Kenapa Menara Pisa Berbentuk Miring ?

Kenapa Menara Pisa Berbentuk Miring ?

Salah satu keajaiban dunia yang berada di negeri Italia, Menara Pisa merupakan salah satu landmark terkenal di dunia yang memiliki banyak daya tarik banyak orang di dunia jika berkunjung ke Italia.

Sekaligus menjadi ikon terkenal negara yang terkenal dengan makanan khas Pizza ini. Ada sebuah pertanyaan muncul kenapa menara Pissa ini dibuat miring tidak tega lurus, bukan tanpa sebab, mengapa menara terkenal di Italia ini dibuat miring dengan kemiringan mencapai 90 derajat, ada sejarah yang melatar belakanginya.

Kenapa Menara Pisa Berbentuk Miring ?

Menara ini lebih dikenal dengan nama The Tower of Pisa atau dikenal dengan nama La Torre di Pisa merupakan sebuah menara berbentuk lonceng yang bagian dari katedral terkenal di Italia. 

Sejatinya bangunan ini awalnya akan dibangun secara tegak lurus, namun karena kondisi pondasi yang tak memungkinkan akhirnya menara Pisa dibangun dengan desain miring sesuai awal kontruksinya tahun 1173.

Menara ini dibangun dengan tiga tahap mulai dari pondasi dan pemasangan tiang tiang sejak 800 tahun lamanya. Setelah dalam keadaan perang, pembangunan menara lonceng ini sempat terhenti, dan awalnya pondasi dibangun dengan melihat kondisi struktur tanah yang tidak stabil.

Namun tahun 1272 pembangunan kembali dilakukan oleh arsitek dengan desain miring ke arah lain dan membuat bangunan terlihat melengkung dengan desain lebih tinggi di bagian sisi lain.

Ada beberapa lantai dibangun meski sempat tertunda akibat perang yang kembali muncul, dengan penyelesaian tahapan lonceng lonceng dengan nada dari tangga nada mayor.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bayu Slenthem Sendi Ardi Tegar