Kenapa Main Drum Kelihatannya Gampang Namun Sulit Dilakukan?


Kenapa Main Drum Kelihatannya Gampang Namun Sulit Dilakukan? 1

Alat musik yang satu ini memang alah satu jenis alat musik paling menarik, denga ciri khas dipukul dengan sebuah stik panjang, maka alat musik ini akan mengeluarkan bunyi yang menarik, menggelegar, serta atraktif. Siapapun yang mendengarkan dan melihat pertunjukkan seseorang yang memainkan alat musik drum, mereka akan terbawa arus musik yang memberikan semangat lebih.

Apalagi dalam sebuah pentas musik, alat musik ini tak bisa lepas dari perannya yang sangat besar. Dengan suaranya yang menggelegar, siapapun yang mendengar suara alat musik ini, akan  terbawa suasan ceria dan membikin suasana menjadi lebih hidup.

Ada berbagai macam tipe drum, beberapa diantaranya friction drum yang memiliki suara khusus jika diusap, frame drum yang memiliki susunan dangkal dan dinamakan tamborin, ada pula rattle drum atau drum yang memiliki dua sisi dengan lempeng digantung pada bagian kiri dan bagian kanannya. Rattle drum sendiri kebanyakan dipertunjukkan di daerah Asia Selatan.

Namun mengapa banyak yang beranggapan, jika memainkan alat musik satu ini cukup sulit, apalagi beberapa tipe drum itu jika dimainkan bersama-sama, apabila belum terbiasa sangat sulit dilakukan. Sepintas, alat musik ini kelihatannya gampang dilakukan, hanya dengan dipukul saja alat musik ini mampu menghasilkan suara yang nyaring dan menggelegar.

Namun tidak hanya itu, memainkan alat musik drum ibarat kita mengemudikan mobil, ketika kita mengemudikan mobil, maka seluruh komponen penggerak manual mobil harus kita jalankan, yakni, gas, rem, kupling, persneling, setir, lampu sen, hand rem. Nah, semua harus dijalankan terkadang dalam waktu bersamaan. Begitu pula dengan memainkan alat musik drum, harus menguasai dulu semua nama komponen dan fungsinya alat musik ini, baru kita memainkan peran masing-masing dalam waktu bersamaan.

Pertama kali kita harus tahu dasar-dasarnya dulu bermain drum, misalnya apa fungsi dari masing-masing komponen alat musik ini, kemudian cara memegang kedua stik yang benar, memposisikan kaki yang benar itu menginjak pedal bass dibagian bawah alat musik ini, selanjutnya berlatih mengatur tempo cepat maupun lambat. Kalian harus sesering mungkin berlatih memukul satu persatu komponen untuk mengetahui karakteristik suara setiap komponennya. Dengan begitu kalian tanpa harus melihat kunci nya pun, insting suara lagu bisa kalian mudah sesuaikan dengan komponen drum yang akan dipukul.

Setelah semua karakteristik suara drum dikuasai, kalian akan dihadapkan dengan memainkan komponen itu dalam waktu yang bersamaan atau bergantian agar suara yang timbul bisa seirama dengan lagu yang kita bawakan. Begitu kurang lebihnya ilmu tentang bagaimana memainkan alat musik drum ini, sulit atau gampangnya tergantung kalian masing-masing yang melakukan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap