Bertema Cinta, Cocok Bagi Kamu Yang Sedang Galau

3. Sepupu

Terkadang Sepupu adalah teman terbaik yang dimiliki namun terkadang menjadi musuh yang sangat menjengkelkan tetap saja tidak dapat dipungkiri mereka masih dalam lingkaran kekeluargaan, meski keseruan dan jengkel satu sama lain tetap rasa saling melindungi muncul cinta dapat terjadi dan terbangun denganya.

4.

tentunya orang yang paling dekat dan saling mempercayai dengan sahabatnya yang lain, dari itu, kemungkinannya dapat terbangunnya cinta platonic diantara keduanya.

5. Teman

Cinta Platonic meski jarang ditemukan diantara pertemenan namun teman termasuk salah satu yang akan ada membantu saat kita merasakan kesusahan dan kepayahan.

pertemuan  dengan seorang teman dapat dari berbagai perihal yang terjadi sehinga menjadikannya seorang teman, jika diperhatikan lama-kelamaan beberapa atau sebagai dari teman memiliki simpati lebih kepada temannya, ketika itu terjadi bisa saja kekhawatiran muncul dan mendalam membangun persaudaraan.


Terima kasih telah membaca artikel ini, jika mengalaminya pertimbangkan untuk menjaga dan membicarakan ini tanpa mengubahnya ke romatis atau cinta sesungguhnya hingga pada akhirnya cinta platonic dapat menghilang seutuhnya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Cidikista