Kenapa Air Warnanya BENING?

Kenapa Air Warnanya BENING? 1

Setiap hari kita selalu minum air, mandi dengan air, dan melakukan segala aktivitas lainnya juga menggunakan air. Bahkan sebagian besar unsur bumi dan tubuh manusia juga berasal dari air. Jika kekurangan air, maka bumi menjadi kering, dan tubuh kita pun rentan terhadap penyakit.

Maka sudah jelas bagi kita semua bahwaannya air merupakan benda yang wajib ada hukum keberadaannya di sekitar kita maupun di dalam diri kita. Mungkin jika sedikit berkhayal, andai kata kita hidup tanpa air mungkin rasanya akan mustahil. Jika kita bisa hidup tanpa air, mungkin juga kita tidak ditakdirkan sebagai makhluk manusia. Atau bisa saja manusia versi lainnya hehehe. Tapi ya, kalau bumi sendiri tidak memiliki unsur air, maka jelas sudah jika penampakannya sekarang akan lebih tandus, panas, dan kekeringan. Tanahnya retak-retak, tidak ada tumbuhan, hujan, binatang, kolam renang, kutub utara dan selatan, bahkan tidak ada yang jualan es cendol dawet eh-

Kenapa Air Warnanya BENING? 3

Meskipun begitu, air juga bisa disetarakan derajat tingkat kepentingannya seperti udara. Tanpa udara, manusia tidak bisa bernapas lantas mati. Pun sama halnya dengan air, tanpa air, manusia juga akan mati. Adakah unsur yang bisa menggantikan air untuk kehidupan manusia, jika seandainya air suatu waktu nanti benar-benar habis dari muka bumi? Kalau ada silakan tinggalkan komen terbaik kalian di bawah.

Nah lalu, apakah kita pernah bingung dan membuat pertanyaan dalam kepala kita seperti judul artikel ini di atas? Kenapa ya kok air warnanya bening? Penasaran? Aku yakin dari kalian semua yang sudah penasaran semenjak artikel ini belum lahir pasti sudah cari-cari di google. Itu tepat. Eh ternyata kalian jumpa lagi dengan artikel ini, itu pun tidak salah. Karena, apa salahnya membaca lagi untuk yang kesekian kalinya kan? Itung-itung biar tidak gabut. 

Dilansir dari kontan.co.id, menurut seorang ilmuan iklim dari sebuah Universitas Meteorologi Australia, Justin Peter dalam jawaban ringkasnya lewat tajuk : “Biru itu  Warna Asli Air atau Hanya Pantulan dari Langit?” Lantas katanya, laut warna biru disebabkan oleh sifat air yang memang menyerap cahaya dari matahari.

Kenapa Air Warnanya BENING? 4

Selain itu, tugas partikel air untuk menghamburkan unsur cahaya juga terjadi. Menurut Peter, bahwa cahaya putih yang sudah umum disaksikan oleh masyarakat mempunyai partikel bernama “Foton”.

Nah, di mana ukuran dari foton ini lebih kecil daripada ukuran atom.

Contohnya matahari yang merupakan benda terdekat untuk partikel foton tersebut diproduksi. Menurut Peter lagi, partikel foton yang mengalir serta saling berinteraksi bisa membuat warna sebagai respon dari benda tersebut. Contoh lain, daun yang warnanya hijau yang bisa disebabkan oleh foton hijau di daun memantul lantas masuk ke mata kita.

Adapun contoh penjelasan menarik lainnya dari Peter yakni warna air di dalam gelas. Kenapa air dalam gelas warnanya terlihat sangat bening dan berbeda dengan air di laut yang warnanya tampak begitu biru?

Kenapa Air Warnanya BENING? 5

Maka jawaban Peter sebagai berikut, “Jika kalian bertanya-tanya mengapa air dalam gelas terlihat bening. Itu karena air dalam gelas terlalu sedikit untuk menyerap banyak gelombang cahaya”

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore