Kenapa Ayam Betina Bisa Bertelur Tanpa Dibuahi?

Kenapa Ayam Betina Bisa Bertelur Tanpa Dibuahi?

merupakan hewan yang mudah kita temui di manapun tempat dengan ciri khas kaki dua dan paruhnya yang panjang pada beberapa varian dengan dua jenis kelamin jantan dan betina.

Namun hal yang menarik adalah, kenapa betina bisa bertelur tanpa pejantan maupun dengan adanya pejantan atau baik kawin maupun tidak kawin bisa bertelur.

Secara umum faktanya betina dapat bertelur dalam kondisi sehat baik kawin maupun tidak kawin atau dengan pejantan maupun dengan tanpa pejantan.

yang normal bisa bertelur 1 hari sekali dengan usianya 5-6 bulan untuk siap bertelur.

Kenapa Ayam Betina Bisa Bertelur Tanpa Dibuahi?

Sementara tidak akan menetas atau dibuahi tanpa betina kawin dengan jantan dibutuhkan nutrisi atau pola makan ayam yang sehat untuk menghasilkan dengan kualitas cangkangnya keras.

Baca juga  6 Tips Memilih Telur yang Baik & Berkualitas

Kemudian pertanyaan muncul, kenapa tanpa ayam jantan bisa bertelur.

Menjawab pertanyaan yang unik tersebut memang perlu adanya kajian ilmiah mengenai seluk-beluk dan juga fakta yang terjadi di lapangan.

Dalam ilmu Biologi peternakan bahwa ayam itu bisa bertelur melalui ovarium dan sel yang memproduksi dalam waktu 24 jam hingga 27 jam masa produksi.

Pertanyaan lagi-lagi muncul, kenapa sih itu dapat bertelur tanpa dibuahi oleh ayam jantan.

Bahwa itu dapat bertelur sewaktu-waktu baik sudah dibuahi maupun tanpa dibuahi.

Hal mengenai perbedaan antara yang dibuahi dengan tanpa dibuahi itu terletak pada penetasannya dimana ayam yang tanpa dibuahi ayam jantan itu tidak bisa menetas seperti halnya ayam yang dibuahi.

Baca juga  Telur dan Mie Tidak Pernah Salah! Resep Pizza Mie yang Simple & Enak

Dengan kata lain itu dapat bertelur kapan saja dan didalam tubuh terdapat sel yang bisa berubah menjadi dalam waktu 20 sampai 27 jam.

Kemudian tersebut akan keluar sendirinya dalam tubuh ayam jika itu dibuahi oleh ayam jantan maka akan menetas dan menjadi anak ayam.

Namun jika tidak dibuahi maka akan menjadi telur biasa yang kita konsumsi setiap hari. 

Jika telur itu dibuahi oleh ayam jantan maka akan dierami dan akan menetas. Jika tidak dierami maka juga akan tidak akan menetas dan menjadi ayam.

Jadi pada dasarnya itu dapat bertelur atau menghasilkan telur dalam beberapa waktu sekali tanpa adanya pembuahan dari ayam pejantan.

Baca juga  Tidak Ahli Terbang, Ini Bakat Lain dari Sayap Ayam

Hal ini terjadi dari proses pembentukan kuning telur di ovarium itu sama halnya terjadi pada manusia yang mengalami siklus menstruasi pada wanita.

Hal ini juga terjadi pada ayam yang mengalami siklus seperti manusia, telur itu keluar dengan sendirinya tanpa adanya pembuahan dari ayam pejantan itulah mengapa itu dapat bertelur tanpa adanya ayam jantan.

Jadi itulah jawaban dari pertanyaan kenapa bisa bertelur tanpa adanya ayam jantan. 

Kemudian hal lain yang membedakannya adalah mengenai pengeramannya, dimana telur ayam betina tanpa dibuahi tidak akan bisa menetas dan menjadi anak ayam dan ayam yang dibuahi akan bisa menetas dengan dierami atau diberikan ke dalam ruang inkunbator.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Susi Idayanti