Kenapa Manusia Menyukai Musik?

Kenapa Manusia Menyukai Musik? 1

Tanpa musik, hidup rasanya hambar, sepi, kurang renyah, dan begitu-begitu saja. Ya kan? Haha musik memang merupakan suatu komposisi yang unik dan menarik. Ia hadir dalam keseharian kita sehari-hari. Dari bangun tidur hingga hendak tidur lagi. Musik ada di mana-mana, musik hidup di jalan raya yang macet, di atas gedung-gedung, di bawah atap rumah ibu di desa, di tengah-tengah tugas sekolah yang menumpuk, dan di tawa kumpulan anak-anak jalanan. Ea, bukan begitu?

pixabay.com
pixabay.com

Nah, kenapa sih manusia begitu mencintai musik? Baik dalam acara formal dan nonformal, musik selalu disajikan secara apik dan dinikmati bersama. Meskipun setiap orang memiliki seleranya masing-masing, tapi tetap saja baik tua maupun muda, musik selalu menjadi bagian yang tak dapat terpisahkan dari hidup kita.

Dilansir dari cnnindonesia.com, musik bisa mempengaruhi emosi seseorang lho. Baik itu membuat tenang, marah, bahagia, hingga sedih sekaligus. Atau kadang juga ada orang yang menggunakan musik untuk bernostalgia.

Nah alasan sebab kenapa kita menyukai musik selain hal di atas ialah karena musik memiliki beberapa manfaat seperti berikut :

1. Musik Mewakili Perasaan

pixabay.com
pixabay.com

Yap, musik bisa menjadi sarana untuk melambangkan atau mewakili perasaan kita saat itu. Beberapa orang yang sulit mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata secara langsung, dapat menggunakan musik sebagai bentuk pelampiasan yang mampu menggambarkan perasaan mereka saat itu. Jadi saat marah dan sangat bahagia, orang biasanya akan memutar musik dengan intonasi nada tinggi. Serta sebaliknya pada orang yang tengah dirundung sedih, kecewa, dan dalam kondisi hati yang ingin kalem-kalem, ya tentunya musik yang akan diputar pasti sesuai dengan kata hatinya.

2. Membuat Pendengarnya Berimajinasi

Lirik dalam sebuah lagu mampu menghantarkan pendengarnya berimajinasi alias berkhayal sesuai dengan apa yang disampaikan di dalamnya serta dengan kondisi si pendengar yang khusyuk pada apa yang sedang ia dengar.

Sehingga hal tersebut dapat menciptakan kepuasan batin untuk menenangkan diri.

3. Bikin Nostalgia

Beberapa musik mampu membuat kita mengingat masa lalu karena ia pernah berarti di suatu momen sehingga menjadikan musik seperti hal yang dapat membuat kita bernostalgia selain dengan barang peninggalan. Tergantung jenis musiknya. Bisa saja musik tersebut dapat membuat kita bahagia atau justru sebaliknya.

4. Menularkan Emosi

pixabay.com
pixabay.com

Dalam sebuah lagu yang mengandung lirik serta nada, biasanya juga terkandung muatan emosi yang dapat mempengaruhi pendengarnya. Contohnya saja saat kita sedang mengerjakan suatu aktivitas, lantas kita tidak sengaja mendengar musik dengan genre rock yang bikin semangat, pastinya kerja kita akan tambah semangat. Beda lagi dengan mendengarkan musik yang mengandung emosi sedih, kita pasti biasanya akan bekerja lebih lamban atau jika terlalu terbawa perasaan, kita bisa jadi ikut merasa sedih. Yah..

5. Mengurangi Stres

Iyap, musik juga mampu membuat stres dalam pikiran kita berkurang. Musik yang tenang dan kalem bisa membantu kita untuk menenangkan diri dan mengurangi emosi yang tengah memanas. Ditambah dengan mencari posisi yang pas dan udara sejuk serta pemandangan yang oke, stres kita bisa berangsur berkurang. Bahkan bisa menjadi terapi bagi mental kita.

Nah gimana nih para pembaca sekalian? Kalian suka musik gara-gara apa nih?

Referensi :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191001174103-255-435812/7-alasan-dengarkan-musik-ciptakan-perasaan-positif

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore