Kenapa Tiktok Bisa Begitu Populer?

Kenapa Tiktok Bisa Begitu Populer? 1

Ada banyak sekali start-up yang menelurkan produk berupa media sosial. Beberapa berhasil, tapi banyak juga yang akhirnya gagal. Bahkan sekelas Google dengan Google Plus juga harus mengakui bisnis di lini ini sangat keras.

Terlebih Indonesia. Ingat, orang Indonesia itu keras, Bang! Hari ini bisa sukses, besok tiba-tiba hancur. Begitu pula sebaliknya, kemaren dibenci, sekarang dicintai. Untuk yang terakhir, Tiktok adalah buktinya.

Tiktok jaman now sangat berbeda dengan era Lord Bowo Alpenliebe. Mantan pujaan hati para gadis itu sebenarnya ada pionir dari sebuah era baru. Sayang masyarakat belum siap. Namun sekarang, semua berubah. Tiktok menjadi platform socmed yang sedang mantap-mantapnya.

Mau buktinya? Selular Id menulis bahwa ada 30 juta orang yang terdaftar sebagai user dari Tiktok. Tentu angka ini bukan main-main. Di India angkanya bahkan nyaris mencapai 100 juta orang. 

Pertanyaan besarnya, kenapa Tiktok bisa begitu populer? Berikut adalah sedikit analisa yang bisa Anda baca sembari ngemil tahu susu dan kopi Toraja.

Kegagalan Televisi

Televisi Indonesia masih gagal dalam merebut kembali hati pemirsa, seperti era keemasannya dulu. Setelah dikalahkan Netflix dan Youtube, kini mereka harus bersaing melawan Tiktok. 

Sekarang sudah jamak ada orang yang berbulan-bulan tidak nonton TV. Apa yang mau ditonton? Seri ‘kumenangis‘ atau debat tiada ujung? 

Tiktok Tawarkan Aneka Hiburan dan Informasi

Jangan salah, sepeninggalan Lord Bowo, Tiktok berhasil memposisikan diri sebagai sumber hiburan dan informasi. Ada berbagai kanal yang membahas aneka bidang, mulai dari cara berpakaian hingga sejarah Perang Dunia. 

Tiktok Memberi Kesempatan InsSan Bertalenta

Sarah Viloid, Tiktoker Gaming. Sumber Foto: Dailyasia 
Sarah Viloid, Tiktoker Gaming. Sumber Foto: Dailyasia 

Punya talen joget emang tetap jadi andalan. Apalagi dianugerahi privilege berupa wajah good looking. 

Tapi bukan hanya itu. Ada Koko Gembul contohnya, yang eksis di Tiktok dengan niche  super spesifik, yakni review makanan. Selain itu ada Vernando seorang kartunis berbakat atau Dubjawa yang kreatif dengan karya dubbing berbahasa daerah. 

Orang-orang seperti ini tidak akan dikenal publik kalau hanya mengandalkan televisi. Beruntung ada Youtube dan kini Tiktok.

Bisnis

Sudah lah, semua yang ada uangnya pasti menggiurkan. Apa yang diberikan Tiktok kepada para content creator cukup luar biasa. Benar, seperti Google AdSense, Tiktok juga memberi reward. 

Kamu juga bisa mencoba mengais recehan dari Tiktok. Coba tiru dan pelajari beberapa tiktokers sukses seperti Jessica Jane, Onlyhandcraft atau Designgirlnextdoor. Nanti kamu akan terkejut bahwa ada yang joget kurang dari 1 menit pakai lagu orang lain tetapi bisa terkenal bahkan masuk Tivi!

Atau kamu tertarik dengan making money di internet selain memakai Tiktok, bisa baca artikel : 10 situs penghasil uang yang belum banyak orang tahu, dimana wawasan dan pengetahuanmu benar-benar akan berubah dalam memandang jagat dunia maya.  

Oke sekian dulu kita membahas Tiktok. Baca juga artikel-artikel menarik saya di Digstraksi. Atau kamu mau coba nulis di sini, boleh kok!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.