Kenapa Tapioka Pearl pada Minuman Boba Bisa Kenyal?

Kenapa Tapioka Pearl pada Minuman Boba Bisa Kenyal? 1

Minuman boba sempat menjadi salah satu jenis minuman yangnsangat hits. Siapa sih yang nggak suka minuman ini? Rasanya yang manis dan segar dipadu dengannkenyalnya tapioka pearl membuat minuman ini banyak digemari oleh banyak orang,nterutama bagi anak muda.

Kenapa Tapioka Pearl pada Minuman Boba Bisa Kenyal? 3

Tapioka pearl merupakan daya tarik utama dari minuman ini. Si bulat yang kenyal ini terbuat darincampuran tepung tapioka, brown sugar,nair, dan pewarna makanan. Pernahkah kalian bertanya, teksturnya bisa kenyal gini sih?nOkee mari kita cari tau penyebabnya.

Sebenarnya penyebab utama dibalik tekstur kenyal tapiokanpearl berasal dari tepung tapioka. Tepung ini terbuat dari pati singkong yangntelah dipisahkan dari kandungan airnya dan kemudian dihaluskan hingga menjadintepung. Tepung tapioka memiliki beberapa sebutan lain yaitu tepung kanji,ntepung aci, tapioca starch, dan tapioca flour. Tepung tapioka ini memangnmemiliki peranan dalam mengenyalkan tekstur makanan, misalnya saja bakso,npempek, cilok, dll.

Baiklah, demikian jawaban dari kenapa kok tapioka pearl bisankenyal? Terima kasih sudah membacanya.

Eiitss.. tunggu… tunggu… tunggu… tunggu dulu, tidaknsesingkat itu juga fergusso. Lalu bagaimana mekanisme yang terjadi sehinggantepung tapioka menghasilkan tekstur kenyal? Untuk menghasilkan tekstur kenyalnpada tepung tapioka tidak sembarangan saudara-saudara. Bisa dibilang kalo membuat hidangan dengan tepungntapioka ini cukup tricky. Kuncinyanadalah suhu air dan rasio antara tepung dan air yang tepat.

Suhu air yang digunakan harus sangat panas dengannperbandingan tepung dan air yang pas. Jika kalian ingin mengetahui caranpembuatan tapioka pearl home made bisa klik tautan ini.

Sudah dilihat videonya? Sekarang mari kita kaitkan dengannteori mengenai reaksi yang terjadi pada proses pembuatannya. Ketika tepungntapioka dipanaskan terjadilah gelatinisasi.nApa itu gelatinisasi? Gelatinisasi merupakan proses pengembangan granulandiikuti berubahnya struktur granula dan hilangnya sifat kristalin. Waduh koknpengertiannya sulit dipahami?

gambar granula pecah akibat <i>overload</i> menyerap air
gambar granula pecah akibat overload menyerap air

Okee mari kita bahas pelan-pelan, maksud dari granula adalahnbutiran-butiran tepung tapioka yang sangat sangaaat kecil dan halus. Gelatinisasinakan terjadi apabila tepung tapioka diberi air yang suhunya diatas 80 C. Airnterserap memasuki granula-granula dan kemudian memutus ikatan hidrogen antarnmolekul granula tersebut. Sebagian dari ikatan antar molekul di dalam granulanitu digantikan oleh air.

gambar amilosa dan amilopektin
gambar amilosa dan amilopektin

Hal ini menyebabkan ukuran granula bertambah besar.nAir bersuhu tinggi terus memasuki granula sehingga akhirnya granula tersebutnpecah. Akibatnya, Amilosa linier dan amilopektin bercabang yang sebelumnyanterkandung di dalam granula kemudian keluar

gambar molekul air terperangkap
gambar molekul air terperangkap

Amilosa linier dan amilopektin ininterurai ke berbagai tempat. Bayangkan saja seperti potongan-potongan benangnyang saling kusut satu sama lain. Nah, amilosa dan amilopektin yang sepertinbenang kusut tadi dapat memerangkap molekul air sehingga membentuk gel. Konstruksi yang terbentuk ininsangat kuat dan tidak bisa kembali seperti semula (bersifat irreversible). Proses yang terjadintersebut dinamakan gelatinisasi.

gambar proses retrogradasi
gambar proses retrogradasi

Belum cukup sampai disini kawan-kawan. Setelah dingin, akannterjadi proses retrogradasi. Waseem, apaan lagi tuh? Jadi, molekul air yang tadinya bergerak cepat padansuhu panas akan melambat pada suhu dingin. Amilosa linier dan amilopektinnbercabang akan saling berikatan dengan sesamanya, amilosa ya berikatan samanamilosa sedangkan amilopektin sama amilopektin. Sebagian dari air yangnsebelumnya terperangkap di dalam, perlahan-lahan akan keluar dan melapisinpermukaan molekul amilosa dan amilopektin. Setelah mengalami retrogradasi ini,nmolekul bersifat stabil dan tekstur yang terbentuk tentunya kenyal.

Dapat disimpulkan bahwa air berperan sebagai orang ketiganyang mengganggu hubungan percintaan antara amilosa dan amilopektin. karenankemurnian cinta antara amilosa dan amilopektin akhirnya mereka dapat bersatunkembali.

Bukaaan… bukaan gitu kesimpulannya Bambanggg!! Kesimpulannya adalah tekstur kenyal ituntercipta karena proses gelatinisasi dan retrogradasi. Perubahan morfologisngranula dan tekstur yang terbentuk pada akhir proses bergantung pada jenis patinyang digunakan. Jika kita menggunakan tepung dari pati gandun (terigu) belumntentu menghasilkan tekstur yang sama. Jadi kalonmau bikin tapioka pearl jangan salah pakai tepungnya ya guys! pastikan pakai tepung tapioka.

Begitulah reaksi yang menyebabkan tapioka pearl kenyal.nMeskipun sederhana tapi reaksi dibaliknya cukup rumit ya guys. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman yang membaca.nApabila terdapat kesalahan di dalam tulisan ini kalian bisa mengoreksinya dinkolom komentar. Terima kasih.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

daydreamer